Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi MCB Listrik dan Cara Pemasanganya

Fungsi MCB Listrik Rumah dan Cara Pemasanganya

 www.pipindo.com - listrik merupakan kebutuhan pokok manusia, banyak sekali material dan peralatan listrik yang dapat dimanfaatkan.

Di dalam sebuah instalasi listrik rumah, pasti ada yang namany MCB, entah MCB PLN atau mcb pembagi yang sengaja dipasang untuk memaksimalkan pemakaian instalasi listrik


Apakah dirumah anda sudah menggunakan MCB untuk membagi daya listrik? Jika belum anda bisa menggunakan jasa instalasi listrik terdekat dari runah anda.


Simak ulasan ini sampai selesai, agar paham apa itu MCB dan bagaimana cara pemasangannya untuk instalasi listrik didapam rumah.


Fungsi MCB Listrik

MCB atau kepanjangan dari Miniatur Circuit Breaker berfungsi untuk memutus arus listrik yang melewatinya jika beban pemakaian terlalu besar.


Fungsi utama MCB sendiri adalah dapat memadamkan listrik secara otomatis karena beban berlebih, dan juga dapat digunakan sebagai proteksi jika ada hubungan arus singkat seperti korsleting.


Mcb Berfungsi Sebagai Pembatas Arus.

Contoh kasus didalam sebuah rumah terpasang MCB 2 Ampere, angka tersebut jika dijadikan satuan watt sama dengan 440 watt dari hasil perkalian Amper × Voltase PLN 220.


Jika beban didalam rumah melebihi nilai pembatas 2 Ampere / 440 watt, maka tuas MCB akan trip memutus arus listrik yang melewatinya, ini sering terjadi jika didalam rumah menggunakan perangkat elektronik terlalu banyak.


Misal kulkas 100 W + pompa 250 W + lampu 100 W = 450 Watt, dari jumalah tersebut akan dapat membuat MCB 2 Ampere trip, alhasil listrik yang masuk kedalam rumah akan pada secara otomatis.


Mcb Berfungsi Untuk Proteksi Komponen dan Korsleting listrik.

Selain sebagai pembatas, MCB juga dapat digunakan untuk pelindung perangkat listrik lain jika terjadi hubungan arus singkat atau shorct circuit.


Kenapa bisa begitu? Pada saat terjadi korsleting listrik, kabel L dan N atau Phase dan Netral bertemu, nilai Amper arus kabel akan naik, jika hal jni terjadi, MCB akan otomatis trip sebelum terjadi kebakaran atau menyengat manusia.


Maka dari itu peranan MCB didalam sebuah instalasi listrik rumah sangat penting, seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebagai pembatas arus listrik karena beban berlebjh dan sebagaj proteksi keamanan untuk perangkat elektronik rumah.


Ukuran MCB 1 Phase dan Konversi Angka ke Satuan Watt.

Dibawah ini adalah konversi mcb 1 phase dari Satuan Amper ke satuan Watt yang mungkin dapat dijadikan pedoman dalam pemasangan instalasi listrik rumahan / Gedung bertingkat.

Fungsi MCB Listrik Rumah dan Cara Pemasanganya

Adapun rumus dan cara menghitung MCB adalah sebagai berikut:


Watt = A × V

Watt = 2 A × 220 V

440 Watt


Rumus diatas juga dapat digunakan dalam menghitung nila Amper 6A 10A 16A dan seteruanya, setelah tahu apa fungsdisi MCB dan cara menentukan nilai MCB, selanjutnya adala cara pemasangan MCB ke dalam panel listrik.


Cara Mengganti MCB Dipanel Listrik

Contoh kasus anda ingin mengganti MCB 1 phase didalam box panel, alasan ingin diganti karena memang sudah tidak layak atau ingin memperbesar nilai Ampere MCB tersebut.


Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan MCB yang akan dipasang, selanjutnya adalah peralatan sederhana seperti obeng plus minus, cuter, tespen, tang kombinasi dan tang potong, peralatan ini mudah kita temukan didalam rumah rumah.


Langakah-langkah pasang MCB listrik.

Sebelum melakukan pergantian MCB, sebaiknya padamkan MCB induk terlebih dahulu demi keamanan kerja, selanjutnya cek koneksi MCB lain, busbar netral maupun busbar grounding, jika sudah ikuti langkah-langkah dibawah ini:


  • Persiapkan peralatan seperti obeng plus dan minus, tapi MCB 1 phase akan lebih mudah dibongkar menggunakan obeng Min.
  • Bongkar konesi kabel input dan output menggunakan obeng min.
  • Congkel kuncian MCB, jika pemasangan MCB lama benar, maka kunciannya ada dibawah.
  • Lepasakan MCB dari rell panel.
  • Pasang MCB baru, caranya adalah congkel kuncjang mcb lalu masukkan ke rell, jika sudah lepaskan kuncian MCB.
  • Pasang kabel input listrik dilubang bawah dan output listrik dilubang atas.
  • Jika sudah, tes hidupkan MCB induk terlebih dahulu.
  • Cek input MCB yang sudah dipasang menggunakan tespen, jika menyala, ON kan MCB baru, cek output MCB baru.


Jika anda masih kesusahan, kami bisa membantu kelokasi, bagi yang berdomisili di Semarang Salatiga dan sekitarnya, atau anda juga dapat konsultasi melalui halaman kontak dibawah situs ini.


Kesimpulan

Itulah fungsi MCB yang memiliki manfaat besar dalam instalasi listrik, mcb listrik cocok digunakan untuk instalasi listrik rumah yang memiliki sumber daya besar, misal listrik 10 Ampere atau 16 Ampere, dengan adanya MCB pembagj, instalasi listrjk akan lebih maksimal dan kontrol listrik didalam rumah menjadi lebih mudah.

Post a Comment for "Fungsi MCB Listrik dan Cara Pemasanganya"