Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menghemat Listrik Paling Efektif ? Simak Penjelasannya

Bagaimana Cara Menghemat Listrik Paling Efektif ? Simak Penjelasannya
Hemat Listrik

 Listrik adalah sebuah energi yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya listrik disekitar, kita dapat melakukan banyak hal, segala sesuatu menjadi mudah. Apa jadinya jika kita hidup tanpa listrik, aktifitas serba lama, produksi pabrik terlambat atau jalan umum gelap karena tidak ada lampu penerangan.


Banyak cara dilakukan orang agar dapat hemat, tak jaran kita mendengar ada apat hemat listrik atau media penurun pemakaian listrik di rumah. Entah benar atau tidak, yang pasti kami sendiri belum yakin listrik dapat hemat dengan sebuah alat. Dibawah ini akan dibahas bagaimana cara terbaik agar hemat listrik.


5 Cara Hemat Listrik Hemat Listrik di Rumah dan Kantor

Bagaimana Cara Menghemat Listrik Paling Efektif ? Simak Penjelasannya

1. Gunakan Lampu Seperluanya

Ini adalah cara paling bagus untuk mengurangi pemakaian listrik dirumah, karena realita dilapangan banyak orang yang tidal peduli dengan yang namanya lampu hidup. Kadang seseorang membiarkan lampu rumah menyala satu hari penuh tanpa dimatikan. Mungkin anda adalah salah satu orang yang melakukannya, segera kurangi kebiasaan buruk membiarkan lampu hidup sepanjang hari.


2. Matikan Ac Mesin Pendingin Ruangan Jikas Sudah Tidak di Gunakan

Unit Ac adalah perangkat yang mungkin menjadi penyebab kenapa listrik rumah boros. Tidak ada salahnya menggunakan Ac berjam jam, akan tetapi mengurangi Pemakaian Ac akan lebih baik dan ini adalah solusi terbaik hemat listrik. Jika 1 unit Ac 1pk adalah 750 watt hidup selama 1 jam, 12 jam Ac beroperasi akan memakan biaya sekitar Rp. 2.500 kali sebulan. Hemat lebih baik.


3. Hindari Charger Menancap di Stop Kontak Saat Tidak Terpakai

Jangan sepelakan hal ini, sering kita melihat cas hp masih menancap distop kontak, padahal sudah tidak digunakan. Selain dapat membuat pemakaian listrik bertambah, kebiasaan buruk ini juga dapat membuat Charger hp cepat rusak. Maka dari ini sekali lagi segera hilangkan kebiasaan buruk ini, dan tanamkan kepada orang disekitar kita juga.


4. Pastikan Listrik Tidak di Curi Tetangga

Sebenarnya ini masuk ke rana kejahatan, tapi kenyataannya banyak orang yang masih melakukannya meski sudah ada beberapa yang disidak oleh petugas PLN. Trik ini sangat manjur untuk hemat listrik di rumah tapi boros untuk rumah tetangga. Jika plafon rumah anda jadi satu dengan tetangga, cek segera apakah ada kabel mencurigakan tersambung ke salah satu kabel listrik dari rumah, jika iya segera putus menggunakan tang listrik.


5. Gunakan Lampu Hemat Energi Terbaik

Saat ini toko-toko listrik banyak menyediakan lampu hemat energi seperti jenis lampu led. Ini sangat manjur sebagai pengganti lampu pijar yang terkenal boros, pemakaian listrik lampu pijar 3 kali lipat lebih boros jika dibandingkan dengan lampu led. Harga lampu led juga terbilang murah awet dan hemat listrik.


Semoga bermanfaat, 5 tips diatas sering kami terapkan dan instruksikan kepadan orang disekitar lokasi kerja dan rumah, menerapakan disiplin menggunakan energi listrik adalah solusi terbaik untuk hemat listrik tanpa peralatan yang belum tentu benar adanya. Jika anda ingin konsultasi masalah kelistrikan, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situ / Komen dikolom bawah situs.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Menghemat Listrik Paling Efektif ? Simak Penjelasannya"