Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saklar ON Tapi Lampu Mati ? Mungkin 6 Malasah ini Penyebabnya

Saklar ON Tapi Lampu Mati ? Mungkin 6 Malasah ini Penyebabnya
Saklar Panasonic

 Saklar adalah unit peralatan listrik yang sering kita gunakan untuk memadamkan dan menghidupkan lampu. Dengan bantuan saklar kita dengan mudah mengontrol penerangan tanpa harus kontak langsung dengan listrik. Karena mengingat listrik berbahaya jika sampai tersentuh oleh tangan kita.


Banyak jenis saklar yang telah diproduksi dan dijual bebas di toko-toko listrik, mulai dari saklar seri, saklar tunggal dan saklar tukat. Kali ini akan dibahas masalah yang umum terjadi disekitar kita, problem sepele tapi bisa membuat seseorang kebingungan. Kenapa saklar On akan tetapi lampu bohlam padam? 


6 Penyebab Lampu Off padahal Saklar On Dalam Keadaan Hidup

Tidak selamanya saklar dapat bekerja dengan baik, ada masa alat ini akan terjadi kerusakan, lalu apakah penyebab lampu pada ada di Saklar? Simak ulasan jni sampai selesai.


Saklar Pemutus Sudah Rusak

Prediksi pertama adalah Saklar itu sendiri, bisa jadi pemakaian Saklar sudah terlalu lama atau kadaluwarsa. Karena sudah sudah bertahun-tahun lamanya digunakan, pasti seiring berjalannya waktu Saklar tersebut akan rusak. Tembaga penghubung saklar sudah berkarat hingga patah, jika hal ini sampai terjadi, ada baiknya unit saklar ganti baru agar masalah terselesaikan.


Instalasi Listrik Bermasalah

Yang ke dua adalah instalasi itu sendiri, instalasi listrik adalah suport utama untuk mendukung berjalannya skema listrik agar saklar dan lampu dapat digunakan, apa jadinya jika instalasi bermasalah? Pasti akan terjadi kerusakan seperti Saklar On tapi lampu tetap padam. Untuk mengatasi masalah jni anda dapat memanggil teknisi terdekat atau tukang listrik terdekat.


Sambungan Dalam T Dus Bermasalah

T dus merupakan material utama dalam instalasi listrik untuk memberikan isolasi penuh agar keamanan tetap terjaga. Di dalam T dus terdapat koneksi antar kabel atau sambungan dari Sumber listrik ke saklar dan dari saklar ke lampu. Bisa saja masalah ada di titik ini, yaitu sambungan antat kabel terbalik atau kendor tidak menyatu. Untuk mengatasi masalah jni segera bongkar T dus dan lakukan perbaikan.


Lampu Sudah Rusak / Mati

Selain beberapa prediksi masalah diatas, lampu juga bisa menjadi titik problem yang membuat Saklar On tapi lampu padam. Saran kami jika ingin mebeli lampu, pilih material lampu yang memiliki kualitas bagus, semakin bagus akan semakin awet, bisa manfaatkan untuk menerangi sekitar selama bertahun-tahun. Selain kualitas lampu kurang, bisa juga sudah tidak layak pakai atau rusak karena termakan usia.


Group MCB Jalur Lampu Trip / Turun

Masalah selanjutnya adalah grouping atau group instalasi bermasalah, lebih tepatnya di MCB pembagi. Jika instalasi rumah anda menerapkah grouping, ini akan sangat mempermudah teknisi dalam melakukan perbaikan. Coba cek panel listrik apa memang benar ini yang menyebabkan Saklar On tapi lampu Off. Solusi terbaik apa bila MCB tetap turun saat dihidupkan, segera kontak tukang listrik, itu tanda terjadi korsleting listrik.


Cek Apakah Sumber PLN On atau Off

Prediksi masalah yang terakhir adalah dari PLN, terkadang seseorang tidak sadar jika listrik sedang padam. Coba menghidupkan lampu tapi memang sedang ada pemadaman walau pun Saklar dalam keadaan On lampu akan tetap padam. Silahkan cek KWH meter apakah memang benar-benar sedang ada pemadaman, jika iya tunggu PLN On selanjutnya anda dapat menggunakan lampu dengan normal.


Ulasan diatas adalah beberapa permasalahan yang umum terjadi dan menyebabkan Saklar On tapi lampu mati, semoga dapat membantu bagi yang sesang mencari pemecah masalah Saklar On tapi lampu mati. Bagi anda yang berdomisili di Salatiga dan sekitarnya kontak kami jika ada kerusakan listrik yang sudah tidak bisa lagi terselesaiakan.

Post a Comment for "Saklar ON Tapi Lampu Mati ? Mungkin 6 Malasah ini Penyebabnya"