Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmu Dasar Instalasi Listrik Arus Bolak Balik (AC)

Ilmu Dasar Instalasi Listrik Arus Kuat Gedung, Rumah tinggal
Simbol dasar listrik

 www.pipindo.com - Listrik merupakan energi penting dalam kehidupan kita, sebagai energi utama lampu penerangan dan energi gerak mesin industri atau mekanik. Dalam hal ini tentu saja ada ilmu dasar khusus yang wajib dipahami alias jangan asal-asalan, karena selain listrik dapat menguntungkan kita, ia juga dapat membahayakan penggunanya.


Dalam ulasan ini kita akan membahas teknik dasar ilmu listrik arus kuat, yang umum kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu ini sangatlah penting, ketika kita memahami apa itu dasar-dasar kelistrikan arus kuat, otomatis teknis lapangan akan mudah terealisasikan, jadi jika ada kerusakan kita sendiri turun tangan tanpa menggunaka jasa teknisi.


Pengertian jenis arus listrik AC atau listrik arus bolak-balik

Istilah AC atau kepanjangan dari Alternating Curent lebih kita kenal dengan arus listrik bolak-balik. Sifat arus ini berbeda dengan jenis arus liatrik searah atau DC yang tidak berubah ubah. Arus AC biasa kita gunakan dari sumber PLN yang selanjutnya masuk ke rumah-rumah warga.


Pada umumnya listrik arus bolak-balik memiliki 2 penampang kabel yaitu Pahase atau juga di sebut dengan (+) Api listrik dan Netral atau juga di sebut dengan (-) Negatif. Dengan adanya dua arus kabel ini, kita akan dapat memanfaatkan energi listrik AC PLN untuk penerangan lampu, mekanis mesin dan kebutuhan lainnya.


Teknik dasar instalasi listrik lampu maupun stop kontak

Sangat mudah di pahami dan mungki satu kali saja anda membaca ulasan ini akan mengerti. Bagaimana cara dasar penerapan kabel listrik untuk instalasi rumah tangga dan gedung bertingkat. Hanya butuh sedikit mengerti sistem atau urutan, intinya jika paham sistem kita akan mudah mempelajari ilmu dasar instalasi listrik arus bolak-balik.


Secara teoritis, dasar instalasi kabel untuk menghidupkan satu buah lampu hanya membutuhkan 2 kabel, yaitu negatid dan positif arus AC, Itu saja. Jika konektor kabel didalam fitting kita suply dengan dua kabel tersebut, sesuai hukum alam lampu akan menyala, dan akan padam jika salah satu kabel kita lepas. Lalu bagaimana ilmu dasar pemasangan instalasi lampu menggunakan saklar?


Ada dua penampang kabel dari sumber PLN, Phase dan Netral. Kabel Netral adalah 0 yang jika kita instalasi kabel ini satu line lurus langsung ke salah satu titik konektor fitting lampu. Selanjutnya untuk kanel Phase atau L dari sumber PLN berbelok ke Saklar, sesuai kegunaannya, saklar berfungsi untuk memutus arus, dan selanjutnya kabel L dari Saklar terkoneksi lurus ke fitting lampu.


Semoga dapat membantu, ilmu dasar di atas sering kami gunakan untuk melatih para teknisi baru diwork shop kami, dan terbukti sangat mudah di pahami jika di ajarkan ke pemula. Dan mungkin dengan adanya ulasan ini pembaca dapat mengerti apa saja ilmu dasar kelistrikan. Jika membutujkan jansa pemasangan instalasi listrik, segera kontak kami, free konsultasi dan survei.

Post a Comment for "Ilmu Dasar Instalasi Listrik Arus Bolak Balik (AC)"