Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Akibat Kabel Listrik Tidak Di Pipa Conduit Saat Instalasi

 Instalasi listrik sering bermasalah, hidup mati sendiri / listrik boros? Padahal pemakaian sedikit. 


Pada dasarnya dalam menerapkan pemasangan instalasi listrik itu mudah, hanya saja sedikit membutuhkan modal untuk membeli keperluan material yang dibutuhukan.


Mudah tapi kenyataannya banyak instalasi listrik dalam sebuah gedung atau rumah tidak menggunakan pipa pelindung yaitu pipa listrik. 


Ini adalah kesalahan fatal yang harus dihindari, menvingat masalah besar kebanyakan terjadi pada titik ini. Simak ulasan berikut, tentang beberapa kerugian jika kabel listrik tidak menggunakan pipa conduit.


3 Kerugian Yang Akan di Dapat Jika Kabel Listrik Tidak Menggunakan Pipa

3 Akibat Kabel Listrik Tidak Di Pipa Conduit Saat Instalasi
Pipa Conduit

1. Kabel Listrik Cepat Rusak dan Kusam

Tidak selamanya kabel listrik akan bisa digunakan, ada masa dimana harus melakukan pergantian kabel, 5 tahun sekali sampai 10 tahun sekali. Kenapa harua dilakukan? Untuk menjaga keamanan pengguna gedung. 


Kabel listrik wajib menggunakan pipa isolasi demi keamanan, selain itu juga akan dapat membuat kabel listrik awet, coba bandingkan kabel terpipa dan tidak, pasti kabel menggunakan pipa lebib awet ketimbang tanpa pipa isolasi.


2. Kabel Listrik Akan Mudah Di Makan Tikus

Sepel memang masalah ini, tapi sering bukan kita melihat kabel tanpa pipa isolasi rontok dimakan hewan, ya itu adalah tikus rumah / liar. 


Selain akan dapat membuka pvc kabel, bahanyanya jika tembaga yang kelihatan menempel di rangka plafon, ini akan dapat membahayakan kita pada saat melakukan aktivitas, contoh ingin mngganti lampu, memperbaiki plafon / sekedar cek plafon melalui main hole.


3. Kabel Akan Mudah Terjadi Korsleting Listrik

Korsleting adalah penyakit instalasi yang dapat membuat kita jengkel, saat sedang seru-serunya melihat Live Moto Gp Mandalika Lombok listrik rumah padam.


Dan parahnya kabel yang korsle berada di dalam dinding, akan seperti apa kita memperbaikinya, tentu ini akan menyusahkan, tidak mungkin saat itu juga melakukan service, ada banyak tahap yang harus dikerjakan untuk membenahi kerusakan tersebut. Bobok dinding, instalasi ulang dan perapian.


Itu lah 3 kerugian yang dapat membuat kita tidak nyaman jika instalasi listrik dalam rumah tanpa menggunakan pipa conduit. Sangat tudak disarankan kabel listrik aktif di lokasi umum seperti rumah gedung dan perkantoran telan*ng tanpa isolasi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, akan dapat membahayakan pemiliki rumah / gedung nantinya.

Post a Comment for "3 Akibat Kabel Listrik Tidak Di Pipa Conduit Saat Instalasi"