Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kita Tidak Boleh Menumpuk Steker Pada Satu Stop Kontak

 Stop kontak adalah terminal listrik yang berfungsi sebagai alat untuk persediaan listrik yang dapat disalurkan menggunakan sarana colokan listrik untuk mengalirkan arus listrik netral dan phase ke beban pemakaian seperti perangkat elektronik dan lampu penerangan.


Banyak orang bertnya kenapa stop kontak mudah terbakar, dan menyebabkan meteran trip atau turun. Ini termasuk kecerobohan yang harus dihindari karena bisa membahayakan kita sebagai pengguna maupun dapat merusak peralatan elektronik yang ada disekitarnya. Simak ulasan ini sampai selesai agar tahu, beberapa aturan dalam penggunaan stop kontak yang benar.


Kenapa Tidak Di Sarankan Menggunakan T Sambungan Stop Kontak ?

Alasan utama adalah T sambungan stop kontak dapat menyebabkan korsleting listrik / arus pendek. Bertemunya arus positit dan negatif dalam instilah arus bolak balik lustrik dapat menimbulkan benturan yang akan berdampak buruk pada jaringan instalasi listrik seperti dapat membuat listrik padam.

Mengapa Kita Tidak Boleh Menumpuk Steker Pada Satu Stop Kontak
T Stop Kontak

Contoh paling mudah stop kontak di ibaratkan sebuah kendaraan motor roda dua, kapasita penumpang hanya 2 sampai 3 orang, akan tetapi motor tersebut membawa lebih dari 3 orang, 4 sampai 6 orang. Maka yang terjadi adalah motor akan menjadi lambat karena beban berlebihan / bisa jadi rusak,


Sama halnya atop kontak jika digunakan menumpuk menggunakan suport T sambungan. Sering kita lihat disekitar kita, satu lubang stop kontak, memanfaatkan T sambungan agar pengguna dapat memanfaatkan arus listrik lebih dari satu jalur. Pada umumnya T stop kontak memiliki satu incom dan tiga outgoing arus.


Ke tiga kekuaran listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk pasokan listrik, namun pada dasarnya sangat beresiko dan sangat tidak disarankan. Seperti yang sudaj dijelaskan, dapat menimbulkan kebakaran, sengatan listrik hingga korsleting listrik jika T sambungan terlalu banyak menampung beban.


Itu lah alasan kenapa sangat tidak disarankan menumpuk stop kontak menggunakan T sambungan. Untuk penggunaan charger hp mungkin masih dapat ditoleransi tapi jika ketiga lubang T digunakan beban besar seperti kulkas, ac dan kipas angin, tunggu saja musibah yang akan terjadi, tidak akan lama pasti terbakar dan membuat listrik disekitar padam.

2 comments for "Mengapa Kita Tidak Boleh Menumpuk Steker Pada Satu Stop Kontak"