Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Stop Kontak yang Benar

Arti Warna Kabel Stop Kontak yang Benar
Stop Kontak Panasonic

 www.pipindo.com - ada banyak jenis warna kabel listrik yang di gunanakan dalam instalasi contoh Coklat Kuning Biru Merah Hitam dan Abu-abu.


Lalu apa fungsi dari warna kabel diatas dalam pemasangan stop kontak? Stop kontak adalah sebuah aksesoris yang berfungi sebagai terminal listrik standby.


Jadi listrik didalam stop kontak dapat kita manfaatkan sebagai energi siap pakai misal untuk komputer, kulkas dan kioas angin didalam rumah maupun kantor tempat bekerja.


Pada saat ada kerusakan stop kontak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memanggil teknisi gedung, tapi apa jadinya jika teknisi tidal ada?


Mau tidak mau harus memperbaiki stop kontak sendiri tanpa bantuan tukang listrik gedung, pada saat di bongkar bingung apa saja arti warna kabel pada stop kontak.


Simak ulasan ini sampai selesai, agar tahu mana kabel warna untuk phase, mana untuk netral dan untuk grounding.


Di indonesia sendiri, jumlah lubanh stop kontak memiliki 2 lubang, pertama untuk phase, ke dua netral dan besi dikanan kiri lubang besar stop kontak adalah grounding.


Cara Membedakan Warna Kabel Stop Kontak.

Di bawah ini adalah perkiraan, kami akan mencoba menjelaskan bagaimana baiknya menentukan warna kabel listrik stop kontak, mengapa?


Kadang orang kebingungan, disalah satu situs mengatakan kabel coklat adalah phase, tapi kabel stop kontak dirumah saya menggunakan warna biru.


Contoh kasus diatas sering terjadi dilapangan, bisa jadi instalasi terbalik, atau memang teknisi menggunakan kode warna kabel 20 tahun yang lalu, seperti yang sering kami temukan dibangunan rumah lama.


Simak ulasan dibawah ini, standar kabel listrik untuk stop kontak apa saja.


1. Kabel Stop Kontak Warna Kuning.

Ini adalah kabel grounding, kode huruf G, jika lambang saja, kode grounding berbentuk panah kebawah, fungsi grounding sendiri adalah untuk membumikan listrik dari kegagalan isolasi.


Misal perangkat komputer dikantor, jika instalasi listrik tidak menggunakan grounding terkadang sedikit ada sengatan pada saat kulit atau tangan menyentuh body komputer, semakin banyak perangkat elektronik, sengatan listrik akan semakin besar.


Maka, stop kontak akan lebih bakk jika dilengkapi dengan kabel grounding, keuntungannya adalah perangak elektronik bjsa awet, berbeda jjka instalasi listrik rumah tidak menggunakan grounding, pasti akan sering rewel, rusak dan service.


Sebenarnya sah sah saja jika kabel kuning diagunakan untuk kabel phase atau netral, hanya saja standar warna kabel kuning difungsikan untuk instalasi pentanahan, ini akan dapat memudahkan pemilik rumah dan teknisi jika ada kerusakan dan lanjut ke perbaikan.


2. Kabel Stop Kontak Warna Biru.

Kabel biru dirumah saya kok menyala pada saat ditespen? Kembali ke point satu, sah saja kabel biru digunakan untuk phase atau api listrik, tapi standar warna biru dalam instalasi rumah digunakan untuk Netral atau kode N.


Begitu juga dalam instalasi kabel stop kontak, jika mengikuti standar pemasangan, kabel ini adalah Netral, mulai dari instalasi lampu maupun stop kontak, ini akan dapat memudahkan kita dalam melakukan instalasi perbaikan maupun pasanh baru.


Kabek N atau Netral berwarna biru tidak akan menyala apa bila dilakukan pengecekan menggunakan tespen pada saat listrik dalam keadaan menyala, tapi harus tetap berhati-hati, listrik bisa membahayakan, gunakan jasa teknisi listrik jika ragu, demi keamanan.


3. Kabel Stop Kontak Warna Merah Hitam / Coklat.

Kabel Merah Coklat dan Hitam adalah warna standar kabel yang digunakan dalam instalasi saat ini, kenapa mayoritas kabel phase yang digunakan dalam instalasi rumah coklat?


Sebenarnya bebas, bisa coklat, merah atau hitam, misal anda menggunakan kabel NYM 3×2,5mm merk A, standar kabel dari produsen adalah coklat phase, biru netral dan kuning grounding, jadi adapat dipastikan coklat adalah kabel phase atau memiliki kode L.


Saya menggunakan kabel merk B pak, kok nggak ada kabel tunggal coklat, adanya hitam biru dan kuning, beda produsen beda warna, tapi standar penggunaan warna sama, seperti judul nomor 3, kabel hitam juga standar warna kabel phase, begitu juga kabel merah.


Keuntungan Menggunakan Standar Warna Kabel Listrik Untuk Instalasi.

Lebih tepatnya adalah kode warna dalam sebuah kabel, dapat menudahkan kita dalam melakukan perbaikan dan pemasangan.


Contoh dalam pembuatan instalasi di rumah memakain standar warna phase coklat, kuning grounding dan biru netral, hampir semua teknisi di Indonesia menerapkan cara ini, jika ada kerusakan akan dapat memudahakan teknisi baru dalam melakukan perbaikan.


Ulasan diatas adalah cara mudah memahami kabel stop kontak, ada baiknya dalam pengkoneksian kabel stop kontak menggunakan cara dan posisi yang benar, kabel coklat atau Phase disebelah kanan dan Netral disebelah kiri, ini adalah posisi paling benar dalam pemasangan stop kontak.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Stop Kontak yang Benar"