Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal

 www.pipindo.com - Saklar merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan maupun memutus arus listrik dari sumber listrik seperti PLN ke beban elektronik, kenapa elektronik? karena tidak hanya lampu saja yang dapat kita kontrol menggunakan saklar, pompa air, mesin produksi, dan alat elektronik lainnya.

Tapi kali ini kita akan membahas apa cara kerja saklar, dan cara pemasangannya dalam instalasi saklar tunggal, sangat mudah di pahami dan di praktekkan, simak ulasan ini sampai selesai. di bawah ini adalah contoh saklar tunggal yang biasa kita gunakan dalam instalasi listrik rumah.

Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal
Saklar Panasonic
Dengan bantuan saklar diatas, kita dapat menghidupkan lampu atau mematikan lampu dengan mudah, tanpa harus takut tersengat arus listrik, semakin mahal saklar yang anda gunakan, semakin awet dan aman, tapi kualitas penggunaan saklar awet atau tidak lepas dari si teknisi listrik, apakah pemasangannya dilakukan dengan benar?

Bagi anda yang berdomisili di Salatiga dan Semarang, kontak kami untuk kerjasama dalam pekerjaan instalasi listrik yang dikerjakan oleh teknisi berpengalaman dan bersertifikat. kami telah banyak menyelasaikan proyek jaringan instalasi listrik rumahan, gedung bertingkat, villa dan pabrik di area jawa tengan maupun luar provinsi.

Cara Kerja Saklar Tunggal

Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal
Contoh Instalasi Saklar Tunggal

Gambar diatas adalah contoh instalasi saklar tunggal yang biasa terpasang pada instalasi listik rumah, instalasi saklar tunggal hanya menggunakan 2 kabel, yaitu phase atau kabel merah dan biru atau biasa disebut dengan kabel netral.

Terlihat panah pada kabel merah yang berarti kabel tersebut berfungsi untuk phase masuk ke saklar, atau suppy listrik sebelum dihubungkan ke lampu, selanjutnya kabel dengan panah ke atas adalah kabel phase untuk listrik keluar ke lampu, kabel ini akan terisi arus listrik jika saklar dalam keadaan on dan kosong jika saklar dalam keadaan off.

Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal
Instalasi Saklar Tunggal OFF

Gambar diatas adalah contoh cara kerja saklar tunggal dalam keadaan off, dua bilah konduktor tidak menempel, ini artinya saklar dalam ke adaan terputus, lampu anda dalam posisi off atau padam.

Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal
Instalasi Saklar Tunggal ON

Jika dua bilah konduktor bertemu seperti gambar selanjutnya, maka ini akan menyebabkan arus listrik terhubung, dan selanjutnya lampu rumah akan ON atau hidup. sangat mudah bukan?

Ada banyak jenis saklar yang dapat kita gunkan didalam sebuah instalasi listrik, seperti saklar tunggal, salar seri, saklar tukar dan saklar intermedite, beberapa saklar inilah yang mungkin biasa kita temukan pada gedung sekolahan, rumah, rumah sakit, kampus dan hotel berbintang.

Post a Comment for "Cara Kerja Saklar Dan Contoh Pemasangan Saklar Tunggal"