Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Jenis Stop Kontak dan Kegunaan Dalam Instalasi Listrik

 Stop kontak adalah terminal listrik yang berfungsi sebagai penghubung arus listrik 1 phase / 3 phase dari sumber Kwh atau MCB ke perangkat elektronik seperri Tv, kulkas, Charger hp dan Komputer. Dengan bantuan stop kontak kita akan terbantu dalam banyak hal termasuk dalam industri kecil menengah hingga besar.


Namun stop kontak tidak akan dapat bekerja tanpa ada alat suport yaitu steker / colokan listrik. Material ini lah yang bisa menyalurkan Phase Netral stop kontak ke perangkat elektronik nantinya. Colokan listrik / steker merupakan satu set pemakaian dengan stop kontak jadi jika anda membeli stop kontak baiknya membeli steker juga agar dapat digunakan.


Di Indonesia sendiri ada banyak jenis stop kontak yang dapat kita manfaatkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Di bawah jni adalah ulasan tentang apa saja sih stop kontak yang umum digunakan. Dan bagaimana pengaplikasiaan dalam pemasangannya. Simak ulasan ini sampai selesai jika penasaran.


Jenis - jenis Stop Kontak dan Fungsinya

Bless This Stuff

Stop Kontak 1 2 3 4 5 dan 6Lubang panjang

Stop kontak 2 sampai 4 lubang biasa kita gunakan sehari-hari yang umumnya satu line yang di kombinasi dengan colokan listrik. Jadi pada saat stop kontak sudah tidak digunakan, colokan dapat kita lepas dari lubang stop kontak. Jenis stop kontak ini dapat menyesuaikan kebutuhan misal hanya membutuhka 2 lubang, kita dapat membeli 2 lubang saja / jika butuh banyak, anda dapat membeli 4 sampai 6 lubang.


Stop Kontak Lantai

Stop kontak lantai biasa digunakan untuk keperluan power meja kantor / industri, dengan adanya stop kontak ini lokasi kerja akan semakin simple tidak terlihat seperti banyak material stop kontak menempel didindin. Kekurangan dari stop kontak ini adalah instalasi yang membutuhkan ketelitian karena lokasi pemasangan kabel ada dibawah lantai. Demi keamanan kabel listrik wajib menggunakan pipa conduit / pipa listrik.


Stop Kontak Dinding / Partisi Gypsum

Sama seperti stop kontak lubang 1 sampai 6, material ini juga hampir setiap hari kita gunakan untuk suport pekerjaan di kantor maupun dirumah. Instalasi stop kontak dinding terpasang pada dinding tembok dengan cara dibobok atau ada didalam partisi gypsum. Sama seperti instalasi stop kontak lantai, kabel harus menggunakan pipa conduit sebagai pelindung, dan jni sudah peraturan pemerintah sesuai Puil listrik.


Stop Kontak 3 Phase

Stop kontak 3 phase berbeda dengan stop kontak 1 phase, jika 1 phase hanya 3 kabel yaitu L N dan G 220V umum kita gunakan sehari-hari. Sedangkan untuk 3 phase menggunakan 5 kabel L1 L2 L3 N dan G 380V yang biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik industri, motor listrik, mesin produksi dan genset gedung, jika anda kerja di pabrik, coba cek pasti banyak kita lihat titik-titik stop kontak 3 phase.


Stop Kontak Ac 3 Lubang

Ragam Jenis Stop Kontak dan Kegunaannya Dalam Instalasi Listrik
Tokooedia.com

Sebenarnya ada banyak model stop kontak yang diproduksi, stop Ac kontak diatas adalah stop kontak yang umum kami gunakan pada saat pemasangan unit Ac pendingin ruangan. Memiliki 3 lubang yaitu L N dan G, Ac wajib menggunakan G / grounding demi keamanan agar mesin Ac bisa lebih Awet dan tidak gampang rusak. Apakah Ac dirumah anda menggunakan grounding, jika tidak segera pasang, karena manfaatnya sangat besar.


Penutup

Itu lah beberapa stop kontak yang umum kita gunakan dama kehidupan sehari-hari, banyak sekali manfaat yang diberikan, apa jadinya jika kita tidak hidup berdampingan dengan peralatan tersebut, pasti segala sesuatu akan menjadi sulit. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi stop kontak 1 phase dinding, ac, 3 phase dan Ac segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, kinsultasi dan survei gratis tanpa dipungut biaya.

Post a Comment for "Ragam Jenis Stop Kontak dan Kegunaan Dalam Instalasi Listrik"