Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Standar Warna Kabel PLN Rumah dan Fungsi Dalam Instalasi Listrik

Standar Warna Kabel PLN Rumah dan Fungsi Dalam Instalasi Listrik

 www.pipindo.com - Kabel listrik Pln pada umumnya menggunakan dua kabel yang memiliki warna sama yaitu hitam, pasti bagi anda yang awam dengan masalah ini akan kebingungan, apalagi setelah masuk ke kwh meter dan lanjut ke dalam rumah, selanjutnya akan memakai code warna kabel berbeda lagi.

Di sini kita akan membahas apa saja warna kabel yang standar puil 2000, selain warna kita juga akan membedah apa saja brand kabel terkenal yang cocok kkta manfaatkan dalam instalasi listrik didalam rumah maupun gedung, penting sekali mengetahui spek, mengingat listrik adalah sebuah energi yang dapat juga membahayakan penggunan.


Code Warna Standar Pln Layak pakai dan Sni

Pada bagunan tahun 80an kita sering mendapati penggunaan warna kabel listrik berbeda dengan tahun 2000 an ke atas, ini realita yang terjadi dilapangan, karena kami sendiri sebagai pemain instalasi listrik gedung sering menemukan perbedaan yang terkadang akan dapat membingungkan teknisi.


Tapi itu semua tidak menjadi masalah, cukup menyisihkan waktu untuk menganalisa lapangan, maka permasalahan perbedaan penggunaan warna kabel di atas akan dapat teratasi, ini lebih ke masalah pemakaian warna saja tidak terlalu menyeramkan.


Standar Warna Kabel Tahun 80an

Sebagia informasi, kami akan memberikan penjelasan jika saat anda melakukan instalasi rumah lama dan menemukan penggunaan kabel dengan kode warna dibawah ini dapat dipastikan itu adalah type instalasi tahun tersebut.


1. Kabel warna Hitam

Kabel warna hitam umum digunakan sebagai arus Netral atau 0.

2. Kabel warna biru

Kabel warna biru sering kami temukan digunakan untuk Phase.

3. Kabel warna kuning.

Kabel kuning ada juga yang dimanfaatkan untuk phase, tapi ada beberapa kami temukan terpasang didalam rumah untuk grounding.


Standar Code Warna Kabel PLN

Setelah anda mengetahui standar warna kabel jaman dahulu, sangat penting juga untuk mengetahui warna kabel instalasi yang digunakan pada tahun dua ribuan, bagi instaler baru, wajib mengetahui teknik penggunaan warna kabel tahun lalu dan tahun-tahun saat ini.


1. Kabel Hitam Coklat dan Merah

Berbeda dengan code warna kabel tahun 80an, kabel coklat hitam dan merah pada tahun tahun ini umum digunakan untuk Phase listrik, atau kabel yang berisi api listrik, indikator ini dapat kita lihat jika kita tes menggunakan tespen, atau alat cek arus listrik pada konduktor kabel.


2. Kabel Biru dan Abu-abu

Kabel bjru pada saat ini umum digunakan untuk Netral atau 0, jika pada tahun 80an Biru adalah phase listrik, saat ini Biru digunakan untuk Netral, nah masalahnya adalah sering terjadi miss atau kesalahan penggunaan warna yang dapat mengakibatkan arus pendek. Ini sangat wajib dihindari demi keamanan kerja.


3. Kabel warna kuning

Saat ini, kabel warna Kuning umum digunakan sebagai kabel Grounding, fungsi grounding sendiri adalah untuk mentanahkan listrik akibat gagal isolasi, keuntungannya adalah dapat membuat pemiliki atau penghuni gedung terhindar dari sengatan listrik.


Cara Membedakan Kabel L dan N kabel Twist Pln

Kembali ke bahasan atas, bagaimana cara membedakan 2 kabel Twist pln, kan warnanya hitam semua, sebenanrnya ini adalah area kerja petugas PLN, tapi bagi anda yang penasaran mari kita simak bagaimana cara membedakan kabel Netral dan Phase Twist Pln.


Cara pertama adalah menggunakan Trspen listrik, dengan cara ini akan sangat mudah menemukan mana kabel N dan L, N adalah Netral dan L adalah Phase, sebelum melakukan tips berikut ini pastikan tahun standar K3 listrik untuk menghindari kecelakaan kerja.


Ambil tespen listrik yang sudah disiapkan, pastikan aman, area kaki tidak lembab atau basah, cek konduktor kabel satu menggunakan tespen, jika lampu tespen tidak menyalan fapat dipastikan itu adalah Netral, dan jika kabel ke dua dapat menyalakan lampu indikator tespen, bisa dipastikan kabel kedua adalan L atau Pahse.


Cara kedua adalah menggunakan Multimeter atau multitester digital. Untuk menggunakan alat ini membutuhkan sedikit pemahaman khusus mengenai alat tersebut, tapi jangan bingung karena kami akan memberikan tips cara menggunakan multitesyer digital untuk mengecek L dan N Twist Pln.


Hidupkan tester pada posisi On, lalu arahkan selektor ke aras 220v, pastikan probe multitester berada pada output logo petir dan ohm, perhatian, saat melakukan cek arus menggunakan alat ini kami sarankan berhati hati, demi kemanan. Tempelkan probe ke konduktor kabel twist 1 dan 2, lihat layar tester, jika angka menuju ke 220v dapat dipastikan kabel normal.


Diantara 2 kabel tersebut adalah L dan N, lalu bagaimana mengetahui L dan N kabel twist?


Tempelkan proble satu ke konduktor kabel Twist, dan probe dua ke media tembok atau besi yang terhubung ke tanah, jika jarum tester bergerak tidak lebih dari 30v dapat dipastikan kabel ini adalah Netral, jika kabel kedua dapat mencapai angka 220v, phase adalah kabel tersebut, atau kabel ke dua.


Penutup

Demikian penjelasan arti warna dan standar warna kabel PLn, semoga dapat menyelesaikan masalah anda saat ini, kami akan terus memberikan informasi bermanfaat untuk sodara sekalain, bagi yang ingin konsultasi masalah kelistrikan silahkan chat ke layanan kontak atau komen dibawah situs ini gratis tanpa dipungut biaya. 

Post a Comment for "Standar Warna Kabel PLN Rumah dan Fungsi Dalam Instalasi Listrik"