Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Penyebab Kabel Panas dan Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Teknisi

6 Penyebab Kabel Panas dan Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Teknisi

 Jangan sepelekan masalah ini, kabel listrik saat dipegang hangat atau sampai panas. Ini merupakan masalah serius yang sebaiknya cepat diselesaikan sebelum terjadi kebakaran. Banyak ruko atau rumah yang sudah menjadi korban akibat instalasi kabel listrik panas lalu terbakar. Lalu apa penyeba dari masalah ini? Simak ulasan ini sampai selesai.


Dalam pembuatan jaringan instalasi listrik rumah, ada banyak sop teknis yang wajib di ikuti saat eksekusi lapangan. Contoh pemilihan material, wiring gambar dan eksekutor itu sendiri / tukang listrik yang ada lapangan. Persyaratan diatas wajib terlaksana untuk mendapatkan hasil jaringan instalasi listrik gedung yang baik dan berkualitas layak pakai.


6 penyebab kabel listrik panas dan cara mengatasinya


Beban listrik terlalu besar

Pada saat membangun rumah, ada baiknya memperhitungkan apa saja perangkat listrik yang akan digunakan nantinya. Setelah itu barulah memilih jenis dan ukuran kabel listrik yang akan digunakan agar sesuai. Nah dari sini sudah kelihata jika beban penggunaan dari perangkat elektronik dapat mempengaruhi ketahan kabel listrik, sehingga bisa menjadi panas lalu terbakar.


Salah memilih ukuran kabel

Pada tahap pemilihan kabel listrik, ada baiknya menganalisa aktual lapangan terlebih dahulu. Contoh AC penging berapa watt, total lampu berapa watt, pompa air berapa watt dan stop kontak berapa watt. Setelah itu kita tambahkan sampai hasil total beban terpakai kelihatan dan selanjutnya kita jadikan dalam satuan Amper. Untuk mengetahui kuat tahanan beban kabel listrik simak ulasan berikut ini : Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah


Kabel listrik tidak standar SNI

Hari gini masih menggunakan kabel tidak berkualitas? Padahal banyak sekali produsen kabel yang menjual material murah tapi tetap berkualitas. Contoh Supreme kabel, ini salah satu material terbaik yang sering kami gunakan dalam proyek yang kami jalan kan di lapangan. Selain murah, kabel merk Supreme sangat berkualitas dan mudah kita jumpai di toko listrik daerah kita.


Area kabel terlalu padat dan lembab

Banyak para kesekutor tidak memperdulikan keamanan dalam pemasangan jaringan instalasi listrik gedung. Contoh pemilihan lokasi tarikan kabel listrik lembab di area toilet atau bahkan ada yang memaksa kabel tetap terpasang tertanam didalam tembok tanpa pipa pelindung. Ini amat sangat berbahaya jika dilakukan, sama seperti manusia, kabel tembaga listrik juga membutuhkan udara untuk jeda aliran energi agar tidak mudah rusak dan terjadi korsleting listrik.


Sambungan kabel tidak kencang atau ngefong

Sepele tapi bisa berpotensi kerusakan, sambungan kabel tidak kencang. Pernah melihat kabel listrik keluar percikan pada saat di tempel? Nah ini jangan dipraktikan karena berbahaya, pada saat hal ini terjadi, amper listrik yang mengalir akan menjadi lebih besar, dari sinilah penyebab terjadinya panas kabel yang berpotensi teejadinya kebakaran. Solusi daei masalah jni ada instalasi ulang atau mengecek satu persatu sambungan antar kabel.


Kabel sudah berumur atau masa pakai sudah habis

Tidak selamanya kabel listrik dapat digunakan secara normal, ada waktu dimana kabel listrik akan rusak dan membutuhkan renovasi pergantian. Ciri ciri kabel sudah berumur adalah dapat mengalirkan panas tidak normal pada saat kita sentuh menggunakan tangan. Dan yang kedua adalah kabel sudah kusam atau kering, parahnya ada ciri kabel rusak yang sampai isolasi upvc kabel meleleh, ini sangat berbahaya dan wajib dihindari.


Pada intinya dalam pemasangan instalasi listrik harus memperhatikan SOP pekerjaan, agar mendapatkan hasil maksimal siap pakai. Tidak hanya asal pasang, atau anda dapat menghubungi kami dan mengajukan penawaran, siap mengerjakan jaringan instalasi listrij mulai dari 0 sampai finis atu terima jadi. Kontak kami segera, free biaya konsultasi dan survei kelokasi bagi andq yang berdomisili di Semarang Salatiga Dan Ambarawa.

Post a Comment for "6 Penyebab Kabel Panas dan Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Teknisi"