Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu dan Murah

Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu dan Murah
zionstar.net
 www.pipindo.com - Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri, hampir semua orang pasti memiliki keinginan punya rumah murah, mewah dan bagus.


Rumah dapa dikatakan sebagai kebutuha pokok manusia, pasalnya dengan adanya rumah kita dapat melakukan banyak hal dan manfaat yang di rasakan juga akan sangat besar.


Sasaran empuk bagi orang yang memiliki budget minim adalah mendapatkan rumah bekas atau second, ini adalah alternatif terbaik untuk memiliki rumah.


Mengingat harga rumah tanah dan aset properti malah akan semakin memiliki harga tinggi setiap tahunnya, siap membeli rumah bekas?


Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk dapat memiliki rumah bekas murah, namanya juga bekas, pasti ada minus plusnya.


Hal paling di takutkan adalah setelah kita membeli rumah bekas tersebut, eh ternyata memiliki kondosi buruh, tidak sesuai apa yang dikatakan si penjual.


Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli rumah bekas, agar bisa mendapatkan rumah bekas bagusndan murah.


1. Cek kondisi rumah apakah masih layak.

Kondisi rumah disini bisa diartikan sangat luas, mulai dari kondisi interior dan exterionya, ini adalah hal terpenting sebelum masuk ke tahap pengecekan legalitas rumah bekas yang akan dibeli.


Cek saluran pipa air.

Untuk instalasi dan kran air, setidaknya ada 50% instalasi yang masih bisa digunakan, karena jika mengambil rumah bekas yang memiliki instalasi pipa buruk, mau tidak mau nanti pembeli yang akan merenovasi dan jni tidak murah.


Kenapa? Pembuatan instalasi pipa air lebih murah jika di bandingkan dengan renovasi, pasti akan ada pekerjaan jasa bongkar dan jasa pasang.


Belum lagi pengadaan material baru, dan tingkat kesulitan lapangan juga mempengaruhi harga jasa instalasi pipa.


Perhatikan kualitas instalasi listrik.

Sebelum membeli rumah bekas, tidak hanya instalasi pipa yang harus diperhatikan, kelistrikan di dalam rumah pun juga wajib tengok-tengok dahulu.


Instalasi listrik yang memiliki kualitas buruk akan dapat membahayakan si pemiliki rumah, pertanyaannya, sudah berapa tahun umur rumah yang akan dibeli, 20 tahun, 30 tahun atau 50 tahun.


Standar instalasi listrik normalnya 25 tahun pertaman wajib merenovasi semua instalasi, tapi tidak wajib, kalau di kerjakan akan lebih baik.


Gunakan jasa listrik atau pipa berpengalaman murah Baca juga: Jasa Tukang Instalasi Listrik Salatiga Murah Berpengalaman


Untuk menyiasati hal ini, ajak teman, atau menyewa teknisi agar dapat menilai kualitas instalasi listrik didalam rumah, apakah masih layak atau tidak.


Pastikan kondisi bangunan masih kuat.

Jika rumah bekas yang akan dibeli adalah 1 lantai, titik paling penting untuk di croscek adalah bagian atap, Pertanyaanya, sudah berapa umur rumah bekas tersebut?


Sering kami temukan pada saat melakukan pekerjaan service instalasi pipa maupun listrik, rangka atap rumah 20 tahun 30 tahun yang lalu, mayoritas menggunakan kayu.


Ada beberapa rumah yang kualitas atasnya buruk, rapuh misalnya, jika rumah bekas tersebut tetap diambil, tentu saja 5 sampai 10 tahun mendatang harus melakukan renovasi atas.


2. Persiapkan anggaran untuk membeli rumah bekas.

Meskipun yang akan dibeli adalah rumah bekas, tidak ada salahnya mempersiapkan anggaran terlebih dahulu, diskusikan baik-baik dengan pasangan atau keluarga.


Pertimbankan matang-matang, apakah kualitas rumah bekas yang akan di beli sepadan dengan harga yang aka dikeluarkan, sedikit motivasi saja, rumah tanah adalah investasi terbaik.


Jadi tidak ada salahnya membeli rumah bekas, apa lagi lokasi rumah strategis, atau bisa dikatakan belokasi di tempat yang memiliki akses mudah, tunggu saja 15 tahun kedepan, harga rumah dan tanah tersebut akan naik.


3. Cari info apakah rumah bekas yang akan dibeli tidak bermasalah.

Langkah yang harus diperhatikan selanjutnya adalah wajib mencari tahun apakah rumah ini memang bukan rumah bekas yang bermasalah.


Ini adalah salah satu tips agar bisa mendapatkan rumah bekas bagus dan murah, siapa yang mau menempati rumah yang memiliki riwayat bermasalah.


Apabila rumah sudah jatuh ditangan pembeli, nantinya mau tidak mau si pembeli yang akan menanggun semua masalahnya dimasa lalu. Misal memiliki kredit nunggak.


Ini adalah masalah serius yang harus diselesaikan terlebih dahulu, jika memang tertarik dengan rumah.


Anda bisa memohon ke penjual agar di segala macam kasusu dan permasalahan rumah bekas yang akan dibeli selesai.


Contoh kasusnya rumah memiliki masalah dengan pihak PLN, karena kwha meter pernah rusak sengaja atau tidak sengaja. Ini contoh kecil yang sering terjadi. 


Baca juga: Service Panel Listrik Salatiga dan Sekitarnya Layanan 24 Jam


Apabila anda membutuhkan jasa renovasi instalasi pipa air bersih kotor dan listrik di rumah yang telah anda beli, segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga jasa murah, bagi yang berdomisili di  Semrang maupun Salatiga, survei dan konsultasi gratis.


Kamk sering melakukan perbajkan instalasi di rumah bekas yang memang sangat membutuhkan perawatan, dan jni bukan perkara mudah, tapi sampai saat ini tidak ada masalah apapun dari beberapa proyek rumah bekas yang telah diselesaikan.

Post a Comment for "Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu dan Murah"