Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Sumber Korsleting Penyebab Kebakaran Instalasi Listrik

Cek Sumber Korsleting Penyebab Kebakaran Instalasi Listrik
Cara Cek Sumber Korsleting Listrik

 Cara mengetahui sumber korsleting listrik tidak lah mudah, butuh pemahaman penuh tentang instalasi kelistrikan dan gedung. Kerusakan instalasi listrik dapat disebabkan oleh beberapa hala seperti beban terlalu besar, kualitas material tidak bagus atau instalasi tidak sesuai aturan PUIL kelistrikan.


Pasti sering mendengar terjadi kebakaran karena instalasi listrik, nah berawal dari korsleting kecil ini lah penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Jika instalasi dirumah anda terindikasi kerusakan, segera cek secepat mungkin agar tidak terjadi masalah besar seperti kebakaran atau ledakan besar. Segera panggil teknisi terdekat untuk melakukan pembenahan instalasi listrik.


Tapi jika anda memiliki keinginan untuk service listrik sendiri, simak ulasan berikut bagaimana cara mengetahui korsleting listrik di dalam rumah sendiri tanpa teknisi. Mengingat harga jasa perbaikan instalasi listrik tidak lah murah, harga pertitik biasanya lebih mahal jika dibandingkan pada saat pembuatan.


2 Tips Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik di Dalam Rumah

Solusi dibawah ini adalah tips kerja yang sering kami lakukan pada saat dilapangan. Hanya dengan peralatan sederhana masalah kerusakan instalasi listrik akan terselesaikan dengan mudah tanpa sewa jasa listrik terdekat. Sayang bukan mengeluarkan biaya mahal hanya untuk service instalasi listrik.


Disini kami akan menjelaskan cara mengetahui dan mencari sumber kerusakan instalasi listrik. 


Cek Sumber Korsleting Listrik Dengan Bau Seperti Terbakar

Ini adalah cara paling mudah tanpa menggunakan alat listrik, dampak dari korsleting listrik adalah menimbulkan bau seperti kabel terbakar atau plastik terbakar. Coba cek bagian bagian lengkungan kabel, sambungan kabel atau stop kontak di sekitar anda. Jika seperti ada bau terbakar diarea tertentu, dapat dipastikan itu lah sumber masalah Korsleting listrik.


Cara terbaik untuk memperbaiki masalah korsleting listrik seperti di atas adalah dengan cara membongkar kabel yang terbakar lalu ganti dengan yang baru. Karena jika kabel sudah pernah terbakar, kualitas akan menurun dan berpotensi terjadi korsleting listrik lagi. Selalu gunakan jenis kabel kualitas baik agar awet, seperti yang kita ketahui, listrik dapat menguntungkan kita, tapi sebaliknya juga dapat merugikan.


Cek Sumber Korsleting Listrik Menggunakan Multitester

Apa bila Korsleting sudah membuat listrik di dalam rumah padam, dan jika cara pertama tanpa menggunakan alat tidak bisa menyelesaikan masalah, cara kedua adalah dengan menggunakan multimeter digital atau analog. Tapi pada saat pengecekan harus teliti bisa menggunakan alat ini dengan baik untuk mencari sumber korsleting listrik.


Jika grouping instalasi terpasang dengan baik, ini akan sangat mudah dilakukan, dari sini kita dapat cek satu persatu group instalasi yang telah membuat masalah. Ambil kabel netral dan phase cek menggunakan multimeter, arahkan selektor ke titik Ohm jika terjadi kontak, maka multimeter akan memberikan angka +. Dapat dipastikan ke dua kabel tersebut menempel, sehingga terjadi korsleting listrik.


Masih kebingungan? Mengenai tips cara mencari sumber korlseting listrik? Kontak kami untuk melakukan pesanan layanan jasa instalasi listrik. Hubungi kami melalui halaman kontak diatas situs.

Post a Comment for "Cek Sumber Korsleting Penyebab Kebakaran Instalasi Listrik"