Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasang Stop Kontak 3 Kabel Kuning Coklat Biru

Pasang Stop Kontak 3 Kabel Kuning Coklat Biru
Stop Kontak Broco 3 Kabel

 Stop kontak adalah unit peralatan listrik yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banya sekali manfaat yang dapt kita rasakan, tapi apa jadinya jika stop kontak yang kita gunakan rusak atau tidak dapat menyalurkan listrik ke perangkat elektronik?


Bagi nanak kost an ini adalah masalah besar, apa lagi jika ia bukan anak teknik kelistrikan. Mendapati stop kontak rusak pasti akan kebingungan, saat stop kontak akan digunakan tiba-tiba off. Mau tidak mau harus diperbaiki agar bisa digunakan kembali. Mau panggil teknisi? Kami sarankan perbaiki sendjri saja lebih hemat.


Cara Pasang Kabel Stop Kontak 3 Kabel Pada Umumnya

Stop kontak pada umumnya memiliki 2 sampai 3 kabel yaitu Colkat Merah dan Kuning masing kabel memiliku fungsi sendiri-sendiri. Kabel Coklat adalah Phase api listrik, kabel Kuning ground dan Kabel Biru adalah Netral. Dan ke tiga kabek jni tidak boleh menyentuh satu sama lain, harus terpisah agar tidak terjadi korsleting listrik.


Jika anda mendapati stop konta 3 kabel di dalam rumah rusak, tidak perlu khawatir. Masalah tersebut dapat diselesaikan tanpa bantuan teknjsi, hanya dengan peralatan sederhana kita dapat membenahi stop kontak yang rusak tersebut. Simak tips diBawah ini Cara pasang stop kontak 3 kabel.


Langkah - Langkah Pasang Stop Kontak 3 Kabel

Persiap kan peralatan sederhana seperti obel kembang, tespen, gunting, tang kombinasi, isolasi listrik. Perlatan diatas dapat anda temukan didalam rumah, jika tidak ada mudah kita lihat di toko material terdekat. Jika peralatan diatas sudah lengkap, saatnya lanjut ke pemasangan stop kontak tiga kabel.


Cara Pemasangan Stop Kontak 3 Kabel di Dinding / Ganti Baru

Stop kontak dinding menempel didinding seperti yang biasa kita lihat, stop kontak jenis ini sangat mudah diperbaiki atau bahkan saat pemasangan baru. Tapi jika ingin melakukan perbaikan ikuti tips dibawah ini agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.


1. Padamkan sumber listrik utama sebelum memasang baru atau perbaikan

Ini adalah aturan pemasangan listrik baru maupun pada saat perbaikan, apa lagi jika pekerjaan dilakukan oleh orang yang tidak profesional, wajib menaati peraturan ini demi kemanan. Memang teknisi tahu resiko yang akan terjadi, tapi demi kemanan tidak ada salahnya berhati-hati.

2. Bongkar Stop Kontak Lama Terlebih Dahulu

Manfaatkan obeng kecil untuk melakukan pembongkkaran, stop kontak dinding pada umumnya memiliki 2 baut pengunci di kanan maupun kiri atau atas bawah. Putar ke arah berlawanan dengan jarum jam.

3. Lepaskan Koneksi 3 Kabel Stop Kontak

3 kabel diantaranya adalah Phase Coklat, Biru Netral dan Ground Kuning. Wajib cek terlebih dahulu apakah 3 jalur kabel masih teraliri arus listrik, jika tidak lepaskan koneksi kabel menggunakan obeng kembang yang sudah disediakan.

4. Pasang 3 Jalur Kabel ke Stop Kontak Baru

Didalam konektor stop kontak tedapat 3 kidel L N dan G, L adalah Phase, G adalah Grounding dan N adalah Netral. Kode L sama dengan Phase, Kode G adalah Grounding dan Kode N adalah Netral. Silahkan ikuti langkah-langkah tersebut untuk memasang 3 kabel stop kontak baru diatas.

5. Pasang Kembali Stop Kontak Baru ke Dinding

Silahkan ulangi tahap pemasangan seperti pada saat pembongkaran, kencangkan baut pengunci biasanya ada dikanan kiri atau ataw bawah. Jangan terlalu kencang karena dapat merusak stop kontak baru. Jika selesai anda dapat menghidupkan kembali listrik dari sumber KWH meter


Pada dasarnya sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri tanpa teknisi. Tapi jika anda masih kebingungan, segera hubungi teknisi terdekat. Biaya service pekerjaan perbaiakan stop kontak seperti yang sudah dijelaskan diatas berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 200.000 lumayan mahal, karena pekerjaan tersebut 2 kali kerja alias bongkar pasang.

Post a Comment for "Pasang Stop Kontak 3 Kabel Kuning Coklat Biru"