Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pasang Instalasi Listrik Sendiri di Rumah Mudah dan Murah

Tips Pasang Instalasi Listrik Sendiri di Rumah Mudah dan Murah
it.depositphotos.com
 www.pipindo.com - Seni pekerjaan instalasi listrik sangat banyak, mulai dari piping pipa conduit, sambungan kabel dan wiring kabel, mungkin bagi orang biasa akan sedikit kesulitan.

Meski seseorang sudah lulus sekolah listrik, belum tentu pada saat dilapangan dapat membuat atau menciptakan instalasi listrik sesuai harapan, jadi intinya pengalaman juga sangat penting.


Kali ini kita akan membahas bagaimana langkah-langkah pemasangan instalasi listrik yang benar, aman dan murah.


Cocok bagi anda yang baru lulus sekolah, karena ini sengaja kami informasikan agar bisa membantu sodara yang sesang kesulitan dalam pekerjaan instalasi listrik.


Instalasi listrik adalah sebuah upaya yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan dalam pemanfaatan energi listrik, dengan adanya instalasi yang benar, kita akan dapat mudah dan aman menggunakannya.


Banyak syarat dan langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan kata sempurna, pekerjaan listrik harus berhati-hati dan jeli, mulai dari estimasi biaya, pemilihan material dan eksekusi lapangan.


Salah menghitung biaya dampak buruknya kita akan rugi, material listrik buruk instalasi tidak awet, salah dalam pemasangan listrik bisa mengancam nyawa penghunk rumah, maka itu simak ulasan ini sampai selesai.


Persyaratan utama dalam instalasi listrik.

Bagi teknisi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PUIL, PUIL adalah dokumen peraturan dalam pemasangan instalasi listrik yang wajib ditaati, kenapa? Sudah bukan hal umum listrik bisa membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya.


Jadi instaler wajib tahu dan faham isi dari dokumen PUIL ini, karena ini juga dapat dijadikan acuan dalam menerapkan keamanan pekerjaan instalasi listrik gedung, bangunan bertingkat dan rumah biasa, saya sendiri hanya hafal sedikit, tapi juga sedikit paham isi dari dokumen PUIL ini.


Pilih jasa kontraktor listrik atau pasang sendiri?

Kadang seorang teknisi listrik sendiri pun tidak sempat mengerjakan instalasi dirumahnya, ada juga beberapa orang yang pilih menggunakan jasa kontraktor eletrikal, kenapa? Simak perbedaannya dibawah ini.


1. Kelebihan dan kekurangan jasa kontraktor listrik.

a. Keunggulan memanfaatkan kontraktor adalah dapat menghemat waktu, tenaga dan fikiran pemilik rumah atau proyek, biasanya terima jadi, maka ini akan sangat menguntungkan bagi anda yang tidak sempat mengontrol dilapangan.


Contoh pemiliki proyek adalah pekerja kantoran aktif, tidak mungkin ia dapat mengawasi jalannya pekerjaan, jadi sepenuhnya adalah tugas kontraktor dilapangan, kita atau pemilik proyek hanya terima laporan progres setiap minggu atau bulan sampai finis.


b. Kadapun kekurangan menggunakan jasa kontraktor adalah budget bertambah di titik belanja material dan jasa pekerjaan, tapi ini bukan kecurangan, ini memang resiko bagi owner yang tidak bisa mengontrol pekerjaan sendiri, sama-sama menguntungkan sebenarnya.


Contoh kasus pembelanjaan material, kontraktor pasti sudah faham mana jenis material listrik yang bagus dan kurang bagus, dimana toko listrik murah dan mana yang mahal, dari sinilah harga material bertambah antara 5% sampai 10%, sah-sah saja sebenarnya, karena kontraktor tidak ingin rugi.


2. Kelebihan dan kekurangan instalasi listrik sendiri di rumah.

a. Jika anda adalah seorang teknisi listrik, ini akan menjadi keuntungan tersendiri apa bila akan melakukan renovasi atau pasang instalasi listrik baru. Ini akan sangat hemat dari sisi biaya, tidak seperti menggunakan jasa kontraktor.


Contoh pembelanjaan material murni harga pokok materila, tanpa ada jasa tambahan seperti pada saat menggunakan jasa kontraktor, selain itu juga keuntungan bisa didapat dari jasa pemasangan, kita pasang sendiri tanpa membayar jasa kontraktor listrik.


b. Kekurang pasang instalasi listrik sendiri dirumah.

kekurangan pasang listrik sendiri adalah anda akan buang tenaga dan waktu banyak, apa lagi jika anda memiliki pekerjaan utama, teknisi disebuah pabrik misalnya, mungkin pekerjaan hanya dapat dilakukan pada sore hari setelah pulang dinas sampai malam hari.


