Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Stop Kontak Dan Cara Penggunaannya

Fungsi Stop Kontak Dan Cara Penggunaannya

 www.pipindo.com - ada berapa titik stop kontak didalam rumah anda? Atau ditempat kerja? 10 20 atau sampai 50 titik stop kontak, ya stop kontak listrik adalah sebuah alat penting bagi kita.

Ada banyak jenis stop kontak yang sudah kita lihat menempel didinding-dinding bangunan rumah atau gedung, stop kontak juga mudah ditemukan terpasang pada meja-meja kerja khususnya kantor.


Lalu apa fungsi utama Stop kontak? Dan apa itu stop kontak?


Stop Kontak

Stop kontak adalah sebuah alat yang dapat menyimpan arus listrik 1 phase dan 3 phase, dengan bantuan steker atau colokan, perangkat elektronik seperti charger hp dan komputer dapat teraliri listrik selanjutnya bisa dimanfaatkan dengan aman.


Stop kontak sendiri memiliki 2 titik lubang dan 1 kontak pembumian, 2 lubang diantaranya adalah phase dan netral, dan kontak pembumian adalah grounding atau biasanya dilambangkan panah ke bawah.


Jenis-jenis stop kontak dan fungsinya

Ada beberapa jenis stop kontak yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut:


1. Stop kontak temporer.

Jenis stop kontak ini biasa kita gunakan jika membutuhkan listrik diarea tertentu, jadi sifatnya tidak tetap, dengan bantuan stop kontak ini orang akan dapat menggunakan energi listrik dalam kondisi apapun, misal di area sempit dan jauh dari stop kontak dinding.


2. Stop kontak Dinding.

Stop kontak dinding ini ya seperti yang terpasang dirumah-rumah kita, biasanya menempel didinding 25cm sampai 35cm dari lantai, selain itu stop kontak juga dapat terpasang menyesuaikan kebutuhan seperti stop kontak dinding untuk kulkas, televisi dan mesin cuci.


3. Stop kontak lantai.

Stop kontal lantai terpasang dilantai, biasanya mudah ditemukan pada lokasi yang jauh dari jangkauan anak kecil seperti ruang kantor, bank dan kantor dinas pemerintah, dengan bantuan stop kontak lantai, orang akan sangat dimudahkan pada saat membutuhkan energi listrik.


Arti warna kabel stop kontak.

Disini akan dijelaskan apa saja arti code warna 3 kabel pada stop kontak, khusus 1 phase, ada pun jenis code warna label stop kontal adalah sebagai berikut:


1. Coklat Merah dan Hitam

Tidak semua warna kabel diatas digunakan dalam instalasi stop kontak, sengaja kami sebutkan semua karena, 3 warna diatas sering digunakan dalam instalasi listrik mewakali arus Phase / L. Jika anda menemukan 1 kabel diantara 3 kabel diatas, dapat dipastikan itu adalah phase api listrik 


2. Kabel Biru dan Abu-abu

Kabel biru adalah Netral atau N, dengan adanya kabel L dan N, listrik didalam rumah dapat digunakan secara normal melalui bantuan stop kontak, kabel N tersambung dengan kontak stop kontak dengan code N pada aksesoris, untuk L tersambung dengan code L di aksesoris stop kontak.


3. Kabel Kuning

Akan lebih baik jika stop kontak menggunakan kabel kuning atau grounding G lambang pentanahan panah ke bawah, fungsi kabel kuning sendiri adalah untuk membumikan listrik liar akibat gagal isolasi sebelum mengenai manusia atau hewan, jadi jika rumah anda memiliki banyak alat elektronik, sebaiknya pasang grounding secepatnya, demi keamanan bersama.


Layanan kami

Disini kami juga melayani jasa instalasi stop kontak dan listrik, anda dapat menghubungi kami melalui layanan kontak dibawah situs.

Post a Comment for "Fungsi Stop Kontak Dan Cara Penggunaannya"