Rincian Biaya Pasang Listrik Rumah Minimalis

 Sembelum menbangun rumah, ada baiknya mempersiapkan Rencana Anggaran Biaya sejak awal. Mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga finising, tidak hanya untuk budget sipil bangunan, dalam pekerjaan listrik rumah minimalis juga wajib diperhitungkan matang-matang agar tidak rugi pada saat eksekusi pekerjaan atau pada saat rumah sudah digunakan.

Anggaran pemasangan listrik rumah sebaiknya diserahkan ke orang yang berpengalaman, mengingat banyak sekali spesifikasi material yang harus tepat sasaran menyesuaikan kebutuhan. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, saat ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa penyelesaian dokumen anggaran pekerjaan listrik mulai dari nol sampai selesai.

Tapi jika ingin mengerjakan tugas ini sendiri, simak ulasan ini sampai selesai, disini akan membahas bagaimana merincikan pekerjaan listrik untuk rumah minimalis yang dapat menyesuikan budget. Seperti namanya rumah minimalis tetap mewah meski hanya memiliki modal minim. 

2 Langkah Membuat RAB Untuk Rumah Minimalis Hingga Finis

Rincian Biaya Pasang Listrik Rumah Minimalis
Sumber IG @rumahjakarta_sekitarnya

Mempersiapkan Data Aktual Lapangan Senyata Mungkin

Yang dimaksud disini adalah memiliki data atau list terperinci tentang apa saja perangkat listrik dan elektronik yang akan digunakan. Contoh pada saat akan membangun rumah persiapkan dahulu denah bangunan dan denah listrik sekaligus deskripsi material yang akan digunakan.

Keuntungannya dari sini kita akan mudah menentukan skema pekerjaan yang akan dijalankan nantinya tidak hanya mendapatkan data aktual lapangan. Cara ini sering digunakan para kontraktor untuk mempermudah tugas menghitung pekerjaan isntalasi listrik yang akan dikerjakan nantinya. Mulai dari masalah anggaran, pembelanjaan dan upah tukang listrik.

Menghitung data aktual lapangan instalasi listrik rumah minimalis

Setelah tahap satu selesai, selanjutnya merincikan data dari point ke point meterial dan pekerjaan hingga mendapatkan total harga final. Ini cara paling mudah sebelum anda menambah profit keuntungan sekitar 35%, tapi ini berlaku hanya untuk pemborong atau kontraktor.

Rincian Biaya Pasang Listrik Rumah Minimalis
Sumber IG @rumahjakarta_sekitarnya

Contoh dalam sebuah kamar terdapat 4 titik stop kontak yang masing-masing berdungsi untuk stop kontak AC 1, Tv 1, stop kontak lampu 1 dan stop kontak bantu q. 4 titik stop kontak ini wajib dituangkan dalam gambar kerja demi mempermudah penghitungan dan pekerjaan dilapangan, karena pekerjaan teknik akan mudah diselesaikan jika gambar kerja mudah dipahami antara teknisi dan owner.

Dibawah ini adalah contoh Analisa harga satuan pekerjaan listrik rumah minimalis yang sudaj kami buat untuk konsumsi umum, sangat mudah untuk dipelajari dan diterapkan pada saat eksekusi pekerjaan dilapangan.

Rincian Biaya Pasang Listrik Rumah Minimalis
Analisa Harga Satuan Pekerjaan Listrik

Gambar diatas akan dapat terealisasikan dengan bika point 1 dan 2 dikerjakan dengan benar, maka ini sangat – sangat akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan instalasi listrik pada rumah minimalis nantinya. Dari sisi budget kita akan dapat kontrol penuh mulai dari spesifikasi material, pelaksaan hingga pekerjaan selesai.