Selain itu mau tidak mau juga harus memikirkan dimana harus belanja material yang bagus, apa saja yang harus di siapkan dan kapan bisa dieksekusi, contoh mudah adalah masalah pembelanjaan material listrik, anda kerja dari hari minggu sapai sabtu, hanya ada waktu pada hari minggu, tapi toko listrik tutup, ini salah satu masalah yang terjadi.


Jika tetap yakin akan melakukan pekerjaan instalasi listrik sendiri, simak ulasan ini sampai selesai, disini akan dibahas lengkap tahap-tahap cara pemasangan instalasi listrik yang benar, dan dapat dipraktikkan dengan mudah.


11 Tips pasang listrik sendiri mudah aman dan murah.

Ikuti langkah-langakah dibawah ini, semoga dapat membantu anda dalam menjalankan pekerjaan listrik dirumah, atau mungkin saja ingin menggunakan jasa kontraktor dan menerapkan cara ini dilapangan pada saat pekerjaan sedang berjalan.


1. Tentukan denah instalasi listrik rumah.

Ada beberapa orang yang lebih memilih RAB terlebih dahulu baru setelah itu ke denah, tapi dari apa yang sering kami lakukan adalah mendesain denah gambar instalasi titik lampu, stop kontak, panel listrij, jalur kabel, jarak terlebih dahulu baru selanjutnya RAB menyesuaikan.


Dengan bantuan denah instalasi, volume pekerjaan akan lebih mudah dianalisis, contoh pemakaian kabel group lampu 1 adalah 20 meter, 5 titik lampu, 2 saklar dan 1 mcb 2 amper, selanjutnya tinggal menentukan spek material yang akan digunakan untuk dimasukkan ke RAB yang dibuat.


2. Mempersiapkan RAB Listrik (Rancana Anggaran Biaya)

Menentukan RAB sebaiknya dikerjakan dengan teliti, agar bisa mendapatkan laloran jelas berapa uang yang harus dikeluarkan, apakah susai budget yang ada, hemat lebih penting kecuali anda memang ingin membuat desain instasi listrik yang mewah seperti banyak lampu hias atau sensor-sensor otomatis.


Seperti yang sudah dijelaskan pada point 1, budget bisa menyesuaikan gambar kerja, jika ingin hemat, mungkin ada beberapa titik yang akan dihapus atau mengganti janjs material yang standar, nah dari sini sagat jelas jjka mempersiapkan denah dahulu lebih penting dari pada RAB, karena dapat memudahkan pekerjaan ditahap selanjutnya.


3. Pemilihan spesifikasi material.

Saat ini ada banyak material listrik berkualitas yang dijual ditoko offline maupun online, manfaatkan insternet untuk mencari info mana merk terkenal dan bagus yang akan digunakan didalam rumah, saran kami, selalu gunakan material SNI demi keamanan keluarga dan orang disekitar.


Berikut ini beberapa jenis material yang menurut kami memiliki kualitas baik dan mura:


a. Kabel listrik (Supreme, Extrana dan Eterna)

b. Pipa conduit (Clipsal dan Lesso)

c. Aksesoris (Panasonic dan Broco)

d. Mcb (Broco dan Schneider)

e. Lampu (Philips)


Beberapa contoh material diatas mudah ditemukan dan tentunya murah, cocok bagi anda yang ingin menekan biaya pengeluaran, jika ingin lebih murah, kunjungi langsung distributor terdekat, misal harga kabel permeter 12.000 ditoko biasa, jika pesan didistributor langsung hanya 8.000 -9.000 saja.


4. Pemasangan pipa conduit dan bobokan dinding.

a. Pemasangan pipa isolasi.

Lanjut ke proses eksekusi lapangan, pekerjaan awal yang wajib dilakukan adalah pemasangan pipa conduit yang menyesuaikan gambar lapangan, gambar yang sudah dibuat, manfaat gambar kerja adalah dapat memudahkan dalam pekerjaan dan perbaikan dimasa mendatang, jadi simpan baik-baik gambar denah listrik jangan sampai rusak.


Gunakan bending pipa dan gunting pipa untuk memudahkan dalam pembuatan Elbow 45° / 90°. Dengan adanya pipa conduit instalasi kabel listrik akan menjadi awet, karena terlindungi sepenuhnya oleh pipa dari gangguan tangan jahil manusia dan hewan seperti tikus, tikus adalah hewan rakus, banyak sekali instalasi rumah yang rusak diakibatkan oleh kabel gigitan tikus.


b. Pembobokan titik saklar dan stop kontak.

Menentukan titik saklar juga tidak boleh sembarangan, harus menyesuaikan fungsi dan keamanan penggunan, contoh saklar lampu kamar tidur, titik paling benar dan strategia adalah terletak disebelah pintu masuk kamar bagian dalam, jarak saklar dari kusen pintu antara 25 cm sampai 30 cm, jadi pada saat gelap, orang masih dapat dengan mudah mencari saklar untuk menghidupkan lampu kamar.


Jarak titik saklar dari lantai pada umumnya adalah 150cm sampai 170cm, kenapa? Ini adalah titik aman untuk menghindari jangkauan tangan anak kecil, tahu sendiri bukan anak dibawah umur sering usil, karena tidak tahu, dikira mainan. Dan untuk stop kontak sebaiknya selalu gunakan jinis stop kontak yang memiliki perlindungan tutup, ini akan sangat berguna dan aman dari anak-anak.


5. Wiring kabel listrik.

Wiring kabel adalah pemasangan kabel listrik kedalam pipa conduit yang sudah tertanam didalam tembok atau diatas dak, ini termasuk pekerjaan yang membutuhkan kesabaran, karena memasukkan kabel kedalam pipa conduit sesikit sulit, kecuali sudah pro, tapi tenang ada alat khusus untuk memudahkan pakerjaan ini.


Track per kabel, alat ini semacam gulungan seperti kabel yang terbuat dari fiber, sangat mudah dimasukkan ke dalam pipa, dan dilengkapi dengan pengait diujung treck per untuk mengaitkan kabel yang akan ditarik dengan alat ini, maka pekerjaan wiring kabel akan sangat lebih mudah dan cepat selesai.


6. Pekerjaan penyambungan antar kabel listrik.

Selanjutnya adalah penyambungan kabel di Tdus antar kabel dan pipa, sambungan menyesuaikan kebutuhan awal, seperti yang direncanakan didalam gambar, misal sambungan saklar tunggal, seri, parallel, stop kontak dan saklar tukar, inibtermasuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, jangan sampai salah, karena akan dapat membuat listrik korslet.


7. Testing instalasi yang sudah selesai.

Bagaimana cara tesnya? Kita dapat memanfaatkan sumber listrik dari kwh, untuk melakukan tes, apakah sudah benar atau belum, contoh instalasi saklar seri yang sudah di instalasi, kabel phase pln, sambungkan ke kabel input saklar dan netral kwh langsung ke lampu, tapi dengan satu syarat, proses penyambungan ini harus dalam ke adaan listri padam, demi keamanan.


Selanjutnya hidupkan mcb kwh, sebelumnya gunakan fitting dan lampu, jika sudah coba cek ketika kabel input saklar dan output saklar dijadikan satu, apakah normal tidak ada tand-tanda korslet, jika lampu hidup berarti instalasi dalam keadaan baik dan siap di finising.


8. Pemasangan aksesoris.

Aksesoris disini adalah saklar, stop kontak dan material bantu lainnya, gunakan obeng tang dan cuter untuk menyekesaikan pekerjaan ini, dan selalu jaga keamanan diri, padamkan mcb dari sumber, kecuali sudah ahli dalam pemasangan instalasi listrik dalam keadaan bertegangan, mungkin tidak masalah karena tahu bagaimana cara memposisikan diri agar tidak tersengat listrik saklar maupun stop kontak.


9. Tes nyala finising lampu dan stop kontak.

Ini adalah tahap terkhir dalam pemasangan instalasi listrik rumah, apa bila masih ada beberapa titik lampu atau stop kontak yang belom menyala, segara perbaiki, cek sambungan didalam Tdus apakah sudah benar, cek juga stop kontak satu oer satu menggunakan bor listrik, masukkan steket bor ke stop kontak, lalu tekan switch bor, jika hidup instalasi stop kontak yang dibuat sudah benar dan siap digunakan.


Pemasangan instalasi listrik tidaklah sesulit yang dibayangakan, saat ini media atau situ sudah banyak yang memberikan tips cara pemasangan listrik mudah diikuti, termasuk di situ www.pipindo.com. kami akan selalu berbagi tips masalah kelistrikan agar dapat membantu teman-teman sekalian.


Penutup

Kami juga melayani jasa instalasi listrik yang dikierjakan oleh tenaga ahli segera hubungi kami melalui layanan kontak dibawah situs atau media sosial, layanan 24 jam free survei dan konsultasi.

Post a Comment for "Tips Pasang Instalasi Listrik Sendiri di Rumah Mudah dan Murah"