Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Listrik Rumah Minimalis Bermasalah ? Ini Loh 5 Penyebab dan Solusinya

Listrik Rumah Minimalis Bermasalah ? Ini Loh 5 Penyebab dan Solusinya
Sumber IG @rumahjakarta_sekitarnya

 Memiliki rumah minimalis adalah dambaan setiap orang, murah, desain menarik dan modern. Namun apa jadinya jika instalasi kelistrikan didalamnya ternyata bermasalah, tentu ini akan sangat mengganggu kita sebagai penghuni rumah. Disini kita akan membahas masalah kerusakan listrik yang sering terjadi pada rumah minimalis dan rumah biasa.


Listrik adalah sumber kehidupan, dengan adanya listrik kita dapat melakukan banyak hal seperti mengaliri lampu agar dapat menerangi sekitar, stop kontak dan untuk industri besar maupun kecil. Tapi tidak selamanya listrik akan bekerja dengan normal, ada saat dimana instalasi listrik membutuhkan perawatan secara berkala demi keamanan si penghuni rumah.


Lalu apa saja penyebab rusaknya instalasi listrik rumah minimalis? Dan bagaimana solusi terbaik untuk menangani masalah ini? Simak ulasan ini sampai selesai, semoga dapat menyelesaikan masalah kelistrikan di rumah yang sedang anda hadapi sekarang. Di bawah ini adalah beberapa penyebab instalasi listrik rusak dan solusinya.


5 Penyebab Instalasi Listrik Rumah Minimalis Bermasalah dan Solusinya


1. Instalasi kabel listrik tidak menggunakan pipa conduit

Ini adalah masalah umum yang sering terjadi disekitar kita, korsleting listrik didalam tembok atau dak cor. Kami sendiri sebagai teknisi juga heran masih saja menerapakan cara seperti ini, menanam kabel listrik didalam tembok tanpa menggunakan pipa pelindung, mungkin satu tahu sampai dua tahun instalasi akan normal, 3 tahun kedepan pasti akan selalu ada masalah.


Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti instalasi yang bermasalah didalam tembok. Sayang bukan memiliki rumah minimalis bagus tapi instalasi listrik didalamnya bermasalah, segera lakukan penanganan agar tidak merembet. Anda dapat menggunakan jasa tukang listrik terdekat, jika anda berdomisili di Semarang / Salatiga, segera hubungi kami untuk melakukan penanganan.


2. Beban pemakaian listrik terlalu besar

Sebelum memilih ukuran pembatas listrik / MCB, ada baiknya melihat data aktual lapangan, apa saja perangakat listrik yang akan digunakan dan total berapa Watt. Ini adalah masalah umum yang selalu menjadi lengganan kerusakan instalasi rumah minimalis. Pada saat rumah sudah finis siap digunakan, unit MCB tidak mampu menopang beban yang terlalu besar sehingga MCB jeglek.


Untuk mengatasi masalah ini hanya ada dua pilihan, mengurangi beban pemakain atau menambah daya PLN. Jika memang perangkat didalam rumah bukan alat untuk diprioritaskan seperti sebagai sarana alat kerja, kurangi saja seperti gunakan AC secukupnya, matikan pompa tepat waktu dan matikan dispenser jika tidak digunakan. 


Solusi ke dua adalah tambah daya PLN, bagi anda yang memang sangat membutuhkan listrik di rumah untuk suport pekerjaan. Tentu ini akan menjadi masalah jika listrik sering padam, otomati pekerjaan yang harusnya dapat menguntungkan kita darinsisi finansial, akan berantakan karena instalasi listrik didalam rumah bermasalah.


3. Material tidak SNI standar Puil listrik

Saat ini ada banyak produsen yang menyediakan material listrik berkualitas, mulai dari kabel listrik, lampu, stop kontak, pipa listrik, mcb dan panel listrik. Kabel listrik misalnya, ada banyak tipe kabel dijual dilapangan, mulai dari jenis kabel NYA NYM NYY dan masih banyak lagi, oke sama-sama kabel listrik tapi jika kita amati secara seksama pasti akan ada berbedaan kualitas antara kabel SNI dan tidak.


Desain interior rumah minimalis mayoritas mewan namun murah, pertanyaannya, apakah tega jika memiliki rumah mewah tapi instalasi atau material yang digunakan abal-abal. Tentu ini akan dapat merusak suasana rumah, tidak ada salahnya jika menggunakan material mahal namun SNI. Kelebihan material SNI dapat dimanfaatkan hingga bertahun-tahun, resiko perbaikan lebih minim atau tidak akan ada kerusakan sama sekali.


4. Tidak menerapkan service instalasi secara berkala

Bangunan rumah minimalis bagus, sayang jika cepat rusak karena tidak peduli dengan apa yang dinamakan perawatan, mulai dari bangunan sampai ke instalasi listrik. Justru instalasi listrik harus menerapkan rutinitas perawatan, ini dapat dilakukan 6 bulan sekali sampai 8 bulan sekali, tidak ada salahnya mengeluarakan uang 350.000 hanya untuk menyewa jasa listrik terdekat.


Pilih 350.000 atau kebakaran? Contoh masalah yang sering terjadi, panel listrik bermasalah yang memicu terjadinya kebakaran akibar korsleting listrik. Penyebab utama kanapa panel listrik sagat mudah terbakar atau meledak adalah kurangnya perhatian seperti menjaga konektor antar kabel ke komponen atau kabel ke busbar, contoh baut skun kabel yang terkoneksi ke busbas longgar, ini dapat memicu terjadinya percikan api.


5. Kwh meter PLN bermasalah atau muncul perikas

Sama-sama perangkat, pasti tidak akan sempurna, sama halnya kwh meter milik pln, sering mendapati muncul tulisan periksa, dan ini adalah masalah serius, untuk mengatasi masalah jni segera kontak petugas pln terdekat agar segera diperbaiki. Kuncinya jangan menggunakan jasa tukang listrik umum, takutnya akan mendapatkan denda dari pln jika sampai segel dibuka tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu dan segel kwh dibuka bukan oleh orang pln.


Ulasang diatas kami sajikan untuk anda yang sedang mengalami masalah tentang kerusakan listrik di rumah minjmalis baru maupun lama. Seperti yang sudah dijelaskan, meski rumah yang ditempati baru, tidak menjamin instalasi listrik normal jika pada saat pengerjaan kurang memperhatikan kelayakan instalasi listrik. Semoga bermanfaat silahkan komen jika ada yang perlu ditanyakan.

Post a Comment for "Listrik Rumah Minimalis Bermasalah ? Ini Loh 5 Penyebab dan Solusinya"