Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penyebab Rusaknya Kabel Cctv dan Solusinya

3 Penyebab Rusaknya Kabel Cctv dan Solusinya
lapak.utamacomputer.com

 Kabel CCTV merupakan salah satu material utama yang digunakan dalam instalasi CCTV rumah maupun gedung. Dengan bantuan kabel, CCTV dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Tugas kabel CCTV adalah sebagain jalan atau pengirim gambar, suara maupun power listrik DC dari DVR NVR atau UVR ke Unit kamera CCTV.


Ada beberapa jenis kabel CCTV yang dapat di gunakan dalam instalasi, mulai dari kabel berwarna putih, hitam atau abu abu. Meskipun beda type tapi fungsi dan kegunaannya bertujuan sama, yaitu untuk mengirim gambar, sinyal suara dan power listrik arus lemah dari unit camera ke perangkat DVR dan monitor.


Di bawah ini kita akan mengulas apa saja penyebab kabel CCTV cepat rusak atau rapu. Karena ini adalah masalah yang sering kami temukan dilapangan dan hampir setiap kerusakan instalasi CCTV berawal dari kabel yang terpasang. Simak ulasan ini sampai selesai.


3 Faktor Kenapa Kabel Coaxial CCTV Cepat Rusak

Sebelum kami jelaskan lebih jauh, kita ketahui terlebih dahulu karakteristik kabel Coaxial CCTV. Kabel ini identik dengan warna putih 3 buah yang diantaranya adalah 1 kabel pengirim hambar dan suara, seperti kabel antena TV dan 2 adalah kabel power DC kecil. Meski kabel ini teebilang kuat, tapi tetap saja rusak jika ceroboh dalam pengaplikasian. Berikut 5 faktor penyebab kabel coaxial mudah rusak.


Kabel Coaxial CCTV tidak terisolasi dengan baik

Sering kita temukan kabel coaxial terpasang tanpa menggunakan pipa pelindung atau pipa conduit. Sepele memang tapi ini akan sangat merugikan kita ssbagai pemilik. Memang jenis kabel coaxial sangat kuat tapi akan lebih baik jika mengeluarkan budget sedikit untuk membeli pipa conduit dan difungsikan sebagai isolasi kabel utama setelah kulit kabel itu sendiri.


Kabel Cctv Kurang Bagus

Material apapun jika memang memiliki kualitas baik, pasti akan dapat menguntungkan pmiliknya. Termasuk kabel CCTV sendiri, jika anda menggunakan kabel tidak bagus, manfaatnya tidak akan lama, bisa jadi hanya 1 sampai 2 tahun anda melakukan perbaikan kabel. Normalnya jika menggunakan kabel bagus instalasi CCTV akan dapat digunakan lebih dari 5 7 tahun.


Instalasi Kabel CCTV tidak Terpasang Dengan Benar

Ada baiknya pemasangan instalasi CCTV dikerjakan oleh teknisi berpengalaman, ada teknis pemasangan yang wajib dilakukan agar dapat menguntungkan pengguna. Contoh penarikan kabel tidak dilakukan dengan baik, tidak lurus misalnya atau terbelit-belit. Ini akan berdampak buruk jika dibiarkan, serat kabel akan cepat rusak dan dapat membuat kualitas gambar tidak bagus atau mungkin CCTV akan sering padam.


Tiga point diatas adalah kerusakan kabel CCTV yang sering kami temui dilapangan, dan ini adalah contok masalah serius dan harus segera ditangani. Jika terjadi masalah pada jaringan kabel instalasi, dapat dipastikan record CCTV akan tertunda. Segera hubungi teknisi terdekat untuk melakukan perbaikan secepat mungkin.

Post a Comment for "3 Penyebab Rusaknya Kabel Cctv dan Solusinya"