Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Stop Kontak dan Colokan Listrik Sendiri Tanpa Teknisi

 Khusus anak kost yang baru pindahan, pasti sangat membutuhkan yang namanya stop kontak dan colokan untuk menyambung hidup.


Fungsi stop kontak sendiri adalah untuk terminal on / off manual menggunakan media colokan kabel. 2 mata colokan / 3 mata colokan listrik, sering bukan menggunakannya setiap hari di rumah.


Maksudnya untuk mempermudah charger hp, laptop dan dispenser, nah maka dari itu untuk menekan biaya, lebih baik membeli material sendiri seperti kabel, colokan dan lubang stop kontak dari pada membeli yang rakitan sudah jadi, karena sedikit mahal bos.


Di sini kita akan membahas, bagaimana cara mudah merakit stop kontak beserta colokan tanpa minta bantuan teman, tetangga atau teknisi, ya meski teman yang dimintai tolong, paling tidak harus ada Es jeruknya bukan, lumayan jika bisa pasang sendiri, es juruk jatah teman kita konsumsi besok. Simak ulasan ini sampai selesai.


Tips Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak 3 Kabel

Cara Pasang Stop Kontak dan Colokan Listrik Sendiri Tanpa Teknisi
yousave.dk

Mayoritas stop kontak menggunakan 3 kabel, yang masing-masing tembaga kabel adalah merah phase, biru netral dan kuning grounding. Jadi saat pembelanjaan katakan kepada penjaga toko beli kabel NYM 3x1.5mm / 3x2.5mm 4 sampi 6 meter sudah cukup jika hanya untuk kamar kost saja.


Adapun material yang dibutuhkan adalah:

1. Kabel listrik NYM 3x1.5mm / 3x2.5mm 4 sampi 6 meter

2. Colokan Listrik, prioritaskan yang memiliki koneksi grounding

3. Terminal Stop kontak 2 lubang / 4 Lubang


Perhatian, jangan sekali-kali memakai kabel serabut untuk instalasi stop kontak, jika dilakukan dapat beresiko mudah terbakar. Atau masalah yang sering terjadi adalah, jika kabel sudah tidak layak, ada salah satu serabut kabel yang menembus kulit kabel, dan jni dapat membuat kita tersengat listrik, penyebabnya adalah karena beban berat, serabut kabel panas dan kulit kabel meleleh.


Langkah - langkah Pasang Stop Kontak dan Colokan Listrik

Sediakan peralatan sederhana seperti gunting kecil, cutter, isolasi listrik jika dibutujkan, obeng kembang min plu / tespen, tang potong dan tang kombinasi, jika tidak punya anda dapat cek di toko bangunan atau toko listrik terdekat.


1. Kupas 2 Ujung Kabel NYM

Ini adalah langkah awal, kupas kulit luar kabel antara 5cm sampai 7cm, lalu untuk 3 kabel merah kuning dan biru kupas 5mm sampai 10mm untuk dikaitkan ke konektor nantinya. Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek.


2. Bongkar Stop Kontak dan Colokan Listrik

Untuk stop kontak 2 lubang, biasanya hanya memiliki 1 skrup pengunci dibagian tengah, 4 lubang ada 2 skrup pengunci, setelah terbongkar, simpan skrup kuncian jangan sampai hilang. Begitu juga colokan bongkar terlebih dahulu sebelum memasang 3 kabel di atas.


3. Pemasangan Kabel ke Colokan dan Stop Kontak

Gunakan obeng kembang untuk mengebdorkan krup konektor didalam stop kontak, N L dan G. Untuk konektor N ada di sebelah kiri dan L ada di kanan, sedangkan untuk G di tengah. Colokan listrik hampir sama, konektor Phase / L ada di kanan dan Netral / N ada di kiri untuk Grounding ada di tengah. Kekencangan skrup rata -rata saja, jika sudah kuat sudah, terlalu kencang dapat merusak material.


4. Tutup Kembali Stop kontak dan Colokan Listrik

Gunakan kembali obeng kembang untuk menutup stop kontak, pastikan tidak miring atau sesak atau kabel mengganjal body stop kontak, intinya rapat seperti semula tidak renggang. Begitu juga dengan colokan listrik, jika tidak rapat seperti semula akan dapat membahayakan kita penggunannya


Penutup

Jika bisa mengaplikasikan cara di atas, kita juga akan mudah melakukan pemasangan bebagai macam saklar, saklar gabtung, saklar kecil, saklar dinding bahkan saklar tukar. Jika anda membutujkan jasa pemasangan intalasi kabel sakalra maupun instalasi stop kontak, segera hubungi kami melalui layanan kontak dibawah situ. Survei dan konsultasi gratis tanpa dipungut biaya.

Post a Comment for "Cara Pasang Stop Kontak dan Colokan Listrik Sendiri Tanpa Teknisi"