Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Listrik Jeglek Terus dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Listrik Jeglek Terus dan Cara Memperbaikinya
Kebakaran Listrik

 www.pipindo.com - ingin tau apa penyebab listrik hidup mati? Masalah ini sering terjadi disekitar kita dan dapat di katakan bukan masalah sepele. Banyak dampak negatif yang akan di rasakan jika listrik di dalam rumah sering jeglek atau hidup mati, tidak hanya secara realita terlihat mata, masalah ini juga dapat merusak perangkat di dalam rumah.


Masalah yang umum terjadi adalah pada saat salah satu jalur instalasi di nyalakan, aksi ini akan dapat membuat trip MCB, nah ini akan dapat membuat kita sebagai orang awam kebingungan, jadi mau tidak mau kita harus memanggil teknisi listrik terdekat untuk menyelesaikan masalah ini sedini mungkin.


Tapi ada beberapa orang yang memiliki inisiatif untuk memperbaiki masalah jni sendiri tanpa teknisi. Sebelum anda melakukan eksekusi lapangan ketahui terlebih dahulu apa daja penyebab listrik di dalam rumah sering jeglek atau hidup mati di bawah ini.


Apa Penyebab Listrik Di Rumah Jeglek dan Cara Perbaikannya

Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu asal usul masalah yang timbul, jadi ini akan dapat mempermudah kita, meski pun awam dalam dunia kelistrikan.


Perangkat Lampu Rusak atau Bermasalah.

Banyak material lampu kualitas rendah terjual di pasar, bahkan ada beberapa orang yang coba memanipulasi cover lampu brand terkenal dan mengkombinasi perangkat rakitan sendiri, dari sisi skema elektronik perangkat sama seperti asli, tapi untuk kualitas jauh berbeda.


Lalu bagaimana menyikapi masalah ini? Kami sarankan selalu menggunakan produk terkenal. Karena ini bukan untuk pemakaian 1 minggu sampai 2 minggu. Sebaiknya ganti dengan unit lampu baru dan pastikan lampu tersebut tertera merk lampu terkenal seperti Philips misalnya.


Instalasi Listrik Tertanam Lalu Terbakar

Di lapangan, kami selalu menemukan masalah seperti ini, dan ini bukan masalah mudah, banyak orang beranggapan jika instalasi tertanam akan sangat menguntungkan, dari segi biaya dan keamanan karena tertutup rapat. Tapi inisiatif tersebut justru dapat jadi bomerang di masa depan, ingin tahu kenapa?


Kabel listrik sama saja seperti manusia, ia juga membutuhkan udara sebagai sarana pelepasan setelah energi listrik di alirkan ke beban dari sumber listrik. Apakah anda pernah merasakan panas pada saat menyentuh isolator kabel? Pasti iya bukan, ini laha alasan mengapa instalasi listrik sangat tidak di sarankan tertanam.


Solusi terbaik dari masalah ini adalah mengganti instalasi dengan yang baru, dan instalasi harus berada di luar cor beton, keuntungannya adalah instalasi tidak akan mudah terbakar seperti kasus di atas dan maintenance lebih mudah karena tidak perlu bobok bobok beton.


Beban Berlebih atau Terlalu Banyak Perangkat Hidup

Ada apa saja perangkat elektronik di rumah anda? Televisi, kulkas, mesin cuci, ac, pompa dan masih banyak lagi. Jika anda menggunakan daya PLN 2 amper atau setara dengan 440 watt, pada saat semua perangkat di atas on listrik di rumah anda pasti akan mudah jeglek.


Solusi masalah ini adalah mengurangi pemakaian perangkat atau menambah daya listrik PLN di rumah kita. Tapi ada beberapa orang yang masih saja melakukan kecurangan seperti mencuri listrik langsung, ini bukan perkara kecil, jika faktor kesengajaan, orang tersebut bisa saja terkena denda dan sampai di penjara.


Ulasan di atas adalah beberapa masalah yang sering kami temukan di lapangan, mungkin dapat membantu anda yang saat ini sedang kesulita memperbaiki instalasi listrik di dalam rumah.

Post a Comment for "Penyebab Listrik Jeglek Terus dan Cara Memperbaikinya"