Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Upah Tukang Bangunan 2022 Standar Pemerintah

 Saat ingin membangun rumah, banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk memikirkan modal untuk biaya tukang bangunan. Ini adalah sesi persiapan yang tidak boleh di anggap sepele, mengingat banyak sudah kontraktor atau orang nombok tenaga karena tidak hati-hati dalam estimasi upah pekerja bangunan.

Upah Tukang Bangunan 2022 Standar Pemerintah
Sumber IG @rumahjakarta_sekitarnya

Rumor beredar pemerintah sudah menentapkan upah untuk pekerja bangunan, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kontraktor yang menggaji tukang se enaknya saja. Kami adalah pemain diproyek, dan sering mendengar dari para tukang subkontraktor lain yang masih menggaji karyawan dibawah 100.000.


Upah tukang bangunan 100.000 adalah nilai yang jauh dari kata cukup, atau lebih tepatnya kurang, sangat memprihatinkan. Dunia proyek memang keras, masih mengikuti hukum rimba, siapa terkuat dia yang kaya, tidak ada aturan masalah upah, diperjuangkan pun juga sulit jika terjadi benturan penunggakan upah atau upah tidak terbayar.


Upah Jasa Tukang Bangunan 2022 Terbaru

Di bawah ini adalah daftar tarif tukang bangunan harian terbaru dan menyesuaikan lokasi, dan dapat dijadikan pedoman pada saat menjalankan proyek pembangunan rumah saat ini.


Tarif tukang bangunan di Jakarta standar pemerintah

Upah pekerja bangunan di Jakarta berkisar antara Rp 150.000 sampai 250.000 lepas, artinya sudah tidak ada upah tambahan seperti uang makan atau tranportasi kecuali lembur.


Tarif tukang bangunan di Surabaya standar pemerintah

Upah tukang banguna Surabaya adalah Rp 125.000 sampai 250.000 belum termasuk lembur. Tidak ada uang makan dan tranportsi kecuali lembur.


Upah tukang bangunan di pulau bali standar pemerintah

Untuk tarif tukang bangunan di Pula sedikit berbeda, jika mendatangkan tukang dari luar daerah, biasanya sedikit tinggi antara Rp 175.000 sampai 300.000. Belum termasuk lembur.


Cara menentukan upah lembur tukang bangunan

Gaji lembur tukang bangunan bisa menerapkan 2 cara yaitu sistem per jam dan full 1 hari sesuai batas jam yang telah disepakati. Jika menggunakan lembur sistem perjam, maka tukang bangunan akan mendapatkan upah perjam. Lalu bagaimana menentukan upah lembur tukang bangunan per jam?


Contoh seorang tukang bangunan mendapatkan upah harian 200.000 8 jam kerja mulai dari 08.00 sampai 16.00, dan menyepakati lembur per jam. Silahkan dihitung dengan cara ini, 200.000 : 8 jam = 25.000. Jadi upah lembur tukang bangunan yang harus diberikan adalah 25.000 per jam.


Sistem ke dua adalah gaji full dibayar satu hari sesuai jam kerja yang disepakati, contoh seorang tukang bangunan menerima upah 200.000, jam kerja 08.00 sampai 16.00. Start kerja setelah istirahat dari jam 18.30 sampai jam 10 malam, disini tukang akan menerima gaji penuh satu hari. Jadi tukang bangunan akan menerima upah 400.000.


Semoga bermanfaat, semoga dapat membantu. Bagi anda yang berdomisili di Salatiga dan Semarang. Kami melayani jasa Konstruksi gedung dan rumah terima beres, siap mengerjakan rumah minimalis, rumah mewah, villa dan ruko pertokoan, segera hubungi kami melalui halaman kontak, survei dan konsultasi gratis.

Post a Comment for "Upah Tukang Bangunan 2022 Standar Pemerintah"