Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Box Panel Listrik Rumah Di Tembok / Partisi Gypsum

Cara Pasang Box Panel Listrik Rumah Di Tembok / Partisi Gypsum
Box Panel Listrik Rumah

 Lemari listrik / Box panel listrik adalah sebuah media yang digunakan untuk terminal utama dalam sebuah instalasi listrik. Ada banyak jenis lemari listrik saat ini dan bahan pembuatan yang digunakan harus safty aman seperti fiber glas, besi, plastik dan almunium. Ukuran box panel listrik bisa menyesuaikan kebutuhan dan tentunya murah.


Ada dua jenis box panel yang mumum digunakan dalam instalasi listrik yaitu panel indoor dan outdoor. Seperti namanya, fungsi panel indoor adalah untuk pemasangan panel didalam rumah / gedung, sangat tidak disarankan terpasang diliar ruang. Dan panel outdoor adalah panel yang digunakan untuk proteksi diluar ruangan, spesifikasi panel ini mampu bertahan pada cuaca panas, dingjn bahkan anti air.


Tahap pemasangan box panel listrik dapat dilakukan sendiri tanpa menggunakan jasa teknjsi listrik. Oleh sebab itu simak ulasan ini sampai selesai agar mangerti langkah-langkah cara pasang lemari listrik ditembok untuk kebutuhan keamanan instalasi listrik didalam rumah anda.


Tip Pasang Box Panel Listrik Sendiri Tanpa Teknisi

Cara Pasang Box Panel Listrik Rumah Di Tembok / Partisi Gypsum
Mcb Panel Listrik

Menpersiapakan Material dan Peralatan Kerja

Material utama yang wajib disiapkan adalah box panel listrik beserta komponen didalamnya, contoh akan pasang panel listrik 3 phase berukuran 80x60x20. Selanjutnya adalah peralatan seperti gerinda, palu bobok, obeng besar, meteran, penggaris, waterpas dan alat pembersih seperti kuas, semen, pasir, kain kering dan ember kecil.


Pemilihan Titik Lokasi Penempatan Box Panel Listrik

BoX panel indoor tidak disaran terpasang diluar ruangan, tidak terpapar langsung oleh sinar matahari, jauh dari air dan genangan air tidak lembab. Resiko salah memilih lokasi pemasangan panel bisa berakibat fatal, jika komoponen panel terkena air maka akan dapat terjadi ledakan atau terbakar. Pilih lah lokasi setrategis, yaitu dekat dengan instalasi, jauh dari air dan kelembapan.


Tahap Pengukuran Tembok

Gunakan meteran untuk mengukur lokasi yang akan menjadi titik pemasangan box panel listrik. Seperti yang sudah disebutkan panel yang akan dipasang adalah 80x60x20 yang artinya panjang panel adalah 80cm lebar 60cm dan lebar dalam 20cm. Ambil ukuran ditembok sesuai spesifikasi panel tersebut.


Proses Bobok Tembok / Dinding

Setelah mendapatkan ukuran box panel, masuk ke tahap pembobokan dinding, gunakan gerinda tangan untuk membuat lubang, kedalaman panel menyesuaikan ukuran. Ukuran panjang dalaman 20cm maka akan lebih baik jika bobokan 10cm sampai 15cm. Kenapa tidak diratakan? Jika dilakukan tembok akan jebol ke belakang, dari sisi kerapian pemasangan box panel akan lebih bagus jika ada sisa menonjol dari tembok antara 5cm sampai 3cm.


Pemasangan Box Panel Listrik

Setelah proses pembobokan selesai masuk ke tahapa pemasangan box panel, sebelum penguncian box panel dengan semen, sebaiknya ganjal sela panel menggunakan kayu kecil / batu, selanjunya gunakan waterpas untuk mendapatkan center kerataan panel, jangan sampai miring, karena tidak akan sedap dipandang mata, jika sudah kuat barulah penguncian box panel melalui sela-sela menggunakan semen yang sudah disiapkan dalam bentuk adonan basah, jangan lupa disiram air agar kuat meresap.


Perapian Box Panel

Stelah terpasang dan terkunci menggunakan semen basah, tunggu antara 1 hari sampai 2 hari agar kering 100%. Karena jika tidak kering panel akan mudah lepas pada saat sedang ada pekerjaan perapian kabel didalamnya. Anda dapat memanfaatkan kain kering untuk membersihkan bekas kotoran seman badah di sisi-sisi box panel. 


Penutup

Pemasangan Box panel rumah sangat mudah, mungkin anda sebagai owner penasaran ini melakukan pekerjaan ini sendiri tanpa teknisi, ikuti langkah langkah diatas dan semoga bermanfaat. Jika membutuhkan jasa pemasangan panel listrik dan jaringan intalasi listrik terdekat. Segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situ ini. Survei dan konsultasi gratis tanpa ada biaya sedikitpun.

Post a Comment for "Cara Pasang Box Panel Listrik Rumah Di Tembok / Partisi Gypsum"