Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Pasang Pipa Listrik Instalasi Lampu Taman

5 Cara Pasang Pipa Listrik Instalasi Lampu Taman
House Beautiful

 Listrik merupakan energi yang tidak dapat terpisahkan dari kita, dengan adanya listrik kita dapat melakukan banyak hal. Akan tetapi listrik juga dapat membahayakan jika tidak terpasang dengan baik. Contoh instalasi listrik tanpa menggunakan pipa conduit atau pipa isolasi pvc yang dapat melindungi kabel saat mengalirkan listrik dari sumber ke beban.


Apa lagi jika instalasi listrik diaplikasikan diluar ruangan, pada situasi ini sangat diwajibkan isolasi pipa conduit. Bahkan pemasangan kabel didalam ruangan pun harus menggunakan pipa, apa lagi untuk outdoor. Di sini kita akan bahas tentang bagaimana instalasi kabel listrik dengan pipa untuk luar ruangan, lebih tepatnya tertanam dibawah tanah.


5 Tips Pasang Pipa Listrik di Luar Ruangan yang Baik dan benar

Instalasi kabel bawah tanah, biasaya digunakan untuk jalur lampu taman, penyebab mengapa menggunakan media bawah tanah asalah karena mayoritas taman tidak ada dinding untuk perayapan jalur kabel. Seandainya menggunakan tiang penyangga, keindahan taman akan berkurang, taman tidak akan alami terlihat berantakan. Syarat dan Cara Pemasangan Pipa Conduit bawah tanah


1. Gunakan Pipa Conduit Berkualitas

Saat ini banyak produsen pipa menciptakan produk pipa listrik berkualitas berukuran 20mm dengan panjang 2,9 meter sampai 3 meter. Anda dapat meminta rekomendasi pipa listrik terbaik di toko terdekat, atau hubungi call center produsen pipa berkualitas. Karena kami pemain dilapangan, kami sangat merekomendasikan pipa Legrand / Lesso sebagai pipa isolasi kabel listrik di proyek anda, karena kedua brand pipa ini sudah sering kami gunakan.


2. Periapkan Skema Gambar Jelas dan Akurat

Pada taham ini anda dapat bekerjasama dengan arsitek / drawing bangunan untuk meminta rekomendasi jalur instalasi luar ruangan nantinya. Kenapa? Banyak kasus terjadi instalasi Kabel taman bermasalah, hak paten gambar instalasi outdoor harus ada, karena ketika ada masalah akan mudah terselesaikan. Contoh akan ada perbaikan yang mengharuskan menggali tanah disekitar jalur kabel, maka tugas teknjsi adalah memastikan apakah pada titik tersebut digunakan untuk lalu lalang kabel listrik.


3. Gunakan Merk Kabel Listrik Berkualitas Baik

Kabel listrik adalah media utama untuk menghantarkan energi listrik dari sumber ke beban. Kriteria kabel terbaik untuk instalasi bawah tanah adalah jenis kabel NYY berwarna Hitam. Jadi jika anda melihat instalasi listrik taman kota menggunakan kabel NYM berwarna putih, tidak ada salahnya lapor ke pemerintah kotabsetempat, kenapa? Karena ini akan membahayakan kita sebagai pengguna sarana umum seperti taman kota, jika terjadi kecelakaan, siapa yang akan bertanggung jawab.


4. Gunakan Lem Pipa disetiap Sambungan Sock dan T dus

Banyak orang tidak sadar jika sock sambungan pipa conduit akan mudah terlepas jika berada didalam tanah, sama halnya ketika ujung pipa terpasang ke T dus listrik. Selain terlepas, potensi air masuk juga besar, bisa dibayangkan jika air masuk ke dalam T dus sambungan kabel, ini akan dapat membuat korsleting listrik dan otomatis listrik taman akan padam. Kerusakan instasi bawah tanah lebih rumit jika dibandingkan dengan instalasi di dalam ruangan.


5. Gunakan Bak Kontrol dan Media Resapan Air Untuk Hujan

Seperti yang sudah dijelaskan, resiko kerusakan instalasi listrik outdoor sangat rumit diselesaikan. Jadi selalu kami tekankan ke teknisi kami dilapangan untuk melakukan inovasi sebaik mungkin. Seperti menambahkan Bak kontrol disetiap group sambungan T dus lebih dari 1 buah, ini sangat manjur untuk mengatasi problem instalasi listrik taman. Jika ingin lebih aman, anda dapat menambahkan media resapan untuk berjaga-jaga jika lokasi taman terendam banjir.


Tambahan dari kami, selain spesifikasi material dan teknis kerja lapangan, anda juga wajib menggunakan jasa kontraktor listrik taman berpengalaman. Saat ini banyak vendor yang menyediakan jasa melalui online atau mungkin disekitar anda banhak perusahaan dengan kriteria diatas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Pasang Pipa Listrik Instalasi Lampu Taman"