Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Kabel L dan N Lampu Penerangan Rumah

www.pipindo.com - Bagi orang awam membedakan fasa dan netral lampu bukan perkara mudah, kebanyakan orang pasti menggunakan jasa teknisi untuk mengatasi masalah listrik di dalam rumah atau gedung, contoh lampu rumah padam yang di sebabkan oleh instalasi kabel bermasalah.

Lampu rumah dapat hidup apabila terdapat supply 2 atau 3 kabel listrik, yaitu L sebagai phase, N adalah netral dan G adalah grounding, namun hanya 2 kabel saja yang umum digunakan. Yaitu L dan N saja, lalu kenapa teknisi terkadan tidak menggunakan kabel kuning atau Grounding? jawabannya sepele, hanya ingin irit kabel.

Di sini kita akan membahas bagaimana membedakan kabel listrik dalam instalasi lampu rumah, mudah aman dan dapat dilakukan tanpa teknisi, jadi keuntungannya anda akan lebih dapat menekan biaya perbaikan instalasi listrik nantinya.


Arti Kabel L N dan G Instalasi Lampu Penerangan

Sebenarnya sudah sering dibahas didalam situs ini, apa itu kabel L, apa itu kabel N dan apa itu kabel G. Kabel L identik dengan kabel berwarna merah coklat dan hitam, jika anda menemukan kabel ini dapat dipastikan ini adalah kabel phase atau kabel yang dapat menyalakan lampu indikator tespen jika kita colok.

Selanjutnya adalah kabel N, jika anda menemukan kode N didalam instalasi listrik, sudah pasti ini adalah kabel Netral atau 0, berbeda dengan kabel phase, Kabel n tidak tampak menyala jika kita cek menggunakan tespen, dan secara tunggal meski orang memegang kabel ini tanpa isolator tidak akan tersengat aliran listrik.

Yang terakhir adalah kabel Kinung atau G (Grounding), bagi orang yang sadar akan keamanan, maka kabel Kuning G akan selalu di ikut sertakan dalam setiap line instalas listrik yang ia buat, manfaat dari kabel ini adalah dapat mentanahkan arus listrik jika ada gagal isolasi, sebelum mengenai manusia.

Tips Membedakan Kabel N dan L dalam Instalasi Listrik Rumah

Cara yang akan kami jelaskan cocok bagi anda yang sedang mengalami kerusakan ringan, yaitu instalasi kabel lampu rumah, contoh lampu rumah padam yang dikarenakan kabel bermasalah, cara pertama yang harus dilakukan adalah mengecek per kabel tunggal terlebih dahulu?

Adapun peralatan yang dapat anda persiapkan adalah, tespen cek arus listrik, tang kombinasi, ada dua titik lokasi yang nantinya bisa anda jadikan pedoman dalam perbaikan instalasi listrik lampu, yaitu instalasi lampu dari T dus ke saklar dan T dus ke titik lampu.

Cara Membedakan Kabel L dan N Lampu Penerangan Rumah

Terlihat gambar diatas adalah skema pemasangan instalasi listrik saklar tunggal 1 lampu, contooh kasus lampu padang yang disebabkan oleh kabel terputus, entah dari sambungan T dus atau sumber kabel terputus.

Jika kabel sumber putus, anda dapat cek bagian konektor saklar menggunakan Tespen, perhatian, cara ini hanya dapat dilakukan dalam keadaan listrik menyala, jika indikator tespen tidak menyala pada saat pengecekan pada konektor saklar, dapat dipastikan kabel supply ke saklar terputus.

Kasus selanjutnya adalah kabel out put ke beban terputus, anda dapat langsung mengecek jalur kabel dari saklar ke beban lampu, jika pada saat saklar dalam keadaan On tapi kabel ujung yang tersambung di konektor lampu padam pada saat cek menggunakan tespen, dapat dipastikan kabel output terputus.

Lalu bagaimana cara membedakan kabel listrik L dan N, seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda dapat cek dengan mudah menggunakan Tespen atau multitester digital, pastikan instalasi dalam keadaan On, jikan salah satu kabel dapat menyalakan Tespen, kabel tunggal tersebut adalah kabel Phase dan yang satunya adalh N netral.

Post a Comment for "Cara Membedakan Kabel L dan N Lampu Penerangan Rumah"