Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Stop Kontak Meleleh dan Bau Gosong

 Ada masanya stop kontak akan rusak karena banyak faktor, maka dari itu alat ini harus diperhatikan karena jika lepas dari pengawasan akan dapat membahayakan. Memang sepele tapi ini penting, banyak musibah terjadi karena kurang memberikan perawatan, memperhatikan cara dan bagaimana menggunakan dan sebagainnya.


Stop kontak adalah material listrik yang digunakan untuk menyambungkan / memutus arus listrik dari sumber ke beban dengan bantuan Colokan listrik. Ke dua material ini lah suport utama agar sistem instalasi dapat bekerja dengan baik, dan di dukung dengan material kabel utama berkualitas, maka akan lebih awet dan dapat digunakan lebih lama.


Di sini kami akan meberikan pemecah masalah, kenapa stop kontak sering meleleh gosong hingga terbakar, seperti yanh sudah dijelaskan, ini bukan masalah sepeles, perlu ditangani sedini mungkin, demi kebaikan pengguna dan orang diaekitar kita, karena sudah banyak terjadi musibah seperti kebakar dan sengatan ke manusia karena stop kontak bermasalah.


Faktor - faktor yang menyebabkan stop kontak cepat rusak

Penyebab Stop Kontak Meleleh dan Bau Gosong
Stop Kontak

Sebelum anda membaca beberapa tips dan penyabab kenapa material ini sering rusak, pastikan ada titik stop kontak yang rusak / gosong didepan anda, karena ini akan memudahkan dalam hal identifikasi kenapa sering rusak, padahal baru saja ganti baru.


Kelebihan beban elektronik / pemakaian watt terlalu besar

Ada batas amper arus yang sudah ditentukan, sama halnya dengan kabel dan colokan listrik, jika beban yang melewatinya terlalu besar, makan akan dapat membuat material meleleh hingga terbakar. Solusi dari masalah ini adalah mengurangi jumlah penggunaan elektronik, hindari memanfaatkan fitting canang karena sangat beresiko.


Material sudah terlalu lama digunakan

Masa pakai alat ini mungkin hanya bisa bekerja dalam kondisi baik selama 20 sampai 30 tahun, selebihnya mungkin akan keropos, dan jika dipaksa untuk kontak langsung dengan colokan listrik bisa membuat badan material rusak. Dari sinilahbawal masalah, mungkin saja tembaga didalam stop kontak terlepas dan membuat menempel satu sama lain, antara phase dan netral, solusinya silahkan ganti baru, sebelum terjadi masalah yang lebih besar.


Dijadikan rumah semut / serangga

Sering kita menemukan sklar maupun stop kontak listrik dijadikan rumah hewan seperti semut atau hewan lain. Dan pada akhirnya stop kontak berbunyi seperti ada percikan. Jika semut sudah menumpuk hingga memenuhi bagian dalam stop kontak, tiba saatnya terjadi kebakaran / korsleting listrik. Selalu gunakan stop kontak yang memiliki tutup agar serangga tidak masuk.


Material tidak SNI / tidak bagus

Kadang sering kami menemukan jenis material yang kurang layak pakai, entah sengaja atau tidak sengaja, kenyataannya banyak produsen yang tetap mengexpose produk stop kontak kurang baik. Memang dari dari segi harga murah, tapi potensi mudah meleleh hingga gosong akan sangat mudah. Saran kami selalu gunakan material listrik yang standar SNI, ini demi kebaikan bersama, bukan hanya orang yang menggunakan, tapi juga orang lain.


Itu lah beberapa penyebab kenapa stop kontak di rumah sering rusak, selalu perhatikan material listrik di rumah, agar tidak memanggil jasa service. Tapi jika anda tetap ingin menggunakan tukan, segera hubungi kami melalui halaman kontak, survei lokasi dan konsultasi gratis tanpa dipungut biaya bagi anda yang berdomisili di Salatiga Ambarawa dan Semarang Jawa Tengah

Post a Comment for "Penyebab Stop Kontak Meleleh dan Bau Gosong"