Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Gambar Instalasi Listrik Rumah yang Benar

 www.pipindo.com - Instalasi istrik rumah adalah sebuah sistem yang harus di persiapkan matang-matang, salah satunya adalah mempersiapkan gambar kerja atau denah instalasi listrik, lalu dari mana kita bisa mendapatkan denah listrik? anda dapat memesan ke kontraktor, atau mungkin anda bisa sendiri.

Persiapan gambar kerja instalasi listrik harus jelas, karena gambar adalah alat bantu utama dalam pemasangan tata letak lampu, pipa dan kabel listrik nantinya, selain itu gambar juga dapat memudahkan pemiliki di masa depan jika saja akan ada perubahan dan perbaikan instalasi listrik.

Dibawah ini adalah contoh gambar denah listrik sederhana yang bisa kita pelajari.

Cara Membaca Gambar Instalasi Listrik Rumah yang Benar
Denah Instalasi Listrik Sederhana

Cara Membaca Gambar Kerja Instalasi Listrik

Kali ini akan dijelaskan bagaimana memahami gambar kerja dalam instalasi listrik yang biasanya di gunakan dalam pembangunan rumah gedung maupun villa, hampir setiap bangunan yang terlihat bagus pasti menggunakan gambar kerja seperti contoh gambar diatas.

Pada diagram gambar diatas dapat kita lihat sisi kiri bawah box kota bertanda silang, itu dapat diartikan dengan Box panel listrik, panel listrik adalah sebuah media lemari yang digunakan untuk terminal utama, biasanya terdapat beberapa MCB dan komponen kontrol lainnya seperti timer atau juga kontaktor, line garis panjang dengan strip garis 3 atau 2 dapat diartikan kabel listrik.

Cara Membaca Gambar Instalasi Listrik Rumah yang Benar
Simbol Saklar dan Stop Kontak

Untuk kedua simbol seperti pada gambar diatas dapat kita lihat seperti pada keterangan yang sudah tertulis, simbol pertama adalah Saklar yang biasa kita temukan dalam denah instalasi listrik rumah dan yang ke dua adalah Saklar. simbol saklar diatas memiliki 1 bendera yang berarti saklar tunggal, jika 2 artinya saklar seri dan 3 adalah saklar triple.

Ulasan ini sangat cocok untuk para teknisi listrik baru, atau teknisi yang masih pelatihan, kecuali jika anda sudah berpengalaman, tanpa menggunakan gambar kerja saya yakin pasti sudah dapat memperkirakan dan mengeksekusi pekerjaan listrik dilapangan, tapi tetap kami sarankan jika masih awan wajib menggunakan pedoman gambar kerja.

Post a Comment for "Cara Membaca Gambar Instalasi Listrik Rumah yang Benar"