Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stop kontak berbunyi apakah berbahaya ? Simak penjelasannya

Stop kontak berbunyi apakah berbahaya ? Simak penjelasannya
Amazon Store

 Stop kontak memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan stop kontak kita dapat melakukan banyak hal seperti sebagai terminal listrik alat elektronik atau mesin produksi. Tapi tidak selamanya stop kontak dapat bekerja dengan baik atau normal, bisa saja karena benturan dan umur stop kontak harus diperbaiki bahkan diganti dengan yang baru.


Stop kontak pada umumnya memiliki 2 sampai 3 lubang yang masing masing berfungsi sebagai Netral atau 0, Phase atau Api listrik dan Grounding pentanahan. Lalu kenapa terkadang stop kontak berbunyi pada saat kita masukkan steker, atau meski tidak kita gunakan stop kontak berdesis seperti ada lercikan listrik? Simak ulasan berikut ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.


Penyebab stop kontak bunyi seperti korsleting listrik

Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan stop kontak berbunyi, memang sepele dan sering tidak di hiraukan, akan tetapi jni sangat berbahaya, resiko dari masalah ini dapat menibulkan musibah. Simak beberapa ulasan mengapa stop kontal sering bunyi pada saat digunakan.


Stop kontak sudah tidak layak pakai dan harus ganti baru

Stop kontak yang sudah berumur sevaiknya harus diganti baru, mengingat kita harus kontak langsung jika ingin menggunakannya dan ini sangat membahayakan. Di dalam stop kontak terdapat 2 sampai 3 koneksi, jika sudah rusak atau rapuh, ke 3 diantaranya akan dapat menempel satu sama lain yang dapat menimbulakn bungi seperti listrik korslet, jika dibiarkan akan dapat menimbulkan kebakaran.


Tembaga konektor stop kontak terlepas

Selain rusak, tembaga konektor didalam stop kontak kendor pun juga dapat menimbulkan masalah serius, apa yang akan terjadi jika ini dibiarkan? Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, tentu saja resiko fatalnya adalah kebakaran. Untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan cara membongkar stop kontak lalu diperbaiki, seperti mengencangkan baut pengait antara body stop kontak dan tembaga konektor.


Kualitas stop kontak kurang bagus atau tidak SNI

Banyak diantaranya produsen stop kontak yang terlalu menyepelekan keselamatan pengguna, jadi se enaknya saja membuat atau memproduksi stop kontak tersebut. Jadi dari sini kita yang akan dirugikan, saran kami pada saat membeli stop kontak, ada baiknya cek bran atau merk stop kontak dahulu, seperti merk sceneider, broco atau panasonic. Jadi dari sini kita akan dapat menggunakan stop kontak yang aman dan berkualitas agar tidak berbunyi.


Sekali lagi, kami tidak menakut-nakuti, mengapa stop kontak berbunyi itu sangat berbahaya? Karena seperti yang kita ketahui didalam stop kontak terdapat aliran listrik yang bisa membahakan manusia. Banyak sudah terjadi diluar sana kasus kebakaran dan kasus orang meninggal berawal dari stop kontak yang bervunyi tapi dihiraukan.

Post a Comment for "Stop kontak berbunyi apakah berbahaya ? Simak penjelasannya"