Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warna Kabel Positif dan Negatif Listrik Stop Kontak dan Lampu

Warna Kabel Positif dan Negatif Listrik Stop Kontak dan Lampu
Warna Kabel Listrik

 Sering kami bahas disini tentang arti warna kabel listrik bolak balik untuk instalasi rumah atau gedung. Sebenarnya makna kabel listrik mengikuti warna hanya pedoman dalam pemasangan instalasi. Tapi sampai saat ini masih banyak orang kebingungan untuk membedakan mana kabel positif dan negatif listrik.


Kabel listrik identik dengan tembaga berlapiskan isolasi upvc yang biasa kita kenal dengan kode NYM NYA dan NYY. Tiga jenis kanel ini sangat umum terlihat digunakan dalam jaringan instalasi listrik rumah maupun gedung. Disini kita akan membahas bagaimana cara membedakan mana kabel (-) negatif dan (+) positif sampai tuntas.


Perbedaan Koneksi Kabel Positif Negatif Stop Kontak dan Lampu

Sama Pada dasarnya sama saja, hanya sambungannya yang berbeda antara kabel stop kontak maupun lampu. Mayoritas isntalasi lampu bersifat saling memutus karena memanfaatkan media saklar sebagai penghubung dan stop kontak sendiri satu arah saja, kecuali menggunakan saklar sebagai kontrol arus.


Kabel Positif dan Negatif Stop Kontak

hepsiburada.com

Kabel positif adalah api listrik atau dalam istilah kelistrika Phase yang artinya memiliki nyala api, kabel ini lah yang berbahaya jika sampai kontak langsung ke tubuh manusia. Cara paling mudah untuk mengetahui kabel phase pada kabel listrik adalah menggunakan alat Tespen. 


Jika kabel phase kita cek menggunakan alat ini, indikator tespen akan menyala, jika padam dapat dipastikan kabel tersebut bukan kabel Phase mungkin kabel netral atau memang listrik padam.


Untuk kabel negatif stop kontak sendiri jika kita cek menggunakan tespen tidak akan menyala, dan pada saat kontak langsung dengan tangan atau tubuh, tidak akan terasa apa-apa, namun tetap waspada.


Indikator warna kabel positif dan negatif stop kontak adalah Coklat / Merah / Hitam untuk Phase / Api listrik dan Biru / Abu-abu adalah Netral / Nol. Jika ada kabel berwarna kuning, digunakan untuk grounding pentanahan.


Perhatian, selalu waspada dengan kabel phase dan negatif listrik, jangan sampai ke dua kabel tersebut kontak langsung antar tembaga. Jika terjadi maka akan korslet dan membuat MCB listrik turun, selalu gunakan indikator warna yang sesuai agar tetap mudah membedakan mana positif mana negatif kabel.


Kabel Positif dan Negatif Lampu Penerangan

Indikator warna kabel positif dan negatif lampu sama saja dengan stop kontak, yang membedakan hanyalah sambungan antar warna kabel. Jika kita amati instalasi kabel lampu sepertinya memakai warna berbeda-beda, tapi sejatinya sambungan tersebut menyesuaikan fungsi saklar ke lampu dan sumber listrik ke saklar.


Kabel positif dan negatif lampu dari sumber listrik

Yang dimaksud dari sumber listrik disini adalah kabel utama dari MCB / KWH meter. Kabel positif adalah warna Coklat / Merah / Hitam, kenapa ada pilihan 3 warna? Beda merk kabel beda warna.


Sering kami temui dilapangan warna kabel phase kabel merk A berbeda dengan kabel merk B, kabel A Phase atau api listrik memakai warna Coklat sedangkan merk B menggunakan warna Hitam, bagi orang awam ini akan sangat membingungkan.


Untuk kabel negatif dari sumber PLN menggunakan warna Biru dan Kuning adalah grounding pentanahan.


Kabel negatif dan positif dari lampu ke T dus sambungan

Instalasi kabel lampu masih menggunakan indikator warna normal yaitu Phase / Positif warna Merah / Coklat / Hitam. Dan Netral / Negatif menggunakan warna Biru, kabel Kuning adalah grounding.


Kabel negatif dan positif dari saklar

Saklar Tunggal
Jika menerapkan instalasi dengan benar, kabel saklar ke lampu atau sumber ke saklar hanya menggunakan kabel positif / phase kecuali unit saklar memiliki lampu indikator barulah menyisipkan kabel Biru / Netral / Nol.


Sekali lagi, pada dasarnya fungsi arus positif dan negatif listrik sama saja, warna kabel hanyalah indikator untuk mempermudah kita dalam melakukan instalasi dilapangan. Selebihnya yang paling penting adalah paham secara sistem apa itu positif kabel dan apa itu negatif kabel listrik arus bolak balik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Warna Kabel Positif dan Negatif Listrik Stop Kontak dan Lampu"