Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah maupun Gedung

Tips Memilih Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah maupun Gedung
xiawu.com
 Pak saya mau bikin instalasi listrik baru dirumah, kabel seperti apa yang cocok? Mulai dari merk, jenis dan ukuran.


Banyak orang yang masih kebingungan dalam memilih jenis kabel listrik berkualitas untuk instalasi.


Disini kita akan membahas, bagaimana cara mudah memilih kabel untuk instalasi listrik rumah maupun gedung bertingkat.


Kabel adalah media konduktor yang berfungsi untuk mengahantarkan arus listrik dari sumber ke beban pemakaian.


Contoh mudah adalah lampu rumah, bisa hidup karena dibantu oleh kabel listrik yanh dapat menghantarkan arus listrik dengan baik.


Dari kwh meter atau mcb ke lampu, stop kontak dan perangkat elektronik lainnya, jadi dapat dikayakan bahwa kabel adalah material paling penting didalam pembuatan instalasi listrik.


Lalu apa ciri-ciri kabel listrik berkualitas yang cocok digunakan untuk instalasi listrik didalam rumah?


Tips memilih kabel listrik yang benar.

Ini adalah sebuah ulasan yang mungkin bjsa memberjkan pelaku proyek atau owner proyek yang ingin menjalakan pekerjaan instalasi listrik, simak ulasan berikut sampai selesai.


1. Kabel listrik harus merk terkenal.

Kenapa harus bermerk? Karena kualitas sudah pasti bagus, meski mahal untuk urusan kabel listrik sebaiknya enyahkan fikiran kabel listrik mahal, karena demi kemanan instalasi didalam rumah.


Resiko menggunakan jenis kabel yang memilki merk bjasa adalah kabel listrik akan mudah rusak, sudah pasti tidak akan tahan lama, maka dari itu kami merekomendasikan merk kabel ternama seperti:


a. Kabel merk Supreme

Hampir semua proyek yang telah kami kerjakan, 80% menggunakan kabel merk Supreme, karena memang kami rekomendasikan, kualitas kabel ini sudah tidak diragunakan lagi.


b. Kabel merk Extrana.

Yang ke dua adalah kabel Extrana, merk kabel ini mudah kita temukan di Toko bangunan dan toko listrik, di Salatiga misalnya, hampir mayoritas toko menjual dan menyediakan kabel merk Extrana, jadi dapat dipastikan merk kabel ini bagus dan berkualitas.


c. Kabel Eterna.

Selain 2 kabel di atas, kami juga merekomendasikan kabel merk Eterna, salain berkualita, kabel merk jni juga murah dan mudah ditemukan, misal anda mengunjungi toko listrik, pasti toko tersebut menyediakan merk kabel ini, murah berkualitas dan banyak dicari konsumem untuk proyek rumah.


2. Pilih Kabel Murah tapi tidak murahan.

Ini adalah kalimat umum yang sering kita dengar diiklan, tapi memang benar adanya, saat banyak produsen kabel yang berlomba-lomba bagaimana menarik pelanggan agar membeli produknya.


Contoh persaingan yang umum kami temukan adalah harga dan kualita, kabel merk terkenal A dan kabel B sama-sama murah, kualitas yang ditawarkan juga baik dimata konsumen.


Kembali ke nomor satu, kabel dengan brand atau merk terkenal, pasti harganya murah, akan lebih murah lagi jika anda membeli kabel listrik di agen atau distributor merk kabel listrik.


3. Testimoni kualitas merk dan jenis kabel jelas.

Ulasan ini diterbitkan langsung oleh palaku proyek yang bergerak dalam bidang jasa instalasi pengadaan dan pemasangan, setalah anda membaca sampai selesai jangan ragu untuk memilih mana kabel bagus dan tidak.


Dari tiga merk kabel terkenal yang sudah kami ulas pada point satu, semuanya bagus, murah dan berkualitas, hampir semua proyek yang kami kerjakan memanfaatkan merk kabel tersebut.


Mulai dari instalasi lampu, stop kontak, Ac, water heater, pompa air dan lampu taman, tips pemasangan, cukup dengan bantuan suport pipa conduit, materila kabel masih akan dapat digunakan sampai anak cucu kita lahir.


Misal anda ingin menggunakan jasa Pipindo, demi keberhasilan dan kualitas instalasi, kami pasti akan merekomendasikan tiga merk kabel terkenal diatas, karena memang sudah terbukti kualitas dan harga murah.


4. Pastikan kabel listrik masih baru atau belum Expired.

Kata expired juga berlaku untuk kabel listrik, tidak hanya pada makanan, mungkin bagi yang masih awam tidak percaya, lalu apa ciri-ciri kabel Expired?


Dari segi harga pasti sangat murah, lebih murah dari harga asli, ciri-ciri fisiknya adalah kabel listrik sulit untuk dikupas, tembaga kabel dan kulit kabel menyatu, atau lengket, kami sering menemukan jenis kabel yang seperti ini.


Kerugian menggunakan kabel Expired adalah instalasi akan cepat rusak, prediksi penggunaan kabel tidak akan bertahan lama, jika prediksi anda 30 sampai 50 tahun, jika kabel Expired mungkin hanya 25 tahunan sudah memprihatinkan.


Kabel listrik lengket antara upvc dan tembaga adalah ciri-ciri kabel sudah tidak layak, ini sering terjadi pada instalasi listrik yang sudah digunakan bertahun-tahun, apa kelanjutan dari kabel dan isolasi lengket?


Ya, tentu saja akan mudah terbakar, dengan diawali kabel meleleh lalu antar konduktor akan bertemu, kabel akan mudah korslet sebelum padam total, ini dampak buruk pertama, dan yang kedua adalah kebakaran.


5. Pilih distributor resmi merk kabel.

Seperti yang sudah sedikit kita bahas diatas, kabel merk terkenal pasti berkualitas dan murah, lalu dimana kita dapat menemukannya? Di toko listrik atau bangunan?


Tempat paling tepat adalah distributor kabel merk A B atau C, saat ini mudah kita temukan distributor kabel bermerk di kota-kota besar seperti di Semarang Surabaya dan Jakarta jadi tidak udah kebingungan.


Atau anda bisa langsung mengunjungi website penyedia merk kabel langsung untuk meminta penawaran harga pengadaan material kabel berkualitas, tapi, kekurangannya adalah tidak dapat belanja kabel dalam jumlah sedikit.


Jika anda adalah owner proyek, dan tidak ingin ambil pusing, segera hubungi kami untuk konsultasi, atau sekalian menggunakan jasa kami, anda dapat cek kontak diatas situs ini atau melalui halaman kontak dibawah situs, layanan 24 jam di area Salatiga dan Semarang.

Post a Comment for "Tips Memilih Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah maupun Gedung"