Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Biaya Instalasi Listrik Plus Material dan Non Material

Cara Menghitung Biaya Instalasi Listrik Plus Material dan Non Material

 www.pipindo.com - sebelum membangung rumah ada baiknya mempersiapkan yang namanya dokumen rencana anggaran biaya, agar kedepannya bisa mendapatkan kontrol keuangan yang lebih baik.


Salah satunya asalah rencana anggaran biaya pemasangan instalasi listrik, masalah ini tidak boleh disepelekan bagi anda yang ingin menghemat atau menenkan modal pembuatan rumah.


Lalu bagaimana cara menghitung biaya instalasi listrik yang benar, dan dapat kita jadikan acuan pembelanjaan material juga jasa teknisi atau kontraktor?


Rumus mudah yang dapat kita manfaatkan untuk menghitung biaya instalasi listrik pertitik adalah sebagai berikut:


Rumus menghitung biaya pekerjaan instalasi listrik.

Untuk pemiliki proyek:

Total harga = Jasa + Harga material


Untuk kontrkator atau pemborong:

Total harga = Jasa + Harga material + 30%


Keterangan perbedaan rumus dan kasus yang sering terjadi dilapangan

Kenapa berbeda? Kotrkaktor sudah pasti akan mengambil keuntungan dari jasa material dan jasa pemasangan, belum lagi space harga 30%, angka ini dimakduskan untuk biaya service atau biaya dadakan, tapi juga sudah termasuk dalam harga satuan.


Jika anda owner, sebaliknya, tanpa menggunakan angka 30%, karena tujuan utamannya adalah menekan modal biaya pekerjaan instalasi listrik nantinya, dari perbedaan harga dan tentunya hasil juga, di lapangan pasti akan ada yang namanya tawar menawar harga.


Owner proyek ingin harga murah, tapi kontraktor menggunakan harga berbeda, bisa jadi lebih mahal, lalu faktor apa yang membuat harga jasa listrik mahal atau lebih tinggi dari estimasi penyedia proyek?


Tugas kontraktor banyak sekali, termasuk mencari data informasi melalui gambar kerja, survei lapangan dan menganalisa sedetile mungkin untuk menghindari kerugian didalam pekerjaan yang akan ditandatangani, ini sah-sah saja, memang sudaj tugas mereka untuk bekerja secara profesional.


Kontraktor akan membaca harga pasaran material saat itu juga, mencari info hatga jasa pemasangan, biaya tingkat kesulitan pekerjaan dan biaya space untuk mengantisipasi jika terjadi pembengkakan baiaya, jika tiga sumber diatas tidak dapat membackup, ya sudah, rugi proyek kontraktor harus tanggung jawab.


Dari contoh permasalahan diatas harga jasa pemasangan instalasi listrik kadang naik, kadang turun. Ada beberapa orang yang tidak mempermasalahkan, tapi ada juga yang masih mengeluh, kok mahal ya pak? Saran kami, bicarakan baik-baik dengan cara negosiasi harga, ini adalah solusi terbaik untuk mencari jalan tengah.


Cara mendapatkan kontrktor listrik murah dan berpengalaman.

Hampir semua teknisi dan kontraktor berpengalaman, apalagi jika kita menemukan portofolio jelas dan banyak bukti history proyek yang sudah diselesaikan.


Ciri-ciri diatas adalah contoh kotraktor yang sudah berpengalaman dan pasti herga yang ditawarkan juga relatif murah. Di zaman yang sudah modern ini, tidak perlu bingung mencari kontraktor listrik, pipa dan sipil.


Anda dapat cek di Internet atau social media seperti instagram dan facebook, disana banyak sekali kontraktor yang berlomba-lomba untuk mendapatkan job proyek dengan cara beriklan gratis maupun berbayar.


Tapi kok banyak yang tertipu pak?


Ini dia yang masalah yang ingin selalu kami bahas, ini memang termasuk tindak kejahatan, tapi kita juga harus faham, apa kekurangan kelebihan media internet dan social media, kelebihan mudah mendapatkan info dan kekurangan banyak akun palsu yang memang punya niay ingin menipu.


Untuk menyikapi masalah tersebut adalah jika anda sudah menenumkan satu akan kontraktor di media social atau website dan blog, cek sedetile mungkin. Ini kontraktor apa? Kantor dimana? Legalitasnya ada tidak? Dan lihat rating rivew komentar banyak plus atau minusnya.


Dengan cara tersebut kita akan dapat menenmukan calon kontraktor listrik yang akan menjadi patner kerja nantinya, perhatian!! Kunci utama adalah jika belum ada info jelas tentang profil kontraktor, jangan pernah mau jika disuruh mengirim sejumlah uang.


Kesimpulan

Dari apa yang sudah dijelaskan pada bagian atas ulasan, setelah anda bisa menghitung pekerjaan instalasi listrik, selanjutnya akan dihadapkan bagaimana menyelesaikan masalah negosiasi dengan owner dan staf kantor proyek, tapi jika posisi saat ini sebagai kontraktor listrik.


Selalu cek sedetile mungkin info-info hatga jasa, harga material dan kondisi lapangan, agar bisa mendapatkan harga cocok dan bisa menguntungkan kedua belah pihak, antara owner dan subkontraktor listrik.


Bagi anda yang berdomisili di Semrang, kami juga melayani jasa instalasi listrik gedung maupun rumah www.pipindo.com

Post a Comment for "Cara Menghitung Biaya Instalasi Listrik Plus Material dan Non Material"