Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Kabel Untuk Stop Kontak dan Lampu Rumah yang Benar

Ukuran Kabel Untuk Stop Kontak dan Lampu Rumah yang Benar

 www.pipindo.com kabel listrik merupakan material paling penting dalam pembuatan instalasi listrik rumah dan gedung.


Dengan bantuan kabel kita dapat mengalirkan arus listrik dari sumber (KWH) ke beban pemakaian seperti titik lampu dan alat elektronik.


Kalau boleh tahu, ukuran berapa kabel yang anda gunakan untuk rumah? Apakah sudah standar dan benar?


Penggunaan kabel listrik wajib diperhatikan, karena listrik juga dapat membahayakan kita sebagak penggunan.


Maka dari itu pemerintah selalu menganjurkan untuk waspada dengan listrik, karena sudah banyak yang terjadi dilapangan.


Salah menggunakan ukuran kabel bisa berakibat fatal, dapat merugikan secara finansial dan material, kok bisa?


Alasannya, Ukuran kabel terlalu kecil beresiko kebakaran, ukuran kabel listrik terlalu besar bisa membuat listrik boros, salah memilih jenis kabel dapat membahayakan kita sendiri.


Lalu apa solusi dari masalah ini? Bagaimana menentukan ukuran kabel untuk rumah tinggal yang akan kita huni?


Cara menentukan ukuran kabel listrik rumah


Pada saat melakukan pembangunan rumah, konsultasikan masalah dan apa saja yang harus dilakukan agar tercipta instalasi listrik benar dan aman.


Misal kabel stop kontak normal akan menggunakan kabel apa dan ukuran berapa, kabel lampu berapa.


Lalu dari mana kita dapat menentukan ukuran kabel?


Sebelum membangun rumah persiapkan dahulu apa saja perangkat elektronik yang akan digunakan sedetile mungkin, dari sini kita akan dapat memastikan berapa kabel yang aka digunakan.


Adapun perangkat elektronik dan mesin yang sering digunakan adalah tv, kulkas, komputer, pompa air dan lampu penerangan, pastikan ada berapa titik tv lampu dan pompa air di dalam rumah.


Sebagai referensi untuk mengetahui ukuran penampang kabel, simak ulasa berikut ini sampai tuntas Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah.


Kuat hantar arus kabel listrik ukuran 0,75 dapat dialiri arus sampai 12 Amper atau 2.600 watt, tapi bukan kabel serabut, 12 amper tersebut adalah tembaga kabel, Netral, Phase dan Grounding.


Bagi anda yang memiliki kwh meter 10 Amper atau 2.200 watt, sah sah saja menggunakan kanel 0,75 sebagai material penghantar arus listrik didalam rumah, selama kualitas kabel terbukti.


Rekomendasi terbaik material kabel untuk stop kontak dan lampu rumah adalah menggunakan ukuran 1,5mm atau 2,5mm, tapi kami lebih merekomendasikan 2,5mm.


Selalu gunakan material SNI dalam membuat jaringan listrik rumah dan gedung, demi kemanan bersama untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran, seperti yang sudah sering terjadi.


Terlalu banyak menumpuk steker, kelebihan beban dan titik kesalahan ada di salah salah dalam memilih ukuran kabel maupun jenis kabel listrik, selalu gunakan kabel tembaga jika membuat instalasi listrik dalam rumah.

Post a Comment for "Ukuran Kabel Untuk Stop Kontak dan Lampu Rumah yang Benar"