Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Lampu Led Strip di Plafon Pvc

Cara Pasang Lampu Led Strip di Plafon Pvc
Sumber IG rumahjakarta_sekitarnya

 Lampu led strip adalah lampu pita panjang digunakan untuk penerangan atau lampu hias seperti diatas plafon drop celling Gypsum / Pvc. Banyak orang menyuakai desain drop celling karena terkesan mesah dan membuat sebuah ruangan menjadi lebih hidup. Mungkin saja dirumah anda menggunakannya desain plafon drop celling.


Lampu led strip sendiri tersedia dalam banyak varian warna pilihan seperri putih, kuning, biru, merah dan masih banyak lagi. Untuk rumah tinggal akan lebig bagus menggunakan warna putih / kuning sedangkan untuk drop celling plafon di perkantoran akan lebib bagus menggunakan warna kuning emas.


Ada dua jenis lampu ini, yaitu tipe Ac dan Dc, jenis lampu Ac merupakan arus kuat pln dan Dc adalah arus lemah. Resiko menggunakan lampu led strip ac adalah mudah rusak jika salah dalam penyambungan seperti terbalik - +. Bebeda dengan dengan lampu Dc meski terbalik tetap aman dan bisa menyala dengan baik.


Di bawah ini adalah langkah-langkah memasang lampu led strip diatas celling plafon pvc mudah aman tanpa bantuan tukang. Simak ulasan ini sampai selesai.


5 Cara Pasang Lampu Strip Led Caelling Plafon Pvc / Gypsum

kian.com.br

1. Mempersiapkan material dan alat yang dibutuhkan

Persiapkan beberapa peralatan dan material berikut ini, alat sederhana yang mungkin tanpa sada kita sudah memilikinya di dalam rumah. Atau jika tidak ada, silah kan kunjungi toko bangunan / toko listrik terdekat.


1. Lampu Led Strip dan Trafo Ac / Dc

2. Tangga lipat menyesuaikan tinggi plafon

3. Gunting potong

4. Cutter

5. Obeng kembang

6. Tang potong

7. Tang kombinasi

8. Tespen

9. Skrup gypsum

10. Palu kecil


Seperti yang sudah dujelasakn, peralatan maupun material diatas mudah ditemukan disekitar kita. Contoh tangga lipat, anda dapat pinjam tetangga sebelah atau sewa di tempat persewaan alat teknik. 


2. Pengukuran drop celling plavon pvc

Pada umumnya ukuran drop celling adalah lebara 10cm sampai 15cm dan tinggi 10cm sampai 12cm. Untuk ukuran panjang drop celling dapat menyesuaikan lokasi contoh total panjang adalah 25 meter. Spesifikasi lampu led strip memiliki panjang 5 meter jenis DC jadi jika 25 meter maka dibutuhka 5 pcs led strip


3. Perbersian lubang drop celling

Kenapa harus bersih? Karena pada saar lampu dihudupkan, langit langit plafon harus terlihat tidak ada bayangan akibat kotoran sisa potongan plafon pvc. Ini wajib dilakukan agar pencahayaan lampu bisa sempurna seperti yang diharapkan.


4. Pemasangan lampu led strip Plavon Pvc

Setelah mendapatkan ukuran pasti dari point pertama, masuk ke tahap pemasangan lampu, pastikan lampu tidak terlilit karena bisa membuat mati atau putus, harus berhati-hati. Karena lampu hanya 5 meter per pcs, sambungkan led strip menjadi 10 meter 1 trafo 12 Vdc. Jadi pada bentangan led 25 meter membutuhkan trafo 5 amper 12 Vdc sudah cukup.


5. Pengetesan lampu ked strip

Setelah listrik terhubung, dari sumber ke saklar dan dari saklar ke lampu, sebaiknya segera cek led strip plafon apakah sudah sesuai yang dinginkan, jika masih ada bayangan dilangit-langit plafon segera gunakan tangga untuk membenahi posisi lampu led strip sebelum peralatan kerja kita bereskan. 


Penutup

Cara diatas mudah dikerjakan tanpa teknisi, tapi jika anda masih kesulitan segera hubungi teknisi terdekat untuk mendapatkan bantuan, bagi anda yang berdomisili di Semarang / Salatiga, segera hubungi kami, melayani jasa pekerjaan instalasi listrik dan jaringan sistem keamanan gedung seperti fire alrm dan CCTV gedung. Murah bergaransi dikerjakan oleh teknisi bersertifikat.

Post a Comment for "Cara Pasang Lampu Led Strip di Plafon Pvc"