Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Charger USB hp Makna Fungsi Dan Kegunaannya

Arti Warna Kabel Charger USB hp Makna Fungsi Dan Kegunaannya
cmple.com

 Kabel merupakan media pengahantar arus listrik AC maupun DC, dan untuk USB adalah jenis listrik DC atau arus lemah. Berbeda dengan listrik dari merteran PLN yaitu AC arus kuat. Disini kita akan membahas makna warna kabel charger atau USB yang hampir setiap hari kita gunakan sebagai media perantara mentrasfer listrik ke batrai hp.


Masalahnya ada banyak jenis USB charger yang sering kita lihat, biasanya menyesuaikan tipe Hp. Ada yang gepeng kecil, gepeng besar, lonjong kecil maupun lonjong besar. Sebenarnya sama saja, fungsi utama kabel USB adalah untuk mentransfer listrik DC dari charger ke hp maupun untuk mentrasfer data dari komputer ke hp, begitu juga sebaliknya.


Makna Warna dan Fungsi Kabel Charger Hp

Umum kita lihat kabel Charger memiliki empat kabel serabut yang terbungkus isolasi plastik PVC dibagian luar. Tapi tak selamanya kabel Charger USB dapat bekerja dengan baik. Mungkin karena umur dan sudah sering digunakan, keadaan kabel menjadi rusak bahkan putus. Punya ide ingin melakukan perbaikan dengan cara menyambung sendiri? bingun Kabel USB plus minus warna apa? Simak ulasan ini sampai selesai.


Arti Warna Kabel USB Hijau dan Putih

2 kabel ini sering terlihat pada kabel Charger jika kita bongkar, lalubapa fungsi dari ke dua kabel ini. Kabel Hijau biasanya digunakan untuk trasfer data / memiliki fungsi (-) dan Putih adalah kabel trasfer data (+).


Arti Warna Kabel USB Merah dan Hitam

Jika ke dua kabel sebelumnya adalah murni sebagai instal data untuk transfer bolak balik. Sisa 2 kabel ya itu Merah dan Hitam dan memiliki arti, kabel Merah merupakan (+) power Dc dan Hitam merupakan (-) atau ada juga yang menyebut Grounding.


Sebenarnya warna bukanlah patokan untuk menentukan mana kabel - atau +. Bagi teknisi secara sistem arus listrik dapat diidentifikasi menggunakan multitester analog maupun digital. Karena berhubungan dengan Hp yang mungkin beresiko kerusakan serius. Kami sarankan jika kabel Charger rusak beli baru jangan disambung karena sangat beresiko.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Charger USB hp Makna Fungsi Dan Kegunaannya"