Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasang Saklar On Off Sendiri Setelah Pindahan Kost Tanpa Teknisi

Pasang Saklar On Off Sendiri Setelah Pindahan Kost Tanpa Teknisi
Saklar On Off

 Saklar adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutus mapun menhubungkan arus listrik dari sumber ke beban pemakaian. Ada banyak jenis saklar yang dapat kita gunakan setiap hari, salah satunya adalah saklar on off / lebih kita kenal dengan saklar gantung kecil. Saklar ini sangat mudah kita temukan di toko listrik dan bangunan.


Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana menyambung saklar ini, sebenanrnya sangat mudah, bahkan dapat di katakan paling mudah. Karena dalam prakteknya kita hanya di suruh menyambung 1 kabel saja yaitu phase api listrik, sedangkan untuk netral tidak perlu, karena langsung ke lampu. Di bawah ini adalah cara menyambung saklar on off 2 kabel dan 3 kabel.


Saklar On Off 2 kabel

Saklar dua kabel identik dengan instalasi kabel lampu dan saklar standar, karena tidak menggunakan kabel grounding, tapi sebenarnya gabel pentanahan sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gagal isolasi yang dapat membahayakan kita sebagai pengguna.


Di dalam komponen saklar on off kecil, hanya ada 1 sambungan yaitu di dalam unit saklar itu sendiri. Jika unit saklar kita bingkar, maka akan menemukan 2 konektor kecil in / sumber listrik masuk dan out untuk sumber listrik ke beban dan jni hanya kabel phase api listrik saja. Sedangkan untuk kabel Neral langsung ke beban lampu / perangkat elektronik seperti kipas angin.


Saklar On Off 3 kabel

Jika anda menemukan saklar on off yang menggunakan lampu indikator, unit saklar wajib menggunakan kabel Netral yang masuk ke dalam saklar. Karena fungsi netral sendiri adalah sebagai arus bolak balik dengan phase. Fungsi dari lampu indikator sendiri adalah sebagai penanda jika lokasi sedang dalam keadaan gelap / lampu padam dan lampu saklar menyala.


Masing-masing kabel saklar on off ini adalah phase merah, netral biru dan grounding. Skema pemasangannya adalah kabel merah tersambung seperti yanh sudah dijelaskan point 1, kabel netral paralel dengan lampu indikator saklar ke lampu dan kabel grouding kuning paralel ke sakalr dan lampu.


Semoga bermanfaat, jika anda masih kebungungan segera hubungi teknisi terdekat untuk segera mendapatkan bantuan, karena jika salah dalam pemasangan dapat terjadi korsleting listrik sampai material kabel terbakar. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik rumah gedung dan villa, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs.

Post a Comment for "Pasang Saklar On Off Sendiri Setelah Pindahan Kost Tanpa Teknisi"