Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mudah Merawat Pompa Air Agar Awet

5 Cara Mudah Merawat Pompa Air Agar Awet
L'Usine Nouvelle

 Banyak cara dilakukan orang untuk mengusahakan agar pomoa air awet sampai 30 tahun misalnya, jika ini dapat terealisasikan, pasti pemiliki pompa air bisa hemat biaya, tidak buang-buang uang untuk menyewa jasa service jika ada kerusakan.

Pompa air adalah unit mesin yang sering digunakan dirumah-rumah warga, fungsi dari pompa air sendiri adalah digunakan untuk memindahkan air dari tempat satu ke tempat yang lain, apa jadinya jika dirumah tidak ada pompa? Pasti kita akan kesusahan bukan?


Ada beberapa jenis pompa yang sering digunakan, salah satunya adalah pompa dorong dan pompa trenasfer, ke dua jenis pompa ini umum kita temukan ditoko-toko pompa air diaekitar kita, dan harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, yang pasti menyesuaikan fungsi dan sepesifikasi pompa.


Menggunakan pompa apa dirumah anda? Apakah bermerk? Kami sangat merekomendasikan pompa air yang bagus jika ingin pasang baru atau pergantian, ini selalu kami sarankan kepada para konsumen kami, pompa merk terkenal pasti bagus dan awet sampai 20 tahun lebih.


Semua orang pasti ingin memiliki pompa air awet dan memiliki hisapan kuat dan dorongan kencang, tapi, tidak semua pompa bisa seperti itu, karena ada beberapa orang yang tidak peduli dengan mesin pompa air, dan ini akan berdampak pada kerusakan pompa, lalu apa hal apa saja yang dapat membuat pompa tidak awet?


Dalam ulasan ini kami akan memberikan tips tentang perawatan pompa air, agar dapat digunakan dalam waktu yang lama, maksimal pompa air terawat bisa digunakan sampai 20 tahun lebih, jika tidak maka pompa dirumah anda kurang perawatan dan service secara berkala.


Kerusakan pompa yang sering terjadi.

Banyak hal yang dapat membuat pompa air sering rewel, dan ini akan menuntut pemilik untuk menggunakan jasa service, setiap krang pasti ingin menghindar dari problem ini, kenapa? Karena bisa buang-buang uang, sayang bukan?


1. Pompa tidak kencang.

Ini adalah masalah umum yang sering terjadi, hampir semua orang mencari diinternet kenapa pompa air tidak kencang? Penyebab utama pompa lemah adalah:


a. Salah dalam pemilihan ukuran pipa.

Pompa hisap atau dorong padan umumnya menggunakan pipa 1/2" sampai 1", jika menggunakan pipa diatas 1" maka akan dapat membuat pompa air tidak kencang.


b. Dinamo pompa bermasalah.

Penyebab kedua adalah dinamo rusak, meskipun pompa masih dapat menyala, tapi ini bisa menjadi faktor kenapa pompa air tidak kencang, solusi terbaik adalah mengganti dinamo atau service ke tukang pompa air.


2. Pompa air tidak menghisap sama sekali.

Ini adalah masalah serius, didalam situs ini sudah pernah dibahas kenapa pompa hidup tapi air tidak keluar, masalah utama ada di impeller atau kipas pusaran air yanh ada didalam pompa air, jika kipas ini rusak, pomoa tidak dapa menghisap air, impeller harus ganti.


3. Pompa air cetak-cetek (hidup mati).

Mungkin ini juga masalah kerusakan pompa air yang sering terjadi, bahkan kami juha sering menemukan problem seperti ini pada saat melakukan service di Semarang maupun di Salatiga, ini masalah serius jadi jangan disepelekan.


Pompa air hidup mati sendiri bisa jadi otomatis pompa bermasalah, per otomasi sudah lemah, dan harus ganti baru, kemungkinan kedua adalah instalasi pipa dirumah ada kebocoran, karena otomatis tekan sangat sensitif dengan rembesan air dari pipa.


Nah, agar pompa air dirumah anda tidak bertemu dengan kerusakan seperti yang sudah dijelaskan diatas, simak ulasan ini sampai selesai, agar dapat memiliki pompa air awet dan bisa bekerja dengan maksimal, pompa tetap dingin saat digunakan dan dorongan pompa air kencang.


5 Tips merawat pompa air agar awet.

Pompa air awet sampai 20 tahun bisa diusahakan jika dilakukan perawatan secara rutin, cara dibawah ini mudah dipraktikkan oleh siapa saja.


1. Pilih titik pemasangan yang benar.

Tidak disarankan memasang pompa air terndam air, atau mesin pompa kehujanan, kecuali pompa jenis celup, karena memang didesain untuk digunakan didalam air, pompa dorong atau hisap, mudah rusak jika terndam air, jadi pilij lokasi titik peletakan pompa teduh dan tidak lembab.


2. Jika sumur atau ground tank kosong jangan paksa pompa hidup.

Ini adalah masalah umum yang sering terjadi, sebaiknya pedulis sejak dini, agar pompa air awet, untuk menyiasati masalah ini nada dapat menggunakan Panel WLC (Water Level Control), apa manfaatnya? Dengan adanya panel WLC, kosong tidaknya air akan dapat mengontrol pompa dengan mudah.


3. Jangan sampai pompa hidup dalam suhu mesin 40°C keatas.

Kenapa? Ini akan dapat menyebabkan pompa air terbakar, dan otomatis mesin akan mati total, penyebab pompa panas biasanya adalah putaran dinamo berat atau semua kran air tertutup tapi mesin pompa masih menyala, solusi terbaik seperti point ke 2 diatas, gunakan panel kontrol WLC.


4. Letakkan pompa ditempat teduh.

Jika mesin pompa anda ada diluar rumah, sebaiknya dibuatkan rumah-rumahan pompa, agar tidak kehujanan dan kepanasan, ini adalah salah satu cara terbajk dalam perawatan pompa agar bisa awet dan tahan lama, gunakan teralis atau dengan bata merah sudah cukup.


5. Service secara rutin.

Saat ini banyak teknisi yang menyediakan jasa service pompa air, anda dapat berlangganan misal 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali, tanyakan kepada teknisi bagian-bagian mana yang rawan rusak, misal dinamo, kelistrikan, atau impeller pompa, ini sangat penting untuk menjaga performa pompa agar dapat bekerja dengan baik.


Penutup

Bagi anda yang mungkin awam dengan permasalah perawatan da kerusakan pompa, sebaiknya serahkan saja kepada teknjsi pompa air, harga jasa service pompa air biasanya berkisar antara 150.000 sampai 300.000, sangat murah bukan?


Atau anda dapat menghubungi kami untuk melakukan pemasangan dan service pompa air di Semarang maupun Salatiga, hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs atau Whatsapp di atas situs ini.

Post a Comment for "5 Cara Mudah Merawat Pompa Air Agar Awet"