Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah Tanpa Alat Bantu

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah Tanpa Alat Bantu

 Banyak orang mengeluh karena tagihan listrik membengkak atau boros, ini merupakan masalah besar. Banyak orang mencoba mencari solusi agar listrik hemat mulai memanfaatkan alat penghemat aliran listrik dan juga mencoba mengakali dengan grounding digunakan untuk netral, tapi kedua cara di atas tidak lah efektif.

Diaiplin dalam menggunakan energi listrik wajib ditanamkan ke orang disekitar kita sejak dini. Berawal dari kebiasaan buruk acuh dengan energi listrik, lama-lama orang akan terbiasa dan tidak peduli. Di sini akan di bahas bagaimana menghemat listrik prabayar maupun pasca prabayar tanpa menggunakan alat bantu.


8 Ide menghemat listrik tanpa alat bantu terbukti ampuh bisa irit

Semoga setelah anda membaca ulasan ini bisa langsung praktik dan bisa mengurangi tegihan listrik bulanan atau token listrik untuk kwh meter digital. Karena banyak konsumen kami yang sudah mencoba tips di bawah ini dan terbukti berhasil.


1. Hindari steker tersambung ke stop kotak jika tidak terpakai

Nah ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang sudah menjadi budaya, mungkin di sekitar kita banyak. Membiarkan steker elektronik seperti komputer, laptop, televisi atau dvd menancap di stop kontak dan tidak digunakan. Jadi segera hindara pemborosan ini sejak dini, coba saja 1 bulan sampai 3 bulan dan rasakan, listrik didalam rumah akan lebih hemat dengan cara tersebut.


2. Hindari charger tersambung ke stop kontak

Charger hp selain akan mudah rusak jika tersambung tanpa digunakan ke lubang stop kontak, ia juga akan dapat membuat listrik terbuang percuma. Memang tidak besar, tapi jika terpasang dalam kurun waktu lama, bisa membuat listrik di rumah boros. Kebiasaan buruk seperti ini biasanya menjadi buadaya anak muda yang tidak perduli dengan energi listrik di dalam rumah.


3. Gunakan dispenser seperlunya matikan jika tidak digunakan

Jangan sepelekan alat ini yah, bukan melarang, akan tetapi didalam perangkat dispenser terdapat komponen auto on off jika kran air panas digunakan. Dari sini otomatis akan dapat membuat listrik naik turun dan menyebabkan listrik di rumah boros. Mulailah menggunakan alat ini seperlunya demi bisa hemat listrik, mungkin di pagi hari saja dan malam hari. Atau bisa juga sebagai pengganti anda dapat menggunakan kompor gas jika ingin menghangatkan air.


4. Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan

Lampu merupakan salah satu komponen penting di dalam rumah, dengan bantuan alat ini kita dapat menerangi ruangan gelap. Tapi tanpa di sadari lampu juga bisa membuat tagihan listrik boros, jika tidak disiplis mematikan lampu saat tidak digunakan lagi. Tidak ada salahnya anda menggunakan alarm sebagai pengingat jika lampu sudah tidak digunakan, selalu peduli jika ingin meninggalkan ruangan, pastikan terlebih dahulu lampu dalam keadaan padam jika akan ditingal pergi.


5. Pasang saklar sensor gerak untuk beberapa lampu di rumah

Prinsip kerja saklar sensor ini adalah lampu penerangan akan dapat menyala jika ada kerakan pada radius yang sudah ditentukan. Jadi sebaliknya, jika tidak ada gerakan orang disekitar lampu, unit lampu penerangan tidak akan menyala. Ini adalah solusi terbaik untuk anda yang masih malas untuk mematikan lampu secara manual.


6. Gunakan Photcell lampu untuk penerangan di luar rumah

Siapa yang tidak kenal alat ini, photocell adalah sensor cahaya yang dapat dijadikan solusi bagi anda yang malas atau tidak sempat mematikan lampu diluar rumah. Di pagi hari saat terburu-buru dengan pekerjaan jadi tidak sempat memadamkan lampu, mau tidak mau lampu akan hidup 24 jam termasuk pada saay siang hari. Jadi tidak ada salahnya jika anda menggunakan photocell sebagai alat pemutus arus listrik dengan bantuan cahaya disekitar rumah.


7. Pastikan instalasi listrik terpasang dengan baik

Sedari awal, instalasi listrik harus diperhatikan, mulai dari pemilihan material, desain instalasi sampai cara teknis pemasangan. Ini merupakan hal yang harus dikerjakan dengan baik, percaya atau tidak, instalasi listrik kurang berkualitas akan dapat mebuat pemakaian listrik di dalam rumah boros. Sambungan ngepong, size kabel terlalu kecil atau instalasi tertanam didalam tembok tanpa pipa pelindung. Segara hubungi kami jika ingin menggunakan jasa teknik instalasi listrik yang dikerjakan oleh teknisi berpengalaman.


8. Hindari memakai pendingin ruangan berlebihan (AC)

Bagi mereka yang tinggal di daerah panas, alat pendingin ruangan adalah solusi terbaik agar hari hari menjadi nyaman alias agar tidak kepanasan. Tapi kenyataannya AC asalah perangkat paling boros jika terpasang di dalam rumah. Jadi akan lebih baik jika anda menggunakan alat ini seperlunya untuk menghemat pemakain listrik di dalam rumah.


Kesimpulan

Akan lebih baik jika kita dapat menghemat energi listrik demi anak cucu dimasa depan. Pesan ini sering kita dengar dari pemerintah, karena tidak selamanya suport sumber energi listrik ada di dunia ini, suatu saat pasti akan habis. Semoga ulasan ini dapat membantu anda yang sedang mencari solusi cara menghemat listrik di rumah.

Post a Comment for "8 Cara Menghemat Listrik di Rumah Tanpa Alat Bantu"