Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Saklar dan Cara Kerja di dalam instalasi listrik

Fungsi saklar adalah
aihei4w.com

 pipindo.com Saklar adalah sebuh alat yang digunakan untuk memutus maupun menghubungkan arus listrik, dengan bantuan saklar, kita dapat dengan mudah menghidupkan maupun memadamkan lampu dan alat elektronik lainnya.


Saklar identik dengan pampu penerangan, karena lampu penerangan dapat dengan mudah dipadamkan dengan alat ini, tanpa harus memegang kabel yang dapat membahayakan kita sebagai penghuni rumah.


Saklar dilindungi oleh plasti atau casing anti listrik, maka orang tidak akan mudah tersengat, didalam unit saklar terdapat 2 lempengan besi 1. Power standby dan 2. Power keluar ke lampu yang akan digunakan, sangat mudah bukan?


Saat ini ada banyak jenis dan model saklar yang bisa kita beli dan digunakan sesuai kebutuhan didalam rumah. Lalu apa saja jenis saklar yang umum digunakan  simak ulasan dibawah ini sampai tuntas.


Jenis Saklar dan Fungsinya.

Dibawah ini adalah beberapa jenis saklar dan kegunaannya, sebenarnya banyak sekali, tapi kami hanya akan memberikan beberpa saja.


1. Saklar tunggal.

Saklar tunggal adalah jenis saklar yang hanya memiliki 1 tombol, seperti namanya tungal jadi hanya 1, dan wiring kabel yang digunakan hanya 2 buah, hitam / hitam, hitam / merah atau Merah / biru.


Lalu apa arti dari 2 kabel tersebut, kabel 1 dapat diartikan sebagai phase masuk, dan kabel 2 adalah phase keluat ke beban pemakaian seperti alat elektronik dan lampu-lampu didalam rumah.


2. Saklar dobel atau seri.

Berbeda dengan tunggal, saklar seri memiliki 2 tombol yang, dengan bantuan saklar jni seseorang dapat menginstalasi lampu meggunakan 2 pengawatan kabel ke beban, lalu apa keuntungannya jika menggunakan saklar seri.


Tentu saja akan dapat meringankan beban listrik yang mengaliri kanel, dan juga dapa mempermudah teknisi listrik untuk membagi ataubgrouping instalasi, akan tetapi juga wajib imbangi dengan group didalam panel listrik agat instalasi dapat dikontrol dengan maksimal.


3. Saklar tukar /saklar tangga / saklar hotel.

Mungkin jenis saklar ini sudah sangat famlyar ditelinga anda, saklar tukar, saklar ini berguna untuk menghidupkan dan memadamkan beban listrik 2 tempat berbeda, misal dari depan pintu masuk dan ruang tamu.


Jadi lampu dapat dihudupkan pada saat orang masuk rumah melalui saklar didekat pintu, dan selanjutnya dapat dipadamkan lewat saklar tukar yang terpasang di area ruang tamu, saklar ini sering digunakan dikamar hotel, tangga dan rumaj yang memang membutuhkan saklar tersebut.


Kami melayani jasa instalasi listrik dan saklar berbagai jenis, hubungi kami jika membutuhkan bantuan pemasangan instalasi listrik baru dan renovasi, anda dapat cek kontak kami dihalaman bawah situs ini, layanan 24 jam dan tentu saja free konsultasi juga survei ke pangan.

Post a Comment for "Fungsi Saklar dan Cara Kerja di dalam instalasi listrik"