Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Kode Huruf L dan N Kabel listrik 1 Phase dan 3 Phase

 Sering kita melihat code huruf N L dan G pada sebuah perangkat elektronik, lebih tepatnya di bagian konektor sambungan kabel, biasanya tertera 3 kode huruf di atas yang memang memiliki makna khusus dan wajib dimengerti. Bagi teknisi listrik mungkin ini hal mudah, tapi untuk orang awam, masih banyak yang kebingungan.

Kabel listrik
Kabel Listrik

Mungkin anda sedang pindahan rumah, atau akan menghuni rumah baru? Pasti ada beberapa perangkat elektronik yang masih belum dalam keadaan siap pakai, alias masih dalam proses sambung menyambung, dari kabel listrik berwarna ke titik konektor alat elektronik tersebut. Simak ulasan jni sampai selesai akan kami jelaskan apa itu kode L N dan G.


Arti Warna Kabel Listrik L N G 1 Phase dan 3 Phase

Dalam pekerjaan instalasi, ada istilah 1 phase dan 3 phase, listrik 1 phase umum kita gunakan untuk energi lampu, alat elektronik dan sumber listrik industri menengah ke bawah, sedangkan untuk listrik 3 phase, lebih umum digunakan untuk listrik industri besar, seperti pabrik, kebutuhan listrik gedung, kantor maupun hotel berbintang.


  • Arti kode huruf L listrik 1 phase

L dalam instalasi listrik 1 phase digunakan untuk phase / api listrik, apa itu api listrik? Api listrik adalah arus utama dalam energi listrik, contoh pada saat kita cek kabel menggunakan tespen, maka tembaga kabel akan dapat menyalakan lampu indikator tespen, dalam kondisi kabel L hidup, jangan sampai terkena tangan / bagian tubuh kita, karena dapat menyengat.


Jika instalasi rumah tinggal terpasang dengan benar, kide huruf L harus terkoneksi dengan kabel tunggal berwarna merah / hitam, ke dua warna ini adalah standar sni penggunaan warna untuk instalasi listrik. Perlu diingat, warna kabel hanyalah kode untuk mengindikasikan jika kabel berwarna merah di gunakan untuk Phase / api listrik.


  • Arti hode huruf N listrik 1 phase

Kode huruf N adalah Netral / 0 menggunakan kabel berwarna Biru / Abu-abu. Berbeda dengan kabel L, kode kabel N tidak akan menyala jika di cek menggunakan Tespen listrik, namun tetap berhati-hati, jika instalasi didalam rumah tidak terpasang dengan benar, bisa saja kabel ini terisi api listrik, kenapa bisa terjadi? Lebih tepatnya sambungan kabel terbalik / atau antara kabel L dan dan N terputus.


  • Arti kode huruf G listrik 3 phase

G dalam pengkodean instalasi listrik berarti Grounding pentanahan, untuk koneksi warna kabel menggunakan warna kuning. Fungsi grounding sendiri digunakan untuk membuang listrik liar yang dikarenakan gagal isolasi agar tidak membahayakan kita sebagai pengguna. Selain menggunakan kode G, beberapa konektor ada juga yang memanfaatkan kode gambar panah ke bawah, ini juga dapat diartikan grounding pentanahan.


  • Arti Kode L1 L2 L3 N dan G listrik 3 phase

Prinsip kerja sama saja, listrik digunakan untuk energi utama sebuah mesin dan perangkat, begitu juga kode huruf yang digunakan. Dalam listrik 3 phase ada istilah L1 L2 L3 N dan G. Bagi teknisi ini sangat harus difahami demi mendapatkan hasil pekerjaan berkualitas dan aman, lalu apa arti kode-kode tersebut?


Kode L1 L2 L3 adalah phase / api listrik yang, namun ada istilah paten yang umum digunakan yaitu R S dan T. L1 = R L2 = S dan L3 = T. Ke tiga kode ini adalah phase semua, sedangkan untuk kode warna kabelnya adalah R = Merah, S = Kuning dan T = Hitam. Jarak voltase antar kabel adalah 380V 3p, namun jika di ukur antar phase dan netral 220V 1 phase, R N, SN dan TN.


Untuk kode N dan G mungkin sudah paham dari penjelasan listrik 1 phase diatas, beda fungsi saja, dalam listrik 3 phase mungkin untuk kabel N / Biru ada beberapa motor yang tidak menggunakan Nertral, namun kabel ini biasa dimanfaatkan untuk indikator lampu, karena motor induksi 3 phase cukup menggunakan R S T dan G saja.


Semoga bermanfaat, itulah penjelasan mengenai arti kode warna L N dan G dalam instalasi listrik, jika anda menemukan konektor seperti pompa air, kulkas atau indoor outdoor ac, pasti akan di hadapkan dengan ke tiga kode tersebut, anda bisa mengikuti petunjuk didalam ulasan ini. Untuk layanan jasa instalasi listrik silahkan hubungi kami dihalaman kontak.

Post a Comment for "Arti Kode Huruf L dan N Kabel listrik 1 Phase dan 3 Phase"