Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Bohlam Lampu Aman Mudah Tanpa Tukang

Cara Mengganti Bohlam Lampu Aman Mudah Tanpa Tukang
Bola Lampu Led

 Penerangan sebuah lokasi menggunakan bola lampu merupakan kebutuhan pokok, kenapa? Apa jadinya jika kita tidak hidup berdampingan dengan komponen tersebut. Segala aktivitas dalam sebuah ruangan yang membutuhkan penerangan akan sangat tidak membuat kita nyaman. 


Tapi tidak selamanya lampu bohlam dapat bertahan lama, bisa jadi karena instalasi listrik buruk atau memang sudah berumur membuat komponen ini wajib kita ganti dengan yang baru. Pertanyaannya apakah harus menggunakan jasa teknik atau tukang? Hanya mengganti bola lampu rumah yang sangat mudah dan dapat kita kerjakan sendiri.


Tips mengganti bola lampu mudah aman tanpa teknisi

Bagi anda yang takut dengan listrik, simak ulasan ini sampai selesai. Kami akan menjelaskan urutan bagaimana mengganti bohlam lampu yang benar dan aman. Karena kenyetaannya banyak orang yang tersengat listrik pada saat melakukan pekerjaan ini. Tapi jika memang tidak dapat menggantinya sendiri sebaiknya kontak teknisi terdekat.


Matikan sumber listrik dari MCB atau saklar lampu Bohlam

Ini adalah cara pertama yang harus dilakukan, demi keamanan dan kenyamanan dalam eksekusi pekerjaan. Hampir semua teknisi menerapkan cara ini, karena tidak ingin ambil resiko, sadar karena listrik selain menguntungkan tapi juga dapat merugikan kita sebagai manusia. Sudah banyak musibah terjadi dan memakan korban jiwa.


Persiapkan tangga lipat untuk menjangkau bola lampu

Seperti yang sudah anda ketahui, bohlam lampu biasanya berada diketinggian, seperti menempel diatas plafon ruangan, atau ditiang penyangga jika terpasang di luar rumah. Dalam pekerjaan ini sebaiknya berhati-hati, selalu jaga keselamatan dalam bekerja, jangan sampai terjadi kecelakaan yang dapat membahayakan diri sendiri.


Proses penggantian bohlam lampu dengan yang baru

Setelah anda ada diatas tangga dan dapat meraih bola lampu, putar perlahan ke arah kiri, perhatian lakukan dengan hati-hati. Sebelum melakukan sesi ini anda sapat cek area sekitar bola lampu menggunakan tespen, jika aman langsung eksekusi. Setelah terlepas, pasang lampu baru yang sudah dipersiapkan, putar kearah kanan pelan-pelan, secukupnya saja jangan terlalu kencang karena dapat merusak lampu baru yang sudah di beli.


Hidupkan sumber listrik dari saklar atau MCB

Ini adalah langkah terakhir yaitu hidupkan lampu dengan cara meng on kan sumber listrik dari kwh mcb atau saklar, jika lampu yang anda ganti hidup, pekerjaan selesai, tapi jika bohlam lampu baru masih padam, coba cek fitting lampu atau instalasi yang ada. Bisa saja kerusakan ada diarea sekitar dan harus segera diperbaiki agar bola lampu dapat normal kembali.


Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik atau service instalasi segera hubungi kami melalui layanan kontak. Termasuk pemasangan bohlam lampu dan servis instalasi listrik rumah tinggal atau gedung. Lingkup layanan kami ada di Semarang Salatiga dan Ambarawa. Dikerjakan oleh teknisi beepengalam dan bersertifikat listrik.

Post a Comment for "Cara Mengganti Bohlam Lampu Aman Mudah Tanpa Tukang"