Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Lampu Gantung Minimalis Ruang Tamu

Cara Pasang Lampu Gantung Minimalis Ruang Tamu
pinterest.com

 Lampu adalah sebuah peralatan listrik yang kita gunakan untuk media penerangan sebuah ruangan. Banyak jenis lampu yang tersedia, mulai dari lampu sorot, lampu pijar, lampu downlight dan termasuk lampu hias atau lampu gantung. Disini kita akan membahas cara mudah memasang dan memilih lampu hias ruang tamu paling berkualitas.


Lampu gantung minimalis adalah perangkat lampu yang menggantung di langit-langit plafon atau dak cor, menggantung dibantu dengan media rantai atau kabel dan memiliki fungsi sebagai penghias sebuah ruangan. Sebuah rumah jika terpasang lampu ini akan terkesan mewah dan megah. Tapi saat ini sudah banyak rumah-rumah biasa yang mulai menggunakan lampu gantung sebagai penghias.


Cara pasang lampu gantung tidak semudah ketika memasang lampu biasa seperti DownLight atau Lampu dinding yang hanya membutuhkan suport material sedikit, sedangkan jika ingin memasang lampu hias, banyak sekali material bantu dan suport peralatan yang harus dipersiapkan. Contoh mudah adalah tangga lipat 3 meter untuk meraih palfon tinggi, alat ini saja tidak banyak orang memiliki.


Cara Mudah Pasang Lampu Gantung Minimalis Ruang Tamu di Plafon

Silahkan ikuti tips di bawah ini, tapi jika masih kesulitan anda dapat mencari tukang listrik terdekat untuk mendapatkan bantuan pemasangan lampu gantung.


Mempersiapkan Peralatan dan Material Lampu

Adapun material yang dibutuhkan dapat anda cari dirumah, peralatan sederhana yang mudah didapatkan juga ditoko listrik.


1. Lampu gantung minimalis

2. Tangga lipat almunium

3. Gergaji besi

4. Tang kombinasi

5. Obeng kembang

6. Isolasi listrik


Dan untuk material tambahan bisa menyesuaikan konstruksi plafon, biasanya harus menyiapkan papan triplek atau besi hollow sesuai ukuran yang digunakan plafon rumah anda. Fungsi dari triplek / hollow ini untuk mengunci body lampu gantung agar kuat tidak mudah jatuh.


Tahap pemasangan lampu gantung minimalis

Proses pemasangan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merugikan diri sendiri seperti jatuh dari tangga, selalu jaga keselamatan kerja. Gunakan tangga lipat untuk meraih plafon rumah, pada tahap ini fokus ke pembuatan lubang untuk penguncian body lampu nantinya, dan sesuaikan ukuran body lampu agar tidak merusak plafon rumah.


Pemasangan material bantu hollow / triplek 10mm

Seperti yang sudah dijelaskan, material ini digunakan untuk mengunci body lampu agar tidak jatuh, biasanya terpasang jadi satu dengan rangka plafon, jika ingin lebih kuat, anda dapat memanfaatkan dak cor, untuk mekanisme kerjanya anda dapat membuat kuncian ke dak menggunakan fisher atau dinaset sesuai ukuran, ini adalah cara paling baik dan aman.


Penyambungan kabel listrik ke kabel lampu gantung

Sama seperti Lampu jenis lain, pada instalasi kabel lampu hias menggunakan 3 kabel yaitu Coklat untuk Phase api listrik, Biru adalah netral Nol dan Kuning Grounding. Untuk skema penyambungan kabelnya ikuti warna kabel dari suber listrik PLN, tetap waspada, meski dari sumber PLN sudah Off selalu gunakan tespen untuk cek apakah didalam kabel sumber masih ada arus listrik, jika tidak silahkan eksekusi.


Untuk skema penyambungan kabel lampu gantung ikuti langkah-langkah berikut. Kabel phase warna coklat dari PLN tersambung dengan kabel coklat ke saklar, lalu kabel biru nol tersambung dengan kabel biru Nol ke lampu, selanjutnya kabel biru dari saklar tersambung dengan kabel coklat ke lampu yang terakhir kabel kuning grounding tersambung dengan kuning grounding lampu gantung.


Tahap perapian area pemasangan lampu

Sama seperti pekerjaan pemasangan lampu lainnya, pasti akan membuat sedikit bercak atau goresan pada langit-langit plafon, dan ini akan membuat pemandangan sedikit tidak mengenakkan. Manfaat cat bekas sesui kode cat lama untuk merapikan aera kerja agar plafon bersih tidak berantakan. Setelah itu coba cek apakah masih ada yang perlu dirapikan.


Tahap pengetesan lampu gantung minimalis

Tahap pengetesan adalah menyalakan saklar utama yang terhubung ke unit lampu, jika dirasa tidak ada masalah dan lampu nyala, maka pemasangan lampu hias tersebut berhasil. Tapi jika masih ada masalah, mau tidak mau harus dibongkar kembali, mungkin saja sambungan kurang kencang atau kendor, segera perbaiki agat lampu gantung dapat menyala normal.


Penutup

Semoga ulasan diatas dapat membantu anda yang sedang mencari solusi bagaimana memasang lampu gantung minimalis. Jika masih kesulitan, segera kontak tukang listrik terdekat untuk melakukan pemasangan, cukup dengan 350.000 saja terima beres. Tapi jika anda berdomisili di area semarang atau salatiga tim kami siap membantu untuk mengerjakan instalasi listrik dan sistem kemanan gedung termasuk jasa pasang lampu gantung minimalis.

Post a Comment for "Cara Pasang Lampu Gantung Minimalis Ruang Tamu"