Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Lampu 36 Watt Berapa Ampere MCB ? Simak Rumus Listrik Berikut ini

2 Lampu 36 Watt Berapa Ampere MCB
Lampu Tl 36 watt

 Lampu adalah sebuah media penerangan yang kita gunakan untuk menerangi sebuah lokasi seperti kamar tidur, ruang kerja / kantor dan jalan raya pada saat malam hari.


Ada banyak jenis lampu saat ini yang umum digunakan seperti pampu bolham, led, Tl dan Gantung. Sebenarnya masih banyak lagi tapi jenis lampu diatas adalah yang sering kita lihat di sekitar.


Setelah faham lampu, tentu kita wajib memngetahui pembatas arus listrik pada saat beban berlebih, yaitu MCB. Mcb wajib digunakan untuk memberikan proteksi kepada unit lampu yang ada dijalur nya.


Banyak orang yang tidak menyadari betapa bermanfaatnya MCB jika kita mau membuat grouping lampu sesuai kebutuhan, simak penjelasan dibawah jni.


Contoh Masalah dan Manfaat Menggunakan MCB Sesuai Ukuran

Dalam sebuah ruangan aktif masing-masing memiliki 1 lampu 36 watt, suatu hari akan ada perbaikan di salah satu ruangan tersebut.


Jika grouping instalasi dikerjakan dengan benar, tentu ini akan mudah teratasi, karena 2 ruang tersebut menggunakan 2 MCB untuk masing-masih ruangan dan lampu.


Dan contoh masalah ke dua adalah pada saat ada korsleting arus pendek. Pada posisi ini lah instalasi akan di uji kualitas dan perhitungan pembatas.


Jika dikerjakan dengan benar, maka pada saat terjadi korsleting listrik, ruangan hanya akan padam 1 MCB saja, namun jika hanya menggunakan 1 mcb, maka akan padam secara keseluruhan.


Cara dan Usaha Paling Mudah Menentukan Amper Lampu 36 Watt

Sesuai judul diatas, disini kita akan mencoba menentukan berapa MCB paling cocok untuk lampu 36 watt, dan digunakan untuk 2 ruangan.


Mcb 1 phase pada umum untuk daya watt di bawah 400 watt adalah 2 Ampre, dan 2 amper sama dengan 440 watt batas maxsimal arus listrik yang melewatinya, jika terjadi maka MCB akan trip dengan sendirinya.


1 mcb 2 Amper bisa kita gunakan untjk 1 lampu 36 watt. 440 watt - 36 watt = 404 watt, jika kita lihat sisa ruang yang bisa kita gunakan adalah 404 dan dapat dimanfaatkan untuk 10 unit lampu, sama halnya untuk rung ke 2.


Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan yang silahkan komen dibawah situs, pasti akan kami beri solusi, agar masalah di rumah atau proyek yang sedang anda kerjakan berjalan dengan lancar.

Post a Comment for "2 Lampu 36 Watt Berapa Ampere MCB ? Simak Rumus Listrik Berikut ini"