Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan dan Contoh Instalasi Listrik Rumah Minimalis Sederhana

 Memiliki rumah minimalis adalah idaman setiap orang. Simak tips bagaimana cara membuat instalasi listrik sederhana agar hunian tetap aman nyaman dan tahan lama meskipun sudah puluhan tahun digunakan.


Instalasi listrik adalah sebuah seni teknik yang befungsi untuk menciptakan sistem keamanan dan kerapian jaringan kabel listrik maupun pemilihan kualitas material yang akan digunakan. Penerapan pekerjaan ini juga harus menggunakan jasa teknik pengalaman dan sertifikat.

Aturan dan Contoh Instalasi Listrik Rumah Minimalis Sederhana

Membicarakan rumah minimalis, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan pada saat akan mengerjakan instalasi listrik, seperti persiapan gambar, pemilihan material dan pelaksanaan dilapangan. Tiga sesi tersebut tidak boleh disepelekan mengingan instalasi listrik dapat membahayakan jika salah prinsip.


Dibawah ini adalah contoh dan syarat - syarat pemasangan instalasi listrik rumah minimalis yang mungkin dapat anda jadikan pedoman pada saat membangun rumah nantinya.


Gambar Instalasi Listrik Rumah Minimalis

jayawan.com

Pada umumnya instalasi listrik rumah minimalis hanya membutuhkan titik penerangan dan titik - titik stop kontak secukupnya, seperti pada gambar diatas, hanya ada 10 sampai 15 titik lampu dan beberapa stop kontak yaitu didalam kamar tidur, area dapur dan ruang tamu, kiranya ini sudah cukup untuk desain rumah minimalis namun tetap menyesuaikan kebutuhan.


Instalasi Listrik Harus Terisolasi Pipa Conduit

Kenapa? Agar aman dan tidak mudah rusak, pipa listrik berfungsi untuk melindungin kabel listrik dari gangguan hewan dan alam. Perbandingan kabel terpipa dan tidak memakai pipa sangat jelas beda jauh, kabel listrik terpipa dapat bertahan hingga puluhan tahun bahkan bisa sampai 50 tahun pemakaian, namun sebaliknya jika tanpa pipa 10 sampai 20 tahun saja pasti akan rusak dan butuh perbaikan.


Kabel Listrik Harus Standar Sni Kw 1

Salain terisolasi pipa, pemilihan kabel listrik untuk rumah minimalis juga wajib diperhatikan, mengingat rumah tidak digunakan untuk 5 tahun saja. Meski kabel sudah terisolasi pipa conduit, resiko kerusakan bisa saja terjadi jika salah menggunakan kabel, lebih tepatnya kabel listrik tidak baik, harga murah dan tidak merk terknal. Kami sendiri sebagai kontraktor sangat tidak merekomendasikan memakai kabel kualitas rendah karena rawan rusak.


Gunakan Peralatan Instalasi Listrik Berkualitas Baik

Saat ini banyak beredar material listrik abal - abal atau kualitas tidak baik, dampak dari masalah ini akan dapat membuat kita sebagai pemilik rumah rugi dalam jangka pendek nantinya, peralatan yang diharapakan dapat digunakan sampai 30 tahun, 5 tahun saja sudah rusak, dan ini bukan masalah mudah, karena solusi terbaik adalah mengganti peralatan listrik sampai mengeluarkan biaya lagi seperti pada saat pembuatan.


Gunakan Jasa Tukang Listrik Berpengalaman dan Bersertifikat

Tidak ada yang menyanhka jika hanya kurang jeli dalam penyambungan kabel saja dapat mempengaruhi pemakaian listrik, lebih tepatnya listrik didalam rumah jadi boros. Ini lah manfaat dari memakai jasa tukang berpengalaman, segala macam teknik pemasangan kabel, aksesoris dan perhitungan pasti akan difikirkan dengan jeli demi mendapatkan hasil instalasi listrik berkualitas dan awet hingga puluhan tahun.


Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik rumah minimalis, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs. Dapatkan harga murah, free konsultasi dan survei ke lokasi proyek. Keuntungan bekerjasama dengan kami adalah tetap dapat menggunakan material berkualitas namun bisa menyesuaikan budget.

Post a Comment for "Aturan dan Contoh Instalasi Listrik Rumah Minimalis Sederhana"