Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Merah Positif Atau Negatif Dalam Instalasi Listrik Rumah

 Kabel adalah sebuah media yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik dari sumber ke beban pemakaian. Contoh dari MCB / sumber listrik ke saklar lalu ke lampu penerangan, ini juga bisa disebut dengan sistem dasar atau urutan dalam instalasi listrik.


Ada banyak jenis kabel dipasaran seperti kabel NYA NYM dan NYY, tapi yang paling umum digunakan dalam instalasi listrik rumah adalah kabel NYA dan YNM, dimana kabel ini merupakan material kabel listrik yang umum tersedia di toko-toko listrik dan bangunan. Merk kabel terkenal dan berkualitas yang biasa kami gunakan saat instalasi listrik biasanya Supreme Extrana dan Eterna kabel.


Membicarakan kabel listrik, masih banyak orang yang kebingungan dalam membedakan mana kabel positif dan mana kabel negatif. Di sini kita akan membahas apa sih arti warna kabel merah dalam instalasi listrik rumah? Apakah positif? Atau negatif? Simak ulasan ini sampai selesai agar jawaban yang sebenarnya dapat anda temukan.


Memahami Warna Kabel Merah Dalam Instalasi Listrik Rumah

Kabel Merah Positif Atau Negatif Dalam Instalasi Listrik Rumah
homedepot.ca

Dalam instalasi listrik rumah, ada instilah pemahaman warna kabel yang harus mematuhi standar SNI. Kenapa? Warna kabel adalah indikator utama instalasi untuk memudahkan teknisi ketika pemasangan kabel dan saat perbaikan jaringan instalasi listrik rumah maupun gedung. Seandainya kabel dalam instalasi listrik menggunakan warna sama, bisa dipastikan teknisi tersebut akan bingung sendiri, apa lagi orang lain.


Pemahaman mendasar harus dimiliki seseorang sebelum melakukan instalasi listrik atau perbaikan. Sumber kwh atau mcb PLN yang masuk kedalam rumah kita ada dua arus yaitu negatif dan positif, sama-sama menggunakan kabel tembaga hanya saja 1 phase dan 1 netral. Dari sini lah fungsi dari pembungkus kabel yang memiliki indikator warna berbeda, kecuali orang yang sudah berpengalaman tanpa warna pun instalasi dapat dikerjakan dengan baik.


Sekali lagi, warna kabel hanya indikator untuk memudahkan kita, jadi warna kabel Merah dalam instalasi listrik rumah belum tentu Positif / Negatif / Grounding. Tapi jika instalasi di rumah anda terpasang dengan benar, kabel merah adalah positif. Cara terbaik cek arus kabel adalah menggunakan multi tester analago maupun digital jika memang masih ragu untuk mengambil keputusan mana kabel negatif dan positif.


Cara Cek Kabel Positif dan Negatif Menggunakan Multitester Digital

Kabel Merah Positif Atau Negatif Dalam Instalasi Listrik Rumah
Multitester Digital

Jika dihadapan anda saat ini ada dua kabel merah dan biru dari sumber kwh atau mcb, cek terlebih dahulu menggunakan tespen listrik. Jika kabel merah saat di cek menyala maka dapat dipastikan itu kabel positif, dan kabel biru saat di cek dengan tespen padam, itu adalah negatif. Tapi ada masalah lagi, pada saat kabel tersambung ke stop kontak, listrik tidak dapat menyalakan perangkat elektronik.


Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan multitester, siap kan tester digital atau analog, cek voltase dua kabel tersebut, jika tegangan volt dibawah 150 VAC, dapat dipastikan api phase kabel merah adalah induksi listrik dimana kabel tersebut bermasalah antara putus dan koneksi MCB ngefong. Jadi jawabannya adalah memang saat kita cek tespen hidup, tapi kenyataannya saat kita cek dengan multitester Voltase dibawah standart PLN 220 VAC.


Kesimpulan

Pada intinya warna hanyala indikator dalam jaringan instalasi listrik rumah, tapi jika kabel listrik di rumah anda terpasang dengan benar, kabel warna Merah adalah positif. Selain itu ada juga alternatif warna kabel yang bisa digunakan untuk mengganti kabel Merah sebagai Phase yaitu Coklat dan Hitam. Semoga dapat membantu, jika masih bingun silahkan komen dibawan.

Post a Comment for "Kabel Merah Positif Atau Negatif Dalam Instalasi Listrik Rumah"