Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warna Kabel Panel Listrik 3 Phase Lengkap Dengan Penjelasannya

 Panel listrik / Lemari listrik adalah sebuah box yang berfungsi untuk melindungi komponen panel seperti Mcb, Mccb, Timer, Kontaktor dan sebagainya. Dengan adanya panel listrik komponen akan aman dari gangguan dari luar yang dapat menyebabkan kerusakan seperti korsleting listrik dan bahaya jika terkena manusia.


Kesadaran dalan menggunakan panel listrik di dalam rumah adalah keputusan bijak, karena dengan adanya perangkat ini instalasi akan lebih diperhatikan terjaga dan tentunya aman. Banyak model jenis panel listrik yang umum digunakan seperti panel listrik plastik, fiber glas dan besi. 


Ok untuk kali ini akan dibahas pengertian warna kabel didalam panel listrik 3 phase digunakan dalam dunia konstruksi listrik dan fungsinya.


Perbedaan Listrik 3 phase dan 1 Phase

Sering kita mendengar listrik 1 phase dan 3 phase, apa bedanya? Dan apa kegunaannya? Jik kita telusuri lebih dalam, pemahaman tentang arus listrik sangat lah mudah, hanya saja butuh keseriusan karena mengingat bahaya yang akan di dapat jika terlalu ceroboh dan kurang memperhatikan keamanan dalam pekerjaan ini, saran saya sebelum mendalami teknik listrik, terlebih dahulu paham dengan K3 listrik, karena ini adalah pemahaman yang paling penting.


Om apa bedanya? Tapi sama - sama menyengat. Pastinya iya, listrik 1 phase lebih ke menyesuaikan kebutuhan, sama sama menyesuaikan tapi untuk listrik 3 phase lebih kepada konsumsi menengah keatas seperti industri dan rumah mewah yang memiliki beban besar. Karena penggunaan listrik 3 phase lebih efektif dan dapat diseimbangkan untuk kebutuhan industri besar maupun rumah.


Sebagai contoh, dalam sebuah hotel memiliki 100 kamar, dalam kondisi ini tidak mungkin 100 kamar menggunakan listrik 1 phase / 1 line arus dari sumber, jika ini terjadi, jika ini dilakukan, akan banyak kerugian yang didapat. Seandainya kamar 1 putus, maka 99 kamar lainnya akan ikut padam, ini adalah salah satu kesalah kecil yang bisa merugikan dalam skala besar.


Tapi jika 100 kamar tersebut menerapakan arus 3 phase, maka angineering akan dapat dengan mudah menciptakan sistem grouping yang nantinya dapat memudahkan teknisi lain dalam melakukan pemasangan baru maupun pada saat perbaikan. Lalu bagaimana sistem grouping yang benar jika diterpakan dalam 100 kamar tersebut?


Contoh 100 kamar di bagi menjadi 2 yaitu 50 kamar, masing masing kamar terbackup oleh MCCB induk namun ada MCCB induk juga yang membackup 2 MCCB tersebut, setealh itu 50 kamar dibagi lagi menjadi 2 yaitu 25 kamar yang di backup oleh MCCB barulah masuk ke MCCB tiap kamar sebagai proteksi per line, ini adalah sistem yang benar, aman dan memudahkan seseorang nantinya.


Arti Warna Kabel Listrik 3 Phase Panel Listrik

Warna Kabel Panel Listrik 3 Phase Lengkap Dengan Penjelasannya
Listrik 3 Phase

Dalam instalasi listrik dan kontrol panel listrik memiliki sistem pengkabelan utama yaitu L1 L2 L3 N dan G / bisa juga disebut R S T N dan G. Lalu apa saja fungsi dan arti dari kode tersebut, simak ulasan ini sampai selesai agar dapat mengerti dan paham dengan earna kabel 3 phase nantinya.


Makna Warna L1 / R Dalam Panel Listrik 3 Phase

L1 / R dalam listrik 3 phase dapat diartikan line 1 / arus listrik utama yang berdungsi sebagai api listrik, seperti yang sering dijelaskan, api listrik adalah yang apabila kita tespen menyala dan dapat membahayakan. L1 listrik 3 phase diwakili oleh kode warna Merah menyesuaikan PUIL saat ini. 


Makna Warna L2 Dalam Panel Listrik 3 Phase

Line 2 atau L2 / S adalah sama-sama kabel phase api listrik, arus S diwakili oleh kode warna Kuning. Kabel R dan S memiliki Voltase 380 V jika kita cek menggunakan multitester digital, perhatian jika anda menemukan besar tegangan seperti yang sudah saya sebut kan, jangan sampai menempel 1 sama lain, karena akan dapat terjadi ledakan di dalam panel maupun panel induk.


Makna Warna L3 / T Dalam Panel Listrik 3 Phase

L3 / T adalah kabel phase, sama seperti L1 dan L2 yaitu api listrik jika cek dengan teapen. Jarak Voltase dengan L1 dan L2 sama 380 V, 3 line kabel ini jangan sampai ada kontak langsung karena bisa merusak jaringan listrik diarea tersebut. 


Makna Warna N / Netral Dalam Panel Listrik 3 Phase

Kabel N atau netral diwakili oleh warna Biru yang menjadi arus suport utama jika ingin menggunakan listrik 1 phase. Besar Voltase kabel antara L1 L2 L3 dan N adalah 220 Volt L1 - N, L2 - N dan L3 - N adalah 220 V PLN. Nilai ini dapat kita lihat jika dilakukan pengecekan menggunakan multitester dalam keadaan bertegangan.


Kanel netral / N adala kunci utama dalam instalasi listrik 1 phase, dengan kabel ini L1 L2 dan L3 dapat digunakan untuk grouping sesuai kebutuhan. Contoh L1 dan N diguanakan untuk kamar 1, L2 dan N untuk kamar 2, dan L3 dan N untuk distribusi ke kamar 3, namun 3 kamar tersebut di backup oleh Mcb induk yang fungsinya untuk mengamankan jika ada beban lebih atau korselting listrik.


Makna Warna G / Netral Dalam Panel Listrik 3 Phase

Yang terakhir adalah kabel Kuning bergaris, didalam panel listrik 3 phse kabel ini dugunakan sebagai Grounding pentanahan, mengingat listrik 3 phase adalah dikategorikan industri, jadi lemari listrik wajib menggunakan grounding pentanahan untuk membumikan arus listrik akibat gagal isoalasi yang kjawatir akan dapat membahayakan tekknjsi atau orang yang berada didekatnya.


Penutup

Demikian penjelasan perbedaan warna kabel 3 phase dan fungsinya, jika anda mmebutuhkan jasa pemasangan isntalasi listrik / pemasangan dan pengadaan panel kontrol, segera hubungi kami untuk mengajukan penawaran harga. Survei dan konsultasi ke lokasi gratis tanpa dipungut biaya. Area layanan kota Salatiga Semarang dan Ambarawa Jawa Tengah.

Post a Comment for "Warna Kabel Panel Listrik 3 Phase Lengkap Dengan Penjelasannya"