Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Netral dan Ground Dalam Instalasi Listrik Arus Bolak Balik

Perbedaan Netral dan Ground Dalam Instalasi Listrik Arus Bolak Balik

 Dalam jaringan instalasi listrik ada 3 jenis arus yang di gunakan, yaitu Phase atau Api listrik, Netral atau Nol dan Grounding Arde atau disebut juga dengan instalasi pentanahan. Satu kabel mewakili satu arus dan jika salah satu kabel bertemu satu sama lain akan terjadi short, ini belaku dalam sistem listrik AC (arus kuat) maupun DC (arus lemah/arus searah).


Namun di ulasan kali ini kita akan membahas apa itu perbedaan antara Grounding dan Netral. Apakah keduanya bisa di sebut sama atau sama-sama memiliki tugas penting namun berbeda dalam sebuah rangkaian listrik arus bola balik? Simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari info perbedaan Netral dan Grounding listrik.


Perbedaan arus Netral dan Grounding dalam kelistrikan

Jaringan instalasi listrik satu phase terdapat tiga jenis tembaga kabel yang sering digunakan yaitu Phase Netra Dan Grounding. Ketiga kabel ini memiliki fungsi masing masing. Simak perbedaannya Netral dan Grounding dibawah ini:


Kabel Netral atau 0

Kabek ini identik dengan kode warna Biru di dalam jaringan instalasi listrik arus bolak balik. Kabel netral adalah kabel yang pada daat kita sentuh tidak ada listrik sama sekali atau mendekati (0). Pada saat bertegangan antara kabel Phase dan Netral sedang dipergunakan sebagai energi mekanik beban, kabel Netra sama sekali tidak akan ada tegangan listrik, anda dapat membuktikannya dengan menggunakan Tespes listrik.


Kabel Grounding / Arde Pentanahan

Berbeda dengan kabel Netral yang bersumber dari pembangkit listrik, kabel grounding tidak bersumber dari komoponen yang sama atau transformator. Kabel grounding terpisah dengan kabel Netral maupun Phase, kabe arde tertanam langsung ke tanah untuk melindungi instalasi dari gagal isolasi sebuah jaringan instalasi listrik. Jadi sekali lagi ke tiga kabel tersebut tidak dapat di jadikan satu karena sudah sesuai PUIL pln.


Bagi anda yang sedang mencari jasa pemasangan instalasi listrik, segera hubungi kami untuk mengajukan penawaran. Melayani jasa instalasi listrik pemasangan baru maupun renovasi, melayani jasa pemasangan grounding gedung dan penangkal petir. 

Post a Comment for "Perbedaan Netral dan Ground Dalam Instalasi Listrik Arus Bolak Balik"