Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Jaringan Listrik di Rumah Harus Memakai Kabel Standar

 Saat ini banyak hunian modern yang menggiraukan PUIL listrik, kenyataanya banyak sudah musibah yang terjadi dilapangan seperti kebakaran dan sengatan listrik hingga memakan korban. Dari sinilah alasan kenapa jaringan instalasi listrik gedung wajib menggunakan material standar SNI.


Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan, terutama adalah pemilihan material yaitu kabel listrik. Lalu seperti apakah standar kabel listrik dalam instalasi listrik itu? Apakah harus besar? Atau harus mahal? Tentu saja tidak, simak ulasan berikut ini sampai selesai.


4 Alasan kenapa instalasi listrik harus menggunakan kabel standar

Mengapa Jaringan Listrik di Rumah Harus Memakai Kabel Standar

Instalasi listrik setidaknya bisa bertahan 25 tahun sampai 35 tahun

Setelah pembangun rumah atau gedung finis, apakah mau rumah tersebut bermasalah 5 sampai 10 tahun mendatang? Tentu saja tidak ingin bukan? Maka dari itu penggunaan material harus diperhatikan dan standar puil listrik di indonesia. Tidak ada salahnya membeli bran kabel harga mahal tapi untuk jangka panjang.


Jaringan instalasi listrik dapat menimbulkan kebakaran

Banyak terjadi musibah kebakaran rumah atau ruko akibat instalasi listrik, salah satu penyebab dari masalah tersebut adalah karena tidak menggunakan standar kabel yang bagus. Seperti yang sudah di jelaskan pada point pertama, bisa saja 10 tahun ke depan rumah anda terbakar karena pada saat pembuatan menggunakan kabel yang tidak sesuai. Sebaiknya berhati-hati karena sudah banyak yang terjadi.


Jaringan instalasi listrik berbahaya membuat cidera hingga kematian

Sama seperti point ke dua, ini juga termasuk musibah yang harus dihindari, salah satunya adalah dengan menggunakan material kabel standar. Contoh kasus kabel kurang bagus akan mudah terkelupas, isolasi kabel tidak berkualitas sehingga tembaga kabel akan mudah terbuka, dari sinilah masalah terjadi, mungkin saja tembaga yang sudah terkelupas menempel di baja ringan atau tiang listrik, dan selanjutnya mengenai manusia.


Terjamin kualitas dan kemudahan dalam pengaplikasian

Apapun produk kualitas baik pasti mudah diaplikasikan, begitu juga sebaliknya, jadi tidak masalah mahal demi keamanan dan waktu pemasangan. Contoh kabel standar yang bagus adalah mudah di kupas dan tidak kaku, jenis kabel seperti ini termasuk kabel bagus dan layak pakai. Jika anda membeli kabel sebaiknya cek pada isolator kabel, apakah ada label SNI.


Itulah tips dan alasan mengapa dalam pemasangan jaringan instalasi listrik harus menggunakan material standar. Semoga blog bisa memberikan informasi  yang bermanfaat untuk anda yang sedang mencari info syarat standar kabel dalam pekerjaan instalasi listrik. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik gedung rumah atau villa segera hubungi kami melalui layanan kontak Wa.

Post a Comment for "Mengapa Jaringan Listrik di Rumah Harus Memakai Kabel Standar"