Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Apa Saja Yang Digunakan Ketika Dalam Pemasangan Stop Kontak? Simak Penjelasanya

Stop kontak
Stop Kontak

 Stop Kontak adalah material kelistrikan yang berfungsi sebagai terminal kontak antara sumber arus listrik dan perangkan elektronik / peralatan listrik. Namun stop kontak nuga membutuhkan alat suport yaitu Colokan listrik / steker agar arus energi listrik dapat terhubung ke alat elektronik seperti Charger hp, Tv dan Komputer.


Membicarakan kabel stop kontak, banyak orang yang masih kebingungan, apa saja kabel tunggal yang sering digunakan dalam instalasi stop kontak. Simak ulasan ini sampai selesai agar paham jika ingin melakukan pemasangan stop kontak sendiri di rumah. Atau mungkin anda dalah pekerja kantoran yang sangat bergantung pada power stop kontak? Rusak dan tidak ada teknisi? Ikuti tips berikut ini.


Kabel Merah Hitam / Coklat

Kabel merah
Phase

Fungsi dari ke tiga warna diatas adalah phase / api listrik, api listrik adalah arus listrik aktif, jika konduktor kabel tersentuh akan dapat menyengat. Kenapa 3 warna? Matoritas produsen kabel menggunakan kabel warna Coklat Merah atau Hitam untuk instalasi listrik stop kontak, jadi jika anda menemukan salah satu dari ke tiga warna diatas, dapat dipastikan itu adalah kabel phase api listrik.


Kabel Biru / Abu-abu

Kabel biru
Netral

Kabel Netral atau abu-abu adalah 0 dalam instalasi stop kontak yang jika kita sentuh tidak akan terjadi apa-apa, beda dengan kabel phase yang dapat menyengat. Kabel NYM yang diproduksi oleh pabrik-pabrik menggunakan kade warna abu-abu atau biru sebagai netral / 0, sebenarnya kalau hanya untuk stop kontak phase dan netral saja perangkat elektronik sudah dapat berfungsi.


Kabel Kuning Grounding

Kabel kuning
Grounding

Akan lebih baik jika stop kontak memiliki grounding, kenpa? Selain dapat mentanahkan arus listrik karena gagal isolasi, juga dapat membuat perangkat elektronik menjadi lebih awet. Silahkan bansdingkan instalasi rumah bergrounding dan tidak, pasti akan ada perbedaan, mulai dari keamanan, kualitas dan biaya, karena grounding dapat menstabilkan penggunaan listrik dalam sebuah rumah.


Utalah 3 kabel yang digunakan dalam pemasangan stop kontak untuk colokan listrik atau ke modul stop kontak langsung, jika anda membutuhkan jasa pemasangan dan pengadaan instalasi listrik di Kota Salatiga dan sekitarnya, segera huhungi kami, penawaran harga bisa langsung nego melalui komentar di bawah situs ini, dikerjakan oleh teknisi bersertifikat dan berpengalaman.

Post a Comment for "Kabel Apa Saja Yang Digunakan Ketika Dalam Pemasangan Stop Kontak? Simak Penjelasanya"