Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Grounding Dalam Instalasi Listrik Rumah Dan Gedung Bertingkat

 www.pipindo.com - sering kali kita merasakan ada sengatan listrik pada perangkat elektronik di rumah, memang ini adalah sengatan kecil, tapi tahukan anda? Hal ini dapat merugikan kita di masa mendatang.


Dari sinilah sebuah instalasi listrik rumah maupun gedung harus terpasang instalasi grounding demi terciptanya rasa aman dan nyaman, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini sampai selesai agar paham dan segera menindak lanjuti pemasangan grounding di rumah.

Fungsi Grounding Dalam Instalasi Listrik Rumah Dan Gedung Bertingkat

Tujuan Pemasangan dan Fungsi Grounding Instalasi listrik

Fungsi dari grounding sendiri adalah untuk membumikan energi listrik akibat gagal isolasi, ini adalah dampak dari kesalahan pemasangan instalasi listrik yang tidak memperhatikan PUIL dan Keselamatan pengguna di dalam rumah dan gedung.


Seperti yang sudah di bahas pada ulasan diatas, demi keamanan si penghuni sebaiknya segera pasang grounding demi keamanan, apa lagi anda adalah bekerja memanfaatkan perangkat elektronik seperti komputer dan printer, selain membahayakan kita (manusia), kerugian lain adalah dapat membuat perangkat tidak awet alias cepat rusak.


Cara Pemasangan Arde Pentanahan Mudah Aman dan Murah

Jika di dalam instalasi listrik rumah anda mengalami gangguan seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya segera pasang arde untuk mentanahkan listrik rumah akibat gagal isolasi, simak cara di bawah ini, murah dan aman tanpa tukang.


Atau jika anda ingin menggunakan jasa teknjsi, segera hubungi kami di icon media sosial di atas situs ini, layanan 24 jam dan free konsultasi, melayani jasa pemasangan grounding instalasi listrik di Salatiga dan Semarang Jawa Tengah.


Langka pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek instalasi di dalam rumah, apakah di setiap titik stop kontak menggunakan kabel arde atau grounding? Kabel arde biasanya memakai code warna Kuning / Kuning bergaris hijau.


Jika sudah ada, dapat dipastikan aman, tapi kok masih ada sengatan? Faktor 1 bisa jadi kanel arde teeputus, atau besi arde kurang dalam, ini bukan masalah serius, dan sangat mudah untuk diperbaiaki, jadi jangan khawatir.


Masalah besarnya adalah jika kabel grounding disetiap instalasi kabel menuju ke titik stop kontak dan lampu tidak ada. Lalu apa solusi dari masalah ini? Jalan terbaik adalah membongkar instalasi dan menambahkan 1 kabel berwarna kuning ke dalam setiap jalur instalasi.


Dan selanjutnya memasang besi pentanahan ke dalam tanah, persiapkan material seperti besi 8 mm atau 10 mm panjang kira-kira 150 cm, dan kabel BC tembaga 2,5 mm - 4 mm panjang150 cm sampai 200 cm, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Fungsi Grounding Dalam Instalasi Listrik Rumah Dan Gedung Bertingkat

- Pangkas ujung besi yang sudah dipersiapkan menggunakan gerinda, agar sapat dengan mudah menembus tanah.

- Pilih lokasi pentanahan yang memiliki struktur tanah lembab, kenapa? Karena ini akan lebih cepat membuang listrik.

- Masukkan pipa besi 1/2" ke dalam tanah, anda dapat menggunakan palu besar agar lebih mudah.

- Jika sudah tarik kembali pipa tersebut, lalu masukkan kabel yang sudah dikaitkan ke besi 8 mm ke lubang pipa 20 mm.

- Tutup kembali lubang, anda dapat memanfaatkan air untuk mengurai tanah agar dapat masuk menempati setiap sisi-sisi besi arde.

- Terakhir, tes kabel arde di dalam rumah, apakah masih ada sengatan?


Atau anda dapat cek menggunakan multi tester, arahkan selektor ke pembaca Ohm, cek keluaran kabel kuning dan kabel coklat phase, jika angak di monitor multi tester menunjukan angka 0 - 0,5 ohm, dapat dipastikan listrik jahat didalam rumah anda sudah ditanahkan dan aman.

Post a Comment for "Fungsi Grounding Dalam Instalasi Listrik Rumah Dan Gedung Bertingkat"