Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Colokan Listrik / Steker Sendiri 3 Kabel

 Setalah selesai pindahan rumah, tidak semua peralatan dapat kita bawa, termasuk colokan listrik. Terkadang orang lebih berfikir beli beli baru dari pada membawa barang lama, tapi tidak apa-apa karena harga di toko listrik murah, cukup 10rb sampai 20rb saja sudah dapat memiliki material tersebut.


Colokan listrik adalah salah satu suport untuk dapat menggunakan energi listrik dari sumber ke beban melalui media stop kontak. Ada stop kontak pasti juga alat tersebut, karena memang satu set untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini kami akan memberikan langkah-langkah memasang colokan yang benar dan aman tanpa tukang.


Cara Memasang 3 Kabel Ke Colokan Listrik

Cara Pasang Colokan Listrik / Steker Sendiri 3 Kabel
Colokan Listrik

Langkah pertama adalah peastinya material yang diperlukan harus ada, dan alat kerja sederhana seperti obeng plus dan min kecik. 


Langkah pertaman adalah membongkar skrup colokan biasanya ada satu di tengah, coba simak pada gambar di atas, lepas skrup menggunakan obeng kecil, lalu kendorkan dua konektor L N dan G yang ada di dalam colokan, fungsi dari konektor tersebut adalah untuk mengaitkan tembaga kabel agar arus listrik dapat disalurkan.


Selanjutnya ada kupas kabel NYM yang sudah disiapkan, kabel NYM memiliki 3 kabel tembaga didalamnya yang masing-masih terbungkus dengan pvc kabel berwarna, yaitu merah kuning dan biru, merah adalah phase api listrik, kuning grounding dan biru merupakan netral atau nol.


Kupas kulit kabel utama bagian luar sekitar 4cm sampai 5cm, selanjutnya kupas 3 kabel didalamnya 5mm sampai 10mm cuku, jangan terlalu panjang karena akan dapat menyentuk konektor lain. Selanjutnya pasang kabel yang sudah dikupas ke colokan listrik, L dan N bebas kana bisa atau kiri, sedangkan untuk grounding ada di bagian tengah.


Langkah terakhir adalah menutup kembali colokan seperti semula kencangakan dengan skrup. Jika colokan tersebut untuk kipas angis, masukkan colokan listrik ke stop kontak agar mendapatkan arus listrik, jika berhasil kipas angin akan berputar normal kembali. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Pasang Colokan Listrik / Steker Sendiri 3 Kabel